Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Ikan yang Paling Populer Dijadikan Ikan Bakar

List Artikel
11 Desember 2020 | 0 Komentar

Ikan merupakan sumber protein hewani terbaik yang bagus dikonsumsi setiap harinya. Ikan bisa  berguna untuk kecerdasan otak serta kesehatan jantung. Di Indonesia, kita bisa menikmati ikan laut maupun ikan air tawar dengan harga yang sangat terjangkau karena tidak sulit menemukannya. Tak heran kalau ada banyak sekali olahan ikan khas Indonesia yang bisa kita nikmati. Salah satunya adalah olahan ikan bakar. Sesuai dengan namanya, ikan bakar dibuat dengan cara membakar ikan, bisa dengan cara klasik yakni di atas arang maupun cara modern dengan menggunakan alat bakaran khusus. Sebenarnya semua jenis ikan bisa dijadikan ikan bakar, tapi ada beberapa yang paling populer karena dagingnya lebih tebal atau cita rasa dagingnya lebih manis dan gurih. Terdapat sekitar lima jenis ikan yang paling populer dijadikan sebagai ikan bakar dan banyak diburu oleh pecinta ikan bakar, yaitu:


1. Ikan Nila



Sumber: Pergikuliner.com


Jenis ikan yang paling populer dijadikan ikan bakar adalah ikan nila. Ikan nila bakar bisa dijumpai hampir di seluruh rumah makan yang menyajikan ikan bakar. Ikan air tawar ini dipilih karena memiliki daging yang tebal dengan rasanya yang manis. Tekstur dagingnya kenyal tapi lembut. Ikan nila juga punya duri yang besar dan tebal sehingga mudah dikonsumsi. Ikan nila bakar sangat cocok dikonsumsi bersama dengan nasi putih hangat, lalapan, dan sambal.


2. Ikan Gurame



Sumber: Pergikuliner.com


Ikan gurame adalah ikan air tawar yang juga tak kalah populer jika dibandingkan dengan ikan nila. Ikan gurame memiliki ukuran yang cukup besar dengan tekstur daging yang sangat lembut saat disantap. Rasa dagingnya tidak semanis ikan nila, tapi punya rasa yang menyegarkan. Ikan gurame banyak dijumpai di restoran ikan bakar dengan harga yang sangat terjangkau. Tidak seperti ikan nila, ikan gurame ini durinya terbilang lebih kecil dan lembut.


3. Ikan Bawal



Sumber: Pergikuliner.com


Ingin ikan bakar yang dengan harga yang murah? Kamu bisa memilih ikan bawal sebagai pilihan ikan bakar untuk dikonsumsi bersama dengan nasi hangat. Ikan bawal memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding jenis ikan lainnya sehingga harga per ekornya menjadi lebih murah. Meski ukurannya lebih kecil, daging ikan bawal cukup tebal dengan tekstur daging yang lembut tapi tetap kenyal. Ikan bawal biasanya dibakar dalam bentuk utuh, tapi banyak juga yang membelahnya tanpa putus dan membakarnya.


4. Ikan Kakap



Sumber: Bukalapak.com


Ikan kakap merupakan jenis ikan laut yang sebenarnya lebih sering dijadikan sebagai sup atau gulai. Tapi ternyata ikan kakap ini juga banyak dimasak menjadi ikan bakar. Ukuran ikan kakap sangat besar sehingga harganya terbilang cukup mahal. Meski demikian, satu ekor ikan kakap bakar bisa dinikmati oleh satu keluarga atau bisa dijadikan 2-4 porsi. Tak hanya besar, ikan kakap juga punya daging yang tebal dengan rasa gurih dan tekstur daging yang lembut. Durinya tergolong sedang alias tidak terlalu besar atau kecil.


5. Ikan Kuwe



Sumber: Pergikuliner.com


Terakhir ada ikan kuwe yang juga populer sebagai jenis ikan yang paling populer. Ikan kuwe punya bentuk yang mirip dengan ikan nila jadi terkadang orang salah mengenalinya.Tapi kalau kamu perhatikan lebih detail, ikan kuwe bakar punya bentuk yang lebih langsing dibandingkan dengan ikan nila. Ikan kuwe punya tekstur daging yang lebih padat dengan rasa daging yang gurih. Dibandingkan dengan ikan nila, ikan kuwe bisa didapat dengan harga yang lebih murah.


Teman kuliner pastinya akab banget kan dengan jenis-jenis ikan di atas?. Menyantap ikan bakar memang paling enak jika disantap bareng teman ataupun keluarga, makanya ikan bakar menjadi makanan paling favorit disajikan untuk makan beramai-ramai. Dari lima jenis ikan yang paling populer dijadikan ikan bakar, teman kuliner lebih suka jenis ikan yang mana nih? Oh ya, selagi kamu menentukan suka makan jenis ikan yang mana, bagaimana kalo sekarang teman kuliner cobain ikan bakar dengan aneka jenis ikan favorit kamu di restoran rekomendasi PergiKuliner berikut ini!

Bandar Djakarta

Foto Bandar Djakarta
Foto Bandar Djakarta
Foto Bandar Djakarta

Seafood City By Bandar Djakarta

Foto Seafood City By Bandar Djakarta
Foto Seafood City By Bandar Djakarta
Foto Seafood City By Bandar Djakarta

Aroma Sedap

Foto Aroma Sedap
Foto Aroma Sedap
Foto Aroma Sedap

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?