Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Topping Sushi Terfavorit yang Paling Laris Dipesan

List Artikel
6 Januari 2018 | 0 Komentar

Sushi menjadi kuliner khas Jepang yang keberadaannya sudah mendunia. Sushi sangat identik dengan ikan laut karena memang pada awalnya kuliner ini dibuat untuk mengawetkan ikan laut dengan menggunakan nasi yang sudah dibumbui dengan cuka atau sake. Sushi yang sudah ada sebelum zaman Edo aslinya adalah makanan kerajaan, lalu pada tahun 1980 kuliner ini mulai disantap oleh seluruh masyarakat Jepang. Di Indonesia sendiri, sushi mulai popular sejak tahun 2000-an. Keberadaan restoran sushi bahkan bisa dengan mudah kamu jumpai di beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Sushi memiliki beragam jenis topping yang bisa kamu pilih. Di antaranya ada lima yang menjadi favorit masyarakat banyak, yaitu:

 

1. Salmon


Sumber: pergikuliner.com


Salmon menjadi topping sushi yang paling banyak diminati karena ikan salmon sendiri sangat lekat dengan negara Jepang. Sushi salmon termasuk dalam golongan jenis sushi nigiri karena terbuat dari nasi yang sudah dibumbui dan dikepal lalu diberi tambahan topping irisan ikan salmon segar di atasnya. Tekstur nasi yang legit sangat pas berpadu dengan daging salmon yang masih juicy. Menyantap sushi salmon bisa sangat bermanfaat bagi tubuh kamu karena salmon sangat kaya akan omega3, asam amino, vitamin A, B, E, dan masih banyak lagi.

 

2. Chu Toro


Sumber: pergikuliner.com


Selain salmon, ikan yang sangat identik dengan negara Jepang adalah ikan tuna yang juga digunakan pada jenis sushi nigiri. Bagian tuna yang paling banyak digemari adalah chu toro atau bagian lemak ikan tuna yang bisa kamu jumpai pada bagian belakang dan perut ikan tuna. Teksturnya sangat lembut tapi juga kenyal sehingga menghasilkan tekstur yang unik jika dipadukan dengan nasi sushi yang sudah dibumbui. Sama seperti salmon, chu toro juga disajikan mentah.

 

3. Ikura


Sumber: pergikuliner.com


Ikura atau salmon roe merupakan telur ikan salmon yang berwarna orang kemerahan. Meski terdengar aneh untuk menyantap telur ikan salmon, tapi topping ini justru banyak peminatnya. Harga sushi dengan topping ikura terbilang cukup mahal karena untuk mendapatkan telur ikan salmon ini tidaklah mudah. Sebelum dijadikan topping sushi, ikura harus terlebih dahulu direndam dengan kecap dan anggur Jepang untuk menghilangkan aroma amis yang cukup menyengat.  

 

4. Tobiko


Sumber: pergikuliner.com


Masih dengan topping telur ikan. Selain ikura, ada tobiko yang merupakan telur ikan terbang yang bentuknya lebih kecil dibanding telur ikan salmon. Tobiko aslinya memiliki warna yang orange cerah. Tapi sekarang ada tobiko yang berwarna hijau dengan rasa wasabi dan warna hitam dengan rasa kaviar. Tobiko biasanya dijadikan topping untuk jenis sushi gunkan. Tekstur tobiko ini sangat lembut namun renyah sehingga cocok disantap bersama dengan nasi sushi dan rumput laut yang membungkus bagian samping sushi.

 

5. Negitoro


Sumber: fishforsushi.com


Terakhir ada negitoro yang lebih banyak digunakan dalam varian jenis sushi gunkan. Meski sama-sama terbuat dari daging ikan tuna, untuk membuat negitoro ini, kamu harus menghaluskan ikan tuna terlebih dahulu, baru kemudian diberi bumbu garam, kecap asin, dan biji wijen. Setelah dihaluskan dan diberi bumbu, negitori pun siap dijadikan topping sushi dengan ditambahkan potongan daun bawang di atasnya.

 

Nah! Itu dia lima topping sushi yang paling laris di pesan. Dari kelima topping sushi yang ada di atas, kamu lebih sering menyantap yang mana teman PergiKuliner? Atau kamu mau coba sushi-sushi enak yang ada di Jakarta? Langsung aja datang ke tempat-tempat ini!

Nama Sushi by Sushi Masa

Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Genki Sushi

Foto Genki Sushi
Foto Genki Sushi
Foto Genki Sushi

Itacho Sushi

Foto Itacho Sushi
Foto Itacho Sushi
Foto Itacho Sushi

Ippeke Komachi

Foto Ippeke Komachi
Foto Ippeke Komachi
Foto Ippeke Komachi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?