Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Penyebab Hasil Foto Kulinermu Tak Instagramable

List Artikel
19 Maret 2017 | 0 Komentar

Jika para traveler memenuhi instagramnya dengan berbagai macam foto indahnya lokasi wisata yang mereka kunjungi, maka bagi para pecinta kuliner tentunya mereka memenuhi instagram dengan berbagai macam foto kuliner lezat yang sangat menggugah selera. Ada banyak orang yang asal memotret makanan sehingga hasilnya tidak terlihat bagus alias tidak instagramable. Ternyata masalah alias penyebabnya itu-itu saja alias tak pernah berubah. Kamu bisa memperhatikan kelima hal di bawah ini yang bisa menyebabkan hasil foto kulinermu tak terlihat instagramable. Kelima hal ini merupakan kesalahan dasar yang sering dilakukan saat memotret foto kuliner.

 

Sumber: pergikuliner.com


1. Tidak Fokus Pada Makanan

Banyak orang yang asal jepret saja sehingga hasil foto makanannya terlihat tidak fokus. Terkadang kamu tergoda oleh cantiknya piranti makanan seperti mangkuk atau piring yang terlihat lebih lucu dibanding makanannya. Hal ini bisa mengakibatkan foto kurang fokus pada makanan. Usahakan jangan pernah menggunakan auto fokus pada kameramu karena titik fokus harus kamu yang menentukan sendiri agar hasilnya lebih bagus.  

 

2. Komposisi Foto Tidak Pas

Memotret makanan sebenarnya bukan hanya asal jepret saja, tapi juga butuh komposisi yang pas. Kamu harus mulai berpikir apakah sebaiknya foto diambil dengan posisi vertikal atau horizontal. Posisi foto tersebut sangat menentukan hasilnya. Untuk menambah estetika fotografi, kamu bisa melakukan adegan seperti menyendok makanan atau menuang minuman.

 

3. Menggunakan Flash

Menggunakan flash untuk memotret makanan adalah kesalahan terbesar. Dengan menggunakan flash, kamu bisa merusak warna kombinasi yang ada pada makanan. Usahakan menggunakan cahaya alami dari sinar matahari atau penerangan lampu yang ada. Jika masih terlihat gelap, kamu bisa mengubah mode kamera kamu dengan mode malam atau indoor.


4. Tidak Memanfaatkan Peralatan Sekitar

Pernah tidak kamu memperhatikan foto-foto makanan apik yang ada di Pergi Kuliner? Di antaranya pasti ada yang tampil cantik dengan tambahan ornamen dari peralatan sekitarnya seperti majalah, vas bunga, kain taplak, hingga sendok garpu. Dengan memanfaatkan peralatan di sekitar makanan kamu, maka pemotretan yang kamu lakukan bisa terlihat seperti pemotretan ala profesional. Hasilnya pun pasti akan berbeda bukan?

 

5. Makanan Dibiarkan Terlalu Lama

Kasus seperti ini juga sering dialami. Biasanya karena kamu terlalu asik mengobrol bersama teman, atau terlalu sibuk dengan ponselmu sehingga lupa kalau makanan sudah tersaji di hadapanmu. Makanan yang masih baru alias masih hangat adalah objek paling bagus yang bisa kamu potret karena terlihat masih segar. Coba saja kamu bayangkan saat kamu memotret bakmi yang masih hangat dengan bakmi yang sudah didiamkan beberapa menit, pasti ukuran bakmi akan berubah bukan? Hal ini juga berlaku pada minuman, saat minuman dingin disajikan di depan kamu, usahakan kamu langsung memotretnya agar es batunya tidak terlalu mencair. 


Nah, sudah tau kan apa saja yang bikin foto makanan kamu keliatan nggak banget untuk di post di media sosial seperti instagram? Jadi mau langsung praktik nih? Bisa banget! Dateng aja ke beberapa tempat makan rekomendasi tim PergiKuliner di bawah ini! Ini merupakan restoran dan cafe yang terbukti makanan dan tempatnya sangat instagram-able banget. Bisa di cek kok buktinya!

Turning Point Coffee

Foto Turning Point Coffee
Foto Turning Point Coffee
Foto Turning Point Coffee

Bourbon Eatery & Coffee

Foto Bourbon Eatery & Coffee
Foto Bourbon Eatery & Coffee
Foto Bourbon Eatery & Coffee

Mister Sunday

Foto Mister Sunday
Foto Mister Sunday
Foto Mister Sunday

Lucky Cat Coffee & Kitchen

Foto Lucky Cat Coffee & Kitchen
Foto Lucky Cat Coffee & Kitchen
Foto Lucky Cat Coffee & Kitchen

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Mau tahu banyak tentang restoran dan cafe yang instagenic di wlayah JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek PergiKuliner.com yuk! Dan tunjukan hasil foto makanan kamu nggak kalah bagusnya dengan food fotografer profesional, jangan lupa review juga ya!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?