Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Saus yang Paling Sering Digunakan untuk Masakan Tradisional Inggris

List Artikel
25 Oktober 2023 | 0 Komentar

Saus bagi kuliner Barat sangatlah penting karena tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu baluran tetapi juga sebagai siraman hingga cocolan untuk disantap dengan makanan utama. Berbeda dengan masakan Indonesia yang menggunakan banyak rempah untuk memperlezat masakan, masakan tradisional Inggris lebih sering menggunakan saus untuk membuat rasa makanan menjadi lebih lezat. Saus yang digunakan untuk masakan tradisional Inggris terbilang cukup unik karena pastinya sangat berbeda dengan saus-saus yang digunakan untuk masakan Asia. Dari beberapa saus, inilah lima saus yang paling sering digunakan untuk masakan tradisional Inggris.

 

1. Saus Worcestershire



Sumber: simplyrecipes.com


Jenis saus pertama yang paling sering digunakan untuk masakan tradisional Inggris adalah saus worcestershire. Saus ini lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan nama kecap Inggris. Dinamakan kecap Inggris karena memang saus ini berasal dari negara tersebut. Sementara itu, nama worcestershire diambil dari nama sebuah daerah yang berada di Inggris. Saus worcestershire dibuat dari bahan dasar campuran ikan dengan sayuran yang kemudian difermentasikan dengan tambahan gula, garam, bawang merah, bawang putih, dan aneka rempah lainnya. Karena menggunakan banyak rempah dan dibuat dengan cara fermentasi, maka rasa dan aromanya terbilang cukup kuat. Saus worcestershire biasanya digunakan sebagai bumbu marinasi daging hingga saus siraman steak.

 

2. Saus Gravy



Sumber: kitchensantuary.com


Saus gravy menjadi saus kedua yang juga terbilang cukup populer di dunia. Saus ini sering digunakan untuk masakan tradisional Inggris hingga sekarang. Saus gravy adalah saus yang dibuat dari bahan dasar kaldu daging sehingga rasanya sangat gurih dan berempah. Kaldu daging yang digunakan adalah kaldu yang dibuat dari rebusan daging dalam waktu lama sehingga aroma dan rasanya menjadi kuat. Saus gravy banyak digunakan sebagai saus siraman untuk aneka olahan daging seperti daging sapi hingga daging kalkun panggang. Saus gravy juga kerap kali disajikan untuk pelengkap menu sarapan khas Inggris yang menyajikan sosis dan kentang tumbuk.

 

3. Saus Tartar



Sumber: thecountry.net


Selanjutnya, ada saus tartar yang identik dengan kuliner khas Inggris, yakni fish and chips. Saus tartar ini memiliki tampilan warna putih dengan tekstur yang kental. Saus tartar dibuat dari bahan dasar mayones, potongan acar mentimun, mustard, bawang merah cincang, dan lada. Ada sebagian saus tartar yang menyertakan perasan lemon dan ada yang tidak. Nantinya setelah semua bahan dicampur rata, saus tartar akan disajikan sebagai saus cocolan. Tidak hanya untuk fish and chips, saus tartar juga bisa digunakan untuk aneka olahan seafood seperti udang panggang hingga cumi bakar.

 

4. Saus Bread



Sumber: eastcheesyvegetarian.com


Saus yang satu ini mungkin terdengar cukup unik karena tidak begitu familiar di kalangan masyarakat Asia, terutama Indonesia. Seperti namanya, saus bread merupakan saus yang dibuat dari bahan dasar roti putih yang direndam dengan susu, bawang, cengkeh, lada, dan rempah lainnya. Rasanya terbilang cukup kuat dengan tekstur yang sangat kental. Saus bread ini biasanya disajikan sebagai cocolan masakan berbahan dasar daging, seperti daging kalkun dan daging sapi.

 

5. Saus Mint



Sumber: tmecosys.com


Saus terakhir yang paling sering digunakan untuk masakan tradisional Inggris adalah saus mint. Saus mint ini termasuk saus klasik yang sudah lama digunakan oleh masyarakat Inggris untuk membumbui kuliner yang terbuat dari bahan dasar daging, baik itu daging sapi, ayam, hingga domba. Setelah dibumbui dengan saus mint, daging akan dibakar atau dipanggang hingga matang. Penggunaan saus mint tidak hanya sebagai bumbu baluran saja, tetapi juga bisa sebagai saus siraman untuk disajikan bersama daging panggang. Saus mint dibuat dari bahan dasar daun mint yang dihaluskan, cuka, dan gula.

 

Itulah beberapa jenis saus yang paling sering digunakan untuk masakan tradisional Inggris seperti steak, fish and chips, atau olahan daging dan seafood lainnya. Bagi kamu yang ingin menyantap hidangan-hidangan tersebut, di bawah ini ada beberapa rekomendasi restoran atau tempat makan yang bisa kamu kunjungi!

Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Fish & Co.

Foto Fish & Co.
Foto Fish & Co.
Foto Fish & Co.

O! Fish

Foto O! Fish
Foto O! Fish
Foto O! Fish

Fish Streat

Foto Fish Streat
Foto Fish Streat
Foto Fish Streat

B'Steak Grill & Pancake

Foto B'Steak Grill & Pancake
Foto B'Steak Grill & Pancake
Foto B'Steak Grill & Pancake

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?