Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Pendamping yang Cocok Disantap dengan Semua Jenis Soto

List Artikel
6 Maret 2024 | 0 Komentar

Soto merupakan salah satu kuliner berkuah khas Indonesia yang paling banyak disukai masyarakat lokal. Pasalnya, soto memiliki rasa yang sangat gurih dan cocok disantap oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Saking populernya, ada banyak jenis soto di Indonesia. Bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki varian khasnya sendiri. Mulai dari soto Betawi, soto Lamongan, soto Bogor, soto Banjar, dan masih banyak lagi. Biasanya, soto disantap dengan nasi putih hangat untuk memberikan rasa kenyang. Buat yang suka pedas, soto bisa ditambahkan dengan sambal. Jadi, bisa dikatakan bahwa kuliner ini punya sifat cita rasa yang sangat fleksibel, bisa disantap gurih asin ataupun dalam keadaan pedas. Selain sambal, ternyata ada lima makanan pendamping lainnya yang cocok untuk disantap dengan semua jenis soto. Yuk, kita simak pembahasannya di bawah ini!

 

1. Perkedel Kentang



Sumber: pergikuliner.com


Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa perkedel kentang selalu menjadi makanan pendamping soto yang paling sering disantap. Perkedel kentang bisa dijumpai di piring kecil yang disajikan bersama dengan soto Lamongan hingga soto Betawi. Perkedel kentang dibuat dari bahan dasar kentang yang dikukus atau digoreng, lalu dihancurkan dan diberi campuran bumbu sebelum digoreng dengan baluran kocokan telur. Tekstur lembut yang dimiliki perkedel kentang sangat cocok disantap dengan soto dan nasi putih hangat.

 

2. Risol



Sumber: pergikuliner.com


Selain perkedel kentang, ada risol yang juga kerap kali disantap dengan soto, terutama soto mie Bogor. Risol yang digunakan sebagai makanan pendamping bukanlah risol modern dengan isian ragout, sayuran, ataupun smoked beef. Risol yang digunakan untuk makanan pendamping soto adalah risol yang memiliki isian bihun berbumbu. Mengapa risol bihun sangat cocok dengan soto? Hampir sebagian besar soto disajikan dengan bihun. Jadi, kalau memasukkan potongan risol bihun ke dalam soto maka cita rasanya tetap familiar bagi sebagian besar masyarakat.  

 

3.  Telur Rebus



Sumber: pergikuliner.com


Selanjutnya, ada telur rebus yang juga sering digunakan sebagai makanan pendamping soto. Ada dua jenis telur rebus yang biasanya digunakan, yaitu telur ayam dan telur burung puyuh. Dari keduanya, telur rebus ayam memang yang paling sering disajikan sebagai makanan pendamping soto. Telur ayam biasanya disajikan dengan dibelah menjadi dua dan diletakkan di atas soto, sedangkan telur burung puyuh biasanya dimarinasi dengan kecap terlebih dahulu lalu disajikan dalam bentuk sate agar lebih mudah disantap. Biasanya, terdapat empat sampai lima telur burung puyuh dalam satu tusukan sate.

 

4.  Aneka Sate Ungkep



Sumber: pergikuliner.com


Sate ungkep, selain populer dengan bubur ayam, juga menjadi pelengkap yang lezat untuk soto. Sate ini dibuat dari bahan dasar yang bervariasi lalu diungkep dengan bumbu kuning dan digoreng hingga matang dan garing. Bahan dasar yang digunakan bisa berupa ampela, hati, usus, kerang, telur, dan sebagainya. Ketika disajikan bersama soto yang memiliki kuah hangat dan rempah yang kaya, kontras antara rasa gurih dan variasi tekstur sate ungkep dengan rasa segar soto menciptakan kombinasi yang meningkatkan kenikmatan saat menyantap soto.

 

5. Tempe dan Tahu Goreng



Sumber: pergikuliner.com


Makanan pendamping terakhir yang cocok disantap dengan soto adalah tempe dan tahu goreng. Tempe dan tahu goreng menjadi makanan pendamping yang disukai banyak orang karena kandungan protein nabatinya. Tempe dan tahu goreng yang paling sering disantap bersama soto adalah yang polos alias tanpa diberikan lapisan tepung. Biasanya, tempe dan tahu goreng hanya akan dibumbui garam terlebih dahulu sebelum digoreng hingga matang. Namun, ada juga gerai soto yang menyajikan tempe dan tahu goreng tepung untuk memberikan variasi rasa yang berbeda.



Setelah mengetahui berbagai macam makanan pendamping yang cocok disantap dengan soto, tentu menjadi lebih menarik untuk menjelajahi variasi cita rasa yang ditawarkan oleh kuliner Indonesia ini. Kalau kamu sendiri, lebih suka menyantap soto dengan makanan pendamping apa? Buat kamu yang suka menyantap soto, di bawah ini ada beberapa rekomendasi gerai soto enak yang bisa kamu kunjungi!

Soto Ayam Ambengan Cak Jito

Foto Soto Ayam Ambengan Cak Jito
Foto Soto Ayam Ambengan Cak Jito
Foto Soto Ayam Ambengan Cak Jito

Soto Mie Kota Udang

Foto Soto Mie Kota Udang
Foto Soto Mie Kota Udang
Foto Soto Mie Kota Udang

Soto Kudus Senayan

Foto Soto Kudus Senayan
Foto Soto Kudus Senayan
Foto Soto Kudus Senayan

Soto Madura Bpk H. Ngatidjo

Foto Soto Madura Bpk H. Ngatidjo
Foto Soto Madura Bpk H. Ngatidjo
Foto Soto Madura Bpk H. Ngatidjo

Warung Soto Ceker & Ranjau Pak Gendut

Foto Warung Soto Ceker & Ranjau Pak Gendut
Foto Warung Soto Ceker & Ranjau Pak Gendut
Foto Warung Soto Ceker & Ranjau Pak Gendut

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?