Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Varian Sambalado Indonesia yang Bikin Lidah Bergoyang

List Artikel
5 Januari 2018 | 0 Komentar

Kebanyakan kuliner Indonesia memiliki cita rasa yang pedas. Tingkat pedasnya masakan Indonesia memang lebih tinggi dibanding masakan dari negara lain. Tak heran jika saat masyarakat Indonesia mencoba kuliner pedas di negara lain, rasanya tidak akan sepedas kuliner khas Indonesia. Salah satu makanan Indonesia yang bisa dikatakan memiliki tingkat pedas yang lumayan adalah balado atau bisa dibilang sambalado alias makanan yang dimasak dengan cara diberi bumbu sambal pedas sehingga cita rasanya terasa sangat nikmat. Ada lima variasi sambalado yang paling popular dan sanggup membuat lidah kamu bergoyang, yaitu:  

 

1. Telor Balado


Sumber: pergikuliner.com


Varian balado yang paling terkenal adalah telor balado yang bisa dengan mudah kamu jumpai di berbagai rumah makan khas Indonesia, baik itu rumah makan Padang, rumah makan Manado, rumah makan Bali, hingga warteg. Telor balado merupakan lauk bercita rasa pedas yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Telur yang digunakan adalah jenis telur ayam yang direbus hingga matang, lalu digoreng hingga bagian luarnya berwarna kecoklatan dan diberi bumbu sambal. Ada juga telur balado yang menggunakan telur goreng ceplok, tapi kebanyakan orang lebih suka telur rebus yang kemudian digoreng.

 

2. Udang Balado


Sumber: pergikuliner.com


Di urutan kedua ada udang balado yang merupakan olahan seafood pedas khas Indonesia. Varian balado ini lebih banyak ditemukan di rumah makan Manado dan warteg. Udang yang digunakan untuk balado ini harus digoreng setengah matang terlebih dahulu, baru kemudian diberi bumbu balado dan ditumis kembali. Proses penggorengan membuat daging udang terasa lebih padat dan lapisan kulit udang jadi lebih renyah.

 

3. Tuna Balado


Sumber: selerasa.com


Varian lainnya dari sambalado ini adalah tuna balado yang banyak kamu jumpai di restoran Padang dan Manado. Sebelum dimasak balado, ikan tuna biasanya dipisahkan terlebih dahulu durinya, tapi ada juga yang memasaknya dengan duri. Ikan tuna yang sudah dipotong-potong harus digoreng terlebih dahulu. Tapi jangan sampai digoreng terlalu kering karena akan dimasak kembali bersama dengan bumbu balado. Jenis ikan selain tuna yang sering dijadikan balado adalah ikan tongkol.

 

4. Terong Balado


Sumber: pergikuliner.com


Terong balado merupakan salah satu sayuran yang dijadikan varian balado. Terong yang digunakan merupakan terong ungu, bukan terong hijau atau terong bulat karena saat dimasak, terong ungu memiliki tekstur daging yang sangat lembut. Sebelum dipadukan dengan sambal balado, terong ungu harus terlebih dahulu digoreng setengah matang baru kemudian ditumis kembali bersama dengan sambal balado. Terong balado tak hanya bisa ditemukan dalam menu warteg, tapi juga di rumah makan Padang atau di rumah makan Indonesia.

 

5. Jengkol Balado


Sumber: resepkoki.id


Selain terong balado, ada jengkol balado yang menjadi kuliner kesukaan banyak orang. Berbeda dengan varian balado lainnya yang harus digoreng terlebih dahulu, jengkol yang digunakan pada balado harus direbus hingga matang terlebih dahulu baru kemudian diberi bumbu balado. Jengkol balado bisa ditemukan di rumah makan Indonesia karena sering dijadikan lauk pada nasi campur tradisional.


Nah! Itu dia lima varian sambalado yang kenikmatannya mampu bikin lidah bergoyang dan ketagihan. Kalau kamu kepingin mencicipi aneka sambalado yang enak, kamu wajib banget kunjungi beberapa tempat makan rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Warteg Wareg

Foto Warteg Wareg

Nasi Anai Galung

Foto Nasi Anai Galung

Little Ubud

Foto Little Ubud
Foto Little Ubud
Foto Little Ubud

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?