Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Buah-buahan yang Paling Sering Dijadikan Wadah Sajian!

List Artikel
13 Mei 2019 | 0 Komentar
Buah menjadi makanan sehat yang bisa memberikan banyak nutrisi dan vitamin bagi tubuh. Selama ini kita hanya mengenal varian olahan buah, seperti salad buah, jus, smoothies, es krim, dan lain sebagainya. Tapi tahukah kamu kalau ternyata buah juga sangat cocok dijadikan wadah sajian makanan yang terlihat cantik dan menggugah selera. Biasanya buah yang digunakan memiliki bentuk yang cukup besar atau bentuk yang unik sehingga bisa menarik minat orang yang akan menyantapnya. Lho, kok disantap? Bukannya buah tersebut hanya disajikan sebagai wadah? Jangan salah sangka dulu Teman PergiKuliner, buah yang digunakan sebagai wadah sajian bukan berarti tidak bisa dimakan, biasanya bagian dalam buah akan dicampur dalam isian sebelum dimasukkan dalam wadah buah. Di Indonesia, terdapat lima buah yang sering dijadikan sebagai wadah sajian, yaitu:

1. Nanas

Sumber : Pergikuliner.com

Kita pasti sudah mengenal nasi goreng nanas ala Thailand yang cara penyajiannya disajikan di dalam wadah buah nanas. Bagian daging buah nanas diambil dan dipotong-potong lalu dimasak bersama nasi dan digoreng sebelum akhirnya disajikan dalam wadah buah nanas. Cita rasa nasi goreng nanas sangat beragam, mulai dari cita rasa asin, gurih, asam serta segar. Kamu bisa menemukan nasi goreng nanas ini di restoran Thailand.

2. Semangka

Sumber : Fimela.com

Semangka dikenal sebagai buah tropis yang bisa menyegarkan dahaga saat udara sedang terik. Semangka mengandung banyak kandungan air di dalamnya sehingga bisa mengurangi atau mencegah dehidrasi pada tubuh. Orang biasanya menyantap buah semangka begitu saja dengan cara dipotong-potong, dijadikan campuran salad buah, atau di jus. Tapi belakangan ini, semangka disajikan atau disantap dengan cara yang unik, yakni dijadikan wadah sajian. Isian dari wadah semangka ini biasanya adalah jus semangka yang di dalamnya terdapat potongan semangka berbentuk dadu.

3. Melon

Sumber : Pergikuliner.com

Selanjutnya ada melon yang juga sering dijadikan sebagai wadah sajian. Kamu bisa menjumpai wadah sajian melon pada kuliner Patbingsoo. Patbingsoo merupakan dessert manis dan dingin yang berasal dari Korea yang mirip dengan es campur. Patbingsoo yang berwadah melon biasanya di dalamnya terdapat potongan melon, es serut, susu kental manis dan bahan tambahan lainnya.

4. Kelapa


Sumber : Pergikuliner.com

Kalau buah yang satu ini memang sudah sering dijadikan sebagai wadah sajian makanan, bahkan menjadi wadah sajian dessert. Beberapa tahun yang lalu kelapa dijadikan wadah sajian bakso, tom yam kung, hingga sop iga. Kelapa yang sudah terdapat isian ini, biasanya dibakar sehingga menimbulkan aroma dan cita rasa yang khas. Selain dijadikan sebagai wadah makanan, kelapa juga masih banyak dijadikan wadah dessert yang di dalamnya diberi es krim.

5. Alpukat

Sumber : Glitzmedia.co

Terakhir ada alpukat yang juga sering digunakan sebagai wadah sajian. Biasanya alpukat yang digunakan hanya kulit bagian luarnya saja sementara untuk daging alpukatnya akan diolah lagi atau dijadikan sebagai bahan campuran seperti ditambahkan telur, keju, dan lain sebagainya. Sebelum disajikan, biasanya alpukat akan dipanggang terlebih dahulu sehingga nantinya akan ada aroma khas yang keluar.

Terlihat lezat-lezat bukan kelima buah di atas? Jika kamu jadi ingin menyantap buah setelah membaca artikel ini, bagaimana kalau mampir saja ke salah satu tempat makan yang ada di bawah ini yuk!

Bingsoo Story

Foto Bingsoo Story
Foto Bingsoo Story
Foto Bingsoo Story

Patbingsoo

Foto Patbingsoo
Foto Patbingsoo

Muju Avenue

Foto Muju Avenue
Foto Muju Avenue
Foto Muju Avenue

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?