Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Teh Populer di Dunia yang Ternyata Tidak Dibuat dari Daun Teh

List Artikel
28 Oktober 2021 | 0 Komentar

Teh selalu menjadi salah satu minuman favorit bagi banyak orang. Teh memiliki rasa yang sangat khas sehingga membuatnya terasa berbeda dan unik. Minuman ini bisa disajikan dalam keadaan dingin dan juga panas. Biasanya teh dingin disajikan di siang hari atau pada saat cuaca sedang panas. Sedangkan teh panas sangat cocok diminum saat hujan atau setelahnya. Teh panas juga cocok dikonsumsi di pagi hari untuk menggantikan minuman kopi yang tidak bisa dikonsumsi oleh sebagian orang.


Minuman teh pada umumnya dibuat dari bahan dasar daun teh yang dikeringkan lalu diseduh dengan menggunakan air panas atau air mendidih. Tapi tahukah Teman Kuliner kalau ternyata minuman teh ini juga bisa dibuat dari bahan dasar lainnya selain daun teh. Di bawah ini ada beberapa teh populer yang tidak dibuat dari daun teh, yaitu:


1. Teh Rosella



Sumber: Bukalapak.com


Teh populer yang tidak dibuat dari daun teh adalah teh rosella. Teh rosella ini dibuat dari bahan dasar bunga rosella yang pastinya dikeringkan terlebih dahulu baru kemudian diseduh dengan air panas. Keunikan dari teh rosella adalah warnanya yang kemerahan. Jika pertama kali melihatnya, kita bisa menyangka kalau minuman ini adalah sirup merah. Warnanya yang cantik serta aromanya yang khas membuat teh rosella sangat disukai. Ditambah lagi, konon teh ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti bisa mengatasi kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.


2. Teh Peppermint



Sumber: Freepik.com


Teh populer yang tidak dibuat dari daun teh selanjutnya adalah teh peppermint. Teh ini dibuat dari bahan dasar daun peppermint yang dikeringkan dan diseduh hingga menjadi minuman teh. Peppermint sendiri adalah salah satu jenis tanaman herbal yang dihasilkan dari persilangan tanaman spearmint dan watermint. Ciri khas dari daun peppermint adalah aroma dan rasanya yang terasa dingin. Teman Kuliner bisa merasakan rasa mentol yang sangat tajam dari minuman teh peppermint. Oleh karena itu, kita disarankan untuk menyeduh daunnya dalam jumlah yang sedikit saja karena karakternya yang sangat kuat.


3. Teh Chamomile



Sumber: Grandturkishbazaar.com


Teh chamomile menjadi salah satu minuman teh populer yang ada di negara Eropa, terutama di Inggris. Teh chamomile ini dibuat dari bahan dasar bunga chamomile yang dikeringkan. Warnanya cokelat kuning keemasan dengan aroma yang sangat wangi. Untuk rasanya ini cukup unik karena saat kita menyeruputnya maka akan merasakan rasa apel di dalamnya. Teh chamomile sangat cocok dikonsumsi malam hari karena memiliki efek menenangkan sehingga bisa membantu kita tidur pulas.


4. Teh Bunga Telang



Sumber: Kompas.com


Jika teh chamomile sangat populer di negara Eropa, teh bunga telang ini populer di Indonesia sebagai minuman herbal untuk pengobatan. Pasalnya teh bunga telang dipercaya bisa membantu mengobati beragam penyakit. Ciri khas dari teh bunga telang adalah warnanya yang berbeda dari teh-teh kebanyakan yakni berwarna biru keunguan. Uniknya, meski warnanya terlihat sangat menarik, tapi teh populer ini justru tidak punya wangi atau rasa yang khas. Teh ini tidak wangi dan rasanya juga hambar.


5. Teh Bunga Mawar



Sumber: Bukalapak.com


Teh populer yang terakhir adalah teh bunga mawar. Bunga mawar ini tak hanya cocok untuk dijadikan sebagai hiasan atau hadiah untuk orang tersayang tapi jugabisa dijadikan sebagai minuman teh. Teh bunga mawar dibuat dari kuncup bunga mawar atau kelopak bunga mawar yang terletak di bagian dalam. Setelah dikeringkan, bunga mawar baru bisa diseduh menjadi teh. Teh bunga mawar memiliki aroma wangi yang khas. Tapi teh ini punya rasa yang cukup hambar.

 

Bagaimana menurut Teman Kuliner? Apakah kalian pernah mencoba salah satu dari teh populer yang tidak dibuat dari daun teh? Kalau Teman Kuliner mau coba aneka minuman teh premium, langsung aja nih dateng ke rekomendasi tempat ngeteh dari PergiKuliner di bawah ini!

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Teapotto

Foto Teapotto
Foto Teapotto
Foto Teapotto

House of Tea

Foto House of Tea
Foto House of Tea
Foto House of Tea

es.teh Indonesia

Foto es.teh Indonesia
Foto es.teh Indonesia
Foto es.teh Indonesia

Waroeng Teh Kotjok

Foto Waroeng Teh Kotjok
Foto Waroeng Teh Kotjok
Foto Waroeng Teh Kotjok

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?