Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Manfaat Ajaib Jika Mengonsumsi Kelapa Saat Berbuka

List Artikel
12 Mei 2019 | 0 Komentar
Saat ini masyarakat muslim sedang melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Berpuasa memang menahan rasa haus seharian, oleh karena itu banyak cara masyarakat muslim untuk mengatasi cairan tubuhnya saat berpuasa. Banyak jenis minuman yang ditawarkan untuk berbuka puasa, mulai dari air putih, teh, es buah, dan masih banyak lagi. Namun, mengonsumsi air kelapa saat berbuka puasa sangat baik dan cocok untuk kesehatan tubuh yang membantu mengisi cairan dalam tubuh. Rasa air kelapa yang sangat segar dan juga manis ini juga digemari oleh masyarakat muslim. Kelapa memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, oleh karena itu PergiKuliner akan membahas manfaat ajaib dari mengonsumsi kelapa saat berbuka puasa. Berikut beberapa manfaatnya:


Sumber : Cosmopolitan.co.id


1. Bisa Mengembalikan Energi dalam Sekejap
Seharian berpuasa memang dapat menguras energi yang cukup banyak sehingga kita sering merasakan lelah dan cepat capek. Maka dari itu, disarankan untuk mengonsumsi kelapa saat berbuka puasa, karena air kelapa dan juga dagingnya mengandung berbagai macam ion yang sangat diperlukan oleh tubuh seperti kalium dan natrium serta elektrolit yang dapat membantu mengembalikan cairan dan energi kamu dalam sekejap.

2. Mengatasi Sembelit
Di bulan puasa, pasti akan ada keluhan yang akan terjadi pada tubuh kita. Salah satunya adalah keluhan sembelit atau susah buang air besar. Namun, jika kamu rutin dalam mengonsumsi air dan daging kelapa, maka kamu bisa mengurangi resiko sembelit tersebut karena kelapa mengandung serat yang cukup tinggi untuk membantu proses pencernaan kamu agar semakin lancar buang air besar tanpa ada rasa khawatir.

3. Meningkatkan Sistem Imun
Mengonsumsi kelapa saat berbuka dapat mengembalikan serta meningkatkan sistem imun tubuh kamu sekaligus karena asam laurat yang terkandung dalam kelapa memang terbukti ampuh agar tubuh kamu tetap fit tanpa merasa lemas atau lelah. Kelapa juga memiliki sifat antiinflamasi serta antimikroba dan dapat menghambat beberapa jenis bakteri seperti Staphylococcus auerus, Streptococcus pneumoniae, serta Mycobacterium tuberculosis yang ada di dalam tubuh.

4. Menurunkan Tekanan Darah
Kandungan kalium yang terdapat pada air kelapa sangat kaya kandungannya, karena kalium memiliki unsur penting dalam menjaga keseimbangan tekanan darah dalam tubuh kita. Alangkah baiknya berbuka puasa dengan air kelapa karena sangat disarankan untuk mencegah resiko terkena tekanan darah tinggi dan mengurangi hipertensi yang terdapat dalam darah tubuh kita.

5. Mencegah Naiknya Berat Badan
Biasanya kebanyakan orang menikmati minuman yang manis saat berbuka puasa untuk mengembalikan kadar gula yang hilang dalam tubuh. Namun, perlu diperhatikan bahwa bila mengonsumsi minuman yang terlalu manis atau mengandung banyak gula seperti teh manis, es buah, kolak, dan lain sebagainya dapat membuat berat badan kamu makin lama akan makin bertambah. Alangkah baiknya bila kamu mengonsumsi air kelapa murni tanpa campuran sirup atau gula di dalamnya, karena air kelapa murni mengandung kadar gula alami serta kalori yang cukup rendah sehingga cocok dikonsumsi saat berbuka puasa dan dapat menjaga berat badan kamu agar tidak meningkat.

6. Mengatasi Masalah Pada Rongga Mulut
Manfaat terakhir dari mengonsumsi kelapa yaitu dapat mengatasi masalah yang ada pada rongga mulut. Dalam menjalani ibadah puasa, kamu tidak mengonsumsi makanan maupun minuman apapun. Oleh karena itu akan berdampak pada menurunnya kadar produksi air liur di dalam mulut kita. Padahal air liur sangat penting dalam menjaga kesehatan mulut khususnya pada rongga mulut, apabila kadar produksi air liur berkurang maka akan menyebabkan masalah seperti mulut menjadi kering, bau mulut, dan juga masalah pada gusi. Maka disarankan untuk mengonsumsi kelapa secara rutin karena kelapa mengandung antimikroba alami yang dapat membantu mencegah sekaligus melawan bakteri patogen yang ada di dalam mulut.

Menakjubkan bukan manfaat ajaib yang terkandung dalam kelapa tersebut? Nah, jika kamu tidak suka air kelapa, kamu bisa menggantinya dengan minuman segar yang lainnya kok. Ini dia beberapa referensinya!

Kamu Tea

Foto Kamu Tea
Foto Kamu Tea
Foto Kamu Tea

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

Calipa Tea

Foto Calipa Tea
Foto Calipa Tea
Foto Calipa Tea

Gulu Gulu

Foto Gulu Gulu
Foto Gulu Gulu
Foto Gulu Gulu

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?