Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan yang Lebih Enak Disantap Jika Dingin

List Artikel
29 Juni 2020 | 0 Komentar

Kamu termasuk orang yang suka makan makanan manis atau dingin? Indonesia pada dasarnya adalah negara yang beriklim tropis sehingga cuacanya terbilang cukup panas, apalagi di siang hari. Berhubung cuacanya panas, kuliner dingin lebih disukai. Coba saja kamu lihat di pinggir jalan hingga rumah makan, kebanyakan pedagang selalu menyediakan menu es, mulai dari es campur, es teler, es mambo, es teh, es jeruj, dan lain sebagainya. Minuman dingin tentu sudah biasa bagimu. Tapi bagaimana dengan makanan? Ada beberapa jenis makanan yang lebih terasa enak jika disantap dalam keadaan dingin, yaitu:


1. Salad


Sumber: Pergikuliner.com


Makanan pertama yang cocok disantap dingin adalah salad. Jika disantap dalam keadaan dingin, salad akan terasa lebih sedap. Salad dibuat dari bahan dasar sayur-sayuran dan buah-buahan. Jika di sajikan dalam keadaan suhu ruangan, salad tidak terasa menyegarkan. Berbeda jika disajikan dalam keadaan dingin, tekstur buah dan sayur akan lebih crunchy dan garing. Tak hanya bahan saladnya saja yang enak disantap dingin, saus siramannya juga lebih enak jika disantap dingin.


2. Sushi



Sumber: Pergikuliner.com


Sushi juga lebih enak jika disajikan secara dingin. Bukan tanpa alasan mengapa sushi harus disantap dingin. Alasannya adalah karena sebagian besar bahan pembuat sushi adalah ikan segar atau ikan mentah sehingga sushi lebih baik disajikan dalam keadaan dingin. Beberapa jenis ikan segar yang banyak digunakan untuk sushi adalah ikan tuna dan ikan salmon. Jika disajikan dalam keadaan dingin, ikan yang digunakan pada sushi tidak mudah basi dan kesegarannya lebih terjaga.


3. Mie Soba



Sumber: Pergikuliner.com


Kita lanjut ke mie soba. Bagi beberapa orang yang belum pernah mencobanya, mie soba adalah mie dingin khas Jepang. Mie ini dibuat dari bahan dasar tepung gandum sehingga warna tampilannya agak kecoklatan. Di negara asalnya, yakni Jepang, mie soba dingin banyak disantap saat musim panas. Biasanya mie soba disajikan bersama dengan tempura atau gorengan. Selain cocok dinikmati dalam keadaan dingin, mie soba juga cocok disantap dalam keadaan panas.


4. Mango Sticky Rice



Sumber: Pergikuliner.com


Berikutnya ada mango sticky rice dari Thailand yang lebih enak jika disajikan dalam keadaan dingin. Mango sticky rice yang terbuat dari dua bahan utama, yakni mangga dan ketan. Mangga memang harus disajikan dingin supaya rasanya tetap segar. Sedangkan ketan sendiri di Indonesia lebih banyak disajikan dalam keadaan hangat. Tapi ketan yang dipadukan dengan mango sticky rice memang lebih enak disantap dalam keadaan dingin.

 

5. Pancake Durian



Sumber: Pergikuliner.com


Terakhir ada pancake durian. Selama ini pancake lebih dikenal sebagai kuliner yang enak disantap saat masih panas, meski penyajiannya bisa dengan es krim. Tapi lain halnya dengan pancake durian. Pancake durian punya lapisan pancake yang lebih mirip crepes alias tipis dan di dalamnya diisi dengan daging buah durian. Pancake durian justru lebih enak jika disajikan dalam keadaan beku.

 

Enak-enak bukan makanan yang disantap dingin-dingin? Dari kelimanya ini, kamu lebih suka menyantap yang mana nih, teman Pergikuliner!

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

Salad & Sushi 368

Foto Salad & Sushi 368
Foto Salad & Sushi 368

Abura Soba Yamatoten

Foto Abura Soba Yamatoten
Foto Abura Soba Yamatoten
Foto Abura Soba Yamatoten

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?