Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Jenis Buah dan Sayur yang Baik Di Konsumsi Saat Pandemi

List Artikel
10 Desember 2020 | 0 Komentar

Sejak awal tahun hingga saat ini, virus Corona seakan masih enggan untuk pergi dari Indonesia. Bahkan, jumlah angka penularan Covid-19 hingga saat ini masih terus bertambah. Memperketat protokol kesehatan menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk mencegah virus masuk ke tubuh kita. Namun, ada hal penting yang seakan terlupakan oleh orang-orang yaitu untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh dengan berolah raga dan mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi. Selama pandemi, teman kuliner sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Buah dan sayur menjadi pilihan yang amat sangat tepat tentunya. Ada beberapa jenis buah dan sayur yang wajib teman kuliner tingkatkan intensitas mengonsumsinya, yaitu :


Jeruk 


Sumber: Makanabis.com


Makanan pertama yang harus dikonsumsi saat masa pendemi ini adalah jeruk. Jeruk terkenal kaya akan Vitamin C. Vitamin C dalam jeruk memiliki peran sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh dan dapat menaikkan daya tahan tubuh. Jeruk ini bisa disantap begitu saja atau dijadikan jus maupun diolah menjadi olahan segar seperti es buah atau salad. Selain jeruk, lemon juga bagus dikonsumsi selama masa pandemi ini karena kandungan Vitamin C nya sangat tinggi.


Bayam



Sumber: Pikiran-rakyat.com


Bayam menjadi salah satu makanan yang harus rutin dikonsumsi selama masa pandemi. Bayam mengandung Vitamin C, karoten, zat besi, dan pastinya antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan-kandungan nutrisi ini dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu. Ada dua jenis bayam, yakni bayam hijau dan bayam ungu, keduanya sama-sama bagus dikonsumsi. Tapi bayam hijau punya kandungan zat besi yang lebih tinggi. Bayam bisa dimasak sayur bening dengan tambahan jagung manis, dijadikan tumisan, hingga dijadikan campuran pada omelet, muffin, hingga macaroni schotel.


Brokoli



Sumber: Kompas.com


Selain bayam, ada brokoli juga harus diperbanyak konsumsinya selama masa pandemi ini. Brokoli mengandung Vitamin C dan Vitamin E yang tinggi. Bayam juga kaya akan antioksidan dan zat besi. Brokoli bisa dijadikan sebagai tumisan atau dimasak menjadi sup. Kalau ingin yang berbeda, kamu bisa memanggangnya bersama dengan keju atau memasukkannya menjadi campuran omelet sayur hingga muffin.

 

Yoghurt



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan selanjutnya yang harus diperbanyak konsumsinya selama pandemi adalah yoghurt. Fungsi utama yoghurt adalah untuk melancarkan sistem pencernaan, tapi tahukah kamu kalau sistem pencernaan lancar, maka imunitas tubuh juga bisa meningkat karena di saluran pencernaan inilah makanan akan diolah dan diserap nutrisinya oleh tubuh. Jika tubuh mendapat nutrisi yang lengkap, maka imunitas juga akan meningkat. Sebaiknya konsumsi yoghurt plain atau tanpa rasa agar lebih sehat. Jika ingin tambahan rasa bisa kamu tambahkan irisan buah segar saat menyantapnya.


Kurma



Sumber: Medkomtek.com


Makanan terakhir yang bisa diperbanyak konsumsinya selama pandemi adalah kurma. Kurma mengandung tiga jenis antioksidan di dalamnya, yakni flavonoid, karotenoid, dan fenolik. Ketiga jenis antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas yang bisa menimbulkan beragam jenis penyakit berbahaya. Konsunsi kurma setiap harinya selama masa pandemi ini dapat bermanfaat untuk menjaga dan menguatkan kekebalan tubuh kamu. Jika bosan menyantapnya begitu saja, olah kurma menjadi puding, campuran es buah, hingga smoothie.


Itu dia beberapa jenis buah dan sayur yang wajib dikonsumsi saat pandemi. Tentunya mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Nah, jika teman kuliner ingin menikmati olahan dari buah dan sayur di atas, kamu bisa mencoba beberapa makanan di tempat-tempat ini!

Serasa Salad Bar

Foto Serasa Salad Bar
Foto Serasa Salad Bar
Foto Serasa Salad Bar

Back Office Bistro

Foto Back Office Bistro
Foto Back Office Bistro
Foto Back Office Bistro

Tropicale Juice Bar

Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Jeruk Meletus

Foto Jeruk Meletus
Foto Jeruk Meletus
Foto Jeruk Meletus

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?