Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Buah yang Bisa Tahan Lama Untuk Stok Di Rumah

List Artikel
10 Desember 2020 | 0 Komentar

Buah menjadi salah satu asupan wajib untuk menjaga daya tahan tubuh, apalagi di masa pandemi seperti saat sekarang ini. Dengan mengonsumsi buah secara rutin setiap harinya, maka daya tahan tubuh bisa ditingkatkan karena buah mengandung banyak nutrisi di dalamnya. Saat akan mengonsumsi buah, kesegaran menjadi hal yang perlu diperhatikan. Sayangnya ketika kita membeli buah, terkadang kita tidak langsung menyantapnya, sehingga buah bisa kehilangan kesegarannya dengan cepat. Padahal di masa pandemi ini, membeli stok buah untuk seminggu menjadi hal yang banyak dilakukan. Supaya bisa terus mengonsumsi buah, tahukah kamu kalau ada beberapa jenis buah yang bisa bertahan lama jika disimpan dalam kulkas. Buat teman kuliner yang ingin menyetok buah selama pandemi, PergiKuliner punya lima buah yang bisa tahan lama untuk stok di rumah. Apa saja?

 

1. Apel



Sumber: Amazon.com


Buah pertama ada apel yang bisa bertahan hingga berminggu-minggu jika disimpan dalam kulkas. Teman kuliner bisa menyimpannya begitu saja dalam rak khusus buah yang terletak pada bagian bawah kulkas atau menyimpannya dalam kantong plastik terlebih dahulu, baru kemudian dimasukkan dalam kulkas. Jenis apel merah dan kuning memiliki daya tahan hingha berminggu-minggu. Sementara itu, apel hijau punya daya tahan yang jauh lebih lama alias lebih awet.


2. Pir



Sumber: Cosmopolitan.co.id


Tak jauh berbeda dengan apel, pir juga menjadi buah yang bisa tahan lama disimpan sehingga cocok dijadikan sebagai stok buah di rumah selama pandemi. Pir memiliki kadar air yang tidak terlalu banyak dengan bagian kulit buah yang cukup tebal seperti apel sehingga bisa bertahan lama jika disimpan dalam kulkas. Jenis pir hijau akan memiliki daya tahan yang lebih lama jika dibandingkan pir kuning.


3. Jeruk



Sumber: Toiimg.com


Buah yang bisa tahan lama disimpan di kulkas adalah jeruk. Hampir semua jenis jeruk akan awet jika disimpan dalam kulkas seperti jeruk mandarin, jeruk sunkist, jeruk medan, jeruk nipis, dan lain sebagainya. Jeruk bisa bertahan hingg 1-2 bulan jika disimpan dalam rak bawah khusus buah di kulkas. Tapi ingat, jika kamu sudah mengupas atau menyantap setengah jeruk tersebut, maka daya tahannya hanya akan bertahan hingga 1-2 hari saja. Jadi bisa dikatakan kalau kulit jeruk yang melapisi daging jeruklah yang bisa membuat jeruk bisa bertahan lama.


4. Semangka



Sumber: Snaped.fns.usda.gov


Semangka juga menjadi salah satu jenis buah yang bisa bertahan lama sehingga cocok jika dijadikan stok buah di rumah selama pandemi. Selama kamu belum membelah atau membukanya, semangka yang masih utuh bisa bertahan hingga berbulan-bulan dalam kulkas. Tapi jika kamu sudah membelahnya, semangka hanya bisa bertahan paling lama seminggu jika dibungkus dengan plastik wrap atau disimpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas. Oleh karena itu, lebih baik membeli buah semangka dalam ukuran kecil sehingga bisa habis dalam 1-2 kali makan saja.


5. Delima



Sumber: Doktersehat.com


Buah yang bisa bertahan lama terakhir adalah buah delima. Buah ini memang tidak disangka-sangka bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Buah delima utuh bisa bertahan hingga berbulan-bulan, sementara buah delima yang bijinya sudah dikeluarkan hanya bisa bertahan sekitar satu mingguan saja. Simpan buah delima dalam wadah kedap udara atau kotak penyimpanan buah dalam kulkas. Hindari menyimpan buah delima dalam plastik karena bisa membuatnya mudah busuk.


Itulah lima buah yang bisa tahan lama untuk stok di rumah. Ingat ya teman kuliner, mengonsumsi buah dan sayur sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kamu terutama di masa pandemi seperti ini. Buah mengandung banyak nutrisi penting yang mampu menguatkan daya tahan tubuh kamu. Nah, kalau teman kuliner ingin yang simple, PergiKuliner punya beberapa rekomendasi tempat dimana teman kuliner dapat menikmati olahan buah yang enak-enak. Simak di bawah ini ya!

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

PUSH Juice

Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice

Tropicale Juice Bar

Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar

Jeruk Meletus

Foto Jeruk Meletus
Foto Jeruk Meletus
Foto Jeruk Meletus

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?