Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Satu, Ternyata Ada 5 Jenis Butter yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
13 September 2020 | 0 Komentar

Butter atau mentega merupakan salah satu bahan masakan yang sangat sering digunakan dalam beragam jenis kuliner. Mulai dari masakan hingga olahan dessert serta kue dan roti. Mentega ini dibuat dari bahan dasar krim susu atau lemak hewani yang diproses sedemikian rupa sehingga menjadi adonan padat. Mentega biasanya dijual dalam bentuk persegi yang bagian luarnya dilapisi dengan alumunium foil, baru kemudian dikemas dengan kemasan khusus. Mentega ini memiliki aroma yang lebih wangi jika dibandingkan dengan margarin yang dibuat dari lemak nabati. Aroma wanginya yang khas akan keluar saat dipanaskan. Menjadi salah satu bahan masakan yang banyak digunakan, ternyata mentega ini punya banyak jenisnya loh. Coba langsung saja kita cek di bawah ini jenis-jenis dari mentega, yaitu:


1. Salted Butter



Sumber: Shopify.com


Pertama ada salted butter yang merupakan mentega dengan cita rasa asin dikarenakan di dalamnya mengandung kandungan garam. Cita rasanya yang gurih ini memang sangat disukai. Jenis mentega ini banyak digunakan untuk menumis, mengolah masakan yang dipanggang, hingga dijadikan sebagai olesan pada roti serta pastry. Salted butter memiliki warna tampilan yang kuning agak pucat dengan tekstur yang lembut.


2. Unsalted Butter



Sumber: Tokopedia.net


Unsalted butter adalah jenis mentega yang merupakan kebalikannya dari salted butter karena unsalted butter adalah mentega yang sama sekali tidak memiliki rasa, apalagi rasa asin karena tidak ada kandungan garam di dalamnya. Unsalted butter memiliki kandungan lemak susu sekitar 80%. Biasanya unsalted butter ini digunakan untuk membuat kue kering atau cake yang cita rasanya manis.


3. Whipped Butter



Sumber: Barefeetinthekitchen.com


Sesuai dengan namanya, whipped butter adalah butter yang teksturnya mirip dengan whipped cream. Whipped cream mengandung nitrogen di dalamnya sehingga tingkat kepadatannya berkurang karena ada banyak gas di dalamnya. Titik didih whipped butter sangat rendah sehingga tidak bisa digunakan untuk memasak melainkan dijadikan sebagai olesan roti atau bahan hiasan cake.


4. Light Butter



Sumber: Pinimg.com


Selanjutnya ada light butter yang merupakan jenis butter yang memiliki kalori paling rendah jika dibandingkan butter lainnya karena hanya mengandung lemak sebanyak 50% saja. Selain lemak, di dalamnya terdapat kandungan air dan asam laktis. Hal ini membuatnya cepat meleleh dan menguap sehingga jarang digunakan untuk memasak, melainkan untuk dijadikan olesan atau bahan penghias kue.


5. European Butter



Sumber: Theshelbyreport.com


Terakhir ada european butter yang merupakan jenis mentega dengan kandungan lemak susu mencapai 82%. Berhubung kandungan lemak susunya tinggi, mentega ini banyak digunakan dalam adonan kue. Dengan menambahkan european butter, maka hasil cake akan menjadi lebih fluffy. Tekstur dari european butter ini cenderung padat dengan warna yang putih kekuningan pucat.

 

Sekarang kamu sudah tahu bukan kalau ada banyak jenis mentega yang perlu kamu ketahui. Dari kelimanya ini, menurutmu manakah yang paling lezat?

Jiwa Toast

Foto Jiwa Toast
Foto Jiwa Toast
Foto Jiwa Toast

Hang Tuah Kopi & Toastery

Foto Hang Tuah Kopi & Toastery
Foto Hang Tuah Kopi & Toastery

Toast Box

Foto Toast Box

Ohayou! Cheese Toast

Foto Ohayou! Cheese Toast
Foto Ohayou! Cheese Toast
Foto Ohayou! Cheese Toast

Malacca Toast

Foto Malacca Toast

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?