Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Fakta Penyuka Pedas, Kamu Setuju Gak?

List Artikel
24 Juli 2021 | 0 Komentar

Setiap orang memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda-beda. Uniknya, kepribadian seseorang yang berbeda ternyata dapat dilihat dari makanan yang disukainya loh. Lantas, bagaimana dengan penyuka makanan pedas? Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia rasanya kurang nikmat jika menyantap makanan tanpa adanya sambal atau saus pedas. Kedua penyedap ini dapat menambah cita rasa dan memberi sensasi keseruan tersendiri bagi yang menyukainya. Nah, penasaran bagaimana fakta penyuka makanan pedas dan kepribadiannya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!


\

Sumber: Pinterest.com


1. Punya Keberanian Tinggi

Orang-orang yang menyukai makanan pedas nyatanya punya keberanian yang tinggi. Mereka terkenal suka mengambil resiko apapun tanpa mengenal rasa takut. Selain itu, fakta penyuka makanan pedas lainnya ternyata menunjukkan mereka tak senang terjebak dalam rutinitas. Mereka suka berpetualang dan mencari sensasi baru. Mereka juga berani menantang sesuatu hal yang ingin dicapai.


2. Cenderung Lebih Fokus

Fakta lainnya, penyuka makanan pedas memiliki tingkat fokus dan konsentrasi yang cukup tinggi. Meski cenderung menyukai hal-hal yang beresiko tinggi, namun fakta penyuka makanan pedas memiliki fokus yang tinggi dalam mengatur segala aspek kehidupan mereka. Fakta penyuka makanan pedas juga cenderung mempunyai tingkat konsentrasi yang tinggi saat mengerjakan suatu pekerjaan. Penyuka makanan pedas, gimana nih menurutmu?


3. Suka Dengan Tantangan

Dari segi kepribadian, rupanya penyuka makanan pedas memiliki kepribadian yang suka dengan tantangan. Mereka cenderung tertarik dengan hal-hal yang beresiko tinggi. Sementara, dari segi hobi ternyata fakta penyuka makanan pedas lebih menyukai olahraga ekstrim. Seperti bungee jumping, terjun payung, panjang tebing dan sejenisnya. Mereka juga menyukai hal-hal yang bisa memacu adrenalin.


4. Mudah Bergaul

Penyuka makanan pedas dikenal memiliki karakter yang lebih cuek dan apa adanya saat mengungkapkan sesuatu. Mereka akan lebih mudah bercerita dengan orang lain ketimbang memendamnya sendirian. Selain itu, penyuka makanan pedas juga berani tampil apa adanya dan mempunyai karakter kepribadian yang lebih terbuka serta mudah beradaptasi dengan hal baru. Tak heran kalau orang-orang yang menyukai makanan pedas ini dikenal mudah bergaul dengan siapa saja di lingkungan mereka.


5. Punya Makanan Pedas Favorit

Setiap orang yang menyukai makanan pedas pasti punya makanan pedas favorit masing-masing. Mulai dari makanan pedas khas Indonesia sampai makanan pedas dari berbagai negara lainnya. Bahkan bagi mereka yang menyukai makanan pedas mengatakan belum lengkap rasanya jika makan tanpa didampingi sambal atau cabai rawit yang membakar lidah. Kamu setuju nggak, Teman PergiKuliner?


Manfaat Makan Pedas

Selain menambah cita rasa dan nafsu makan, menyantap makanan pedas seringkali disebut bisa membawa manfaat bagi kesehatan tubuh. Rasa pedas dan sensasi panas yang dihasilkan dari cabai sebenarnya berasal dari senyawa kimia aktif dalam cabai yang disebut capsaicin. Meski sebagian orang menghindari makanan pedas karena sensasinya yang begitu nyelekit di lidah, namun bagi penyuka makanan pedas justru menikmati sensasi pedas tersebut dan bahkan ketagihan dengan rasa yang menyiksa itu. Inilah beberapa manfaat makan pedas yang perlu kamu ketahui!



Sumber: pinterest.com


1. Menurunkan Berat Badan

Kabar baik bagi penyuka makanan pedas karena diet kamu kemungkinan besar akan berhasil. Menyantap makanan pedas yang kaya kandungan capsaicin, ternyata bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Kandungan capsaicin dapat ditemukan pada jenis cabai seperti cabai merah, cabai rawit dan cabai jalapeno. Kandungan capsaicin pada cabai terbilang aman dan tidak memberi dampak negatif bagi tubuh selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.


2. Meningkatkan Metabolisme

Rasa pedas dan sensasi panas dari kandungan capsaicin pada cabai dapat meningkatkan kinerja metabolisme tubuh hingga 5 persen. Ini berarti menyantap makanan pedas dapat membantu pembakaran kalori lebih banyak sekaligus menghambat penyimpanan lemak dalam tubuh. Namun dengan catatan, menyantap makanan pedas tetap harus dalam batas aman dan tidak berlebihan.


3. Mencegah Pertumbuhan Kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan capcaisin pada cabai memiliki kemampuan untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, penelitian lain juga menyebutkan capcaisin dapat digunakan sebagai pengobatan kanker payudara dan kanker pankreas. Namun penggunaan capcaisin sebagai pengobatan kanker ini baru efektif bekerja jika digabungkan dengan obat-obatan lain yang khusus untuk mengatasi kanker.


4. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain bisa menggugah selera, makanan pedas disinyalir bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Ini dikarenakan cabai memiliki kandungan capcaisin dan bersifat antikoagulan yang bisa mencegah timbulnya penyakit jantung koroner dan stroke. Capcaisin berperan penting dalam menjaga aliran darah tetap lancar dan mencegah kemungkinan penyumbatan pembuluh darah atau ateroklerosis.


5. Melancarkan Pernapasan

Pasti pernah ada diantara Teman Kuliner yang bertanya-tanya mengapa hidung kita suka tiba-tiba berair saat kepedasan? Itu dikarenakan kandungan capcaisin yang terdapat dalam cabai membuat hidung menjadi berair ketika menyantap makanan pedas. Semakin pedas makanan yang disantap, maka hidung akan semakin berair. Tak heran kalau makanan pedas kerap dijadikan alternatif cara untuk meringankan penyakit batuk, pilek, bahkan sinusitis, karena dianggap mampu melancarkan pernapasan.


6. Mengurangi Sakit Kepala

Kandungan capcaisin juga mampu merangsang produksi endorfin, sehingga bisa membangkitkan sensasi kenikmatan ketika menyantap makanan pedas. Seperti diketahui, endorfin merupakan salah satu hormon yang berperan dalam mengurangi rasa sakit. Itulah mengapa banyak orang-orang memilih untuk menyantap makanan pedas ketika sedang mengalami sakit kepala. Karena rasa pedas yang ditimbulkan oleh capcaisin dapat menghalangi aktivitas otak saat menerima sinyal rasa sakit dari sistem saraf.


Nah, itu dia lima fakta seputar penyuka pedas dan manfaat makanan pedas. Buat Teman Kuliner yang suka banget sama makanan dengan cita rasa pedas, langsung aja cek rekomendasi tempatnya di bawah ini!

Seblak Jeletet Murni

Foto Seblak Jeletet Murni
Foto Seblak Jeletet Murni
Foto Seblak Jeletet Murni

Warunk UpNormal

Foto Warunk UpNormal
Foto Warunk UpNormal
Foto Warunk UpNormal

Tahu Gejrot Bang Jack

Foto Tahu Gejrot Bang Jack
Foto Tahu Gejrot Bang Jack
Foto Tahu Gejrot Bang Jack

I Am Geprek Bensu

Foto I Am Geprek Bensu
Foto I Am Geprek Bensu
Foto I Am Geprek Bensu

Seblak Jeletet Pademangan 4

Foto Seblak Jeletet Pademangan 4
Foto Seblak Jeletet Pademangan 4
Foto Seblak Jeletet Pademangan 4

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?