Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Varian Okonomiyaki yang Keunikan Rasanya Berbeda-beda

List Artikel
4 Agustus 2023 | 0 Komentar

Okonomiyaki merupakan salah satu kuliner khas Jepang yang dikenal sebagai jajanan kaki lima. Kamu bisa menjumpai kuliner ini dijual di gerobak pinggir jalan di Jepang. Okonomiyaki dijuluki sebagai pancake atau kue dadar khas Jepang karena memang bentuknya yang mirip dengan dadar. Bahan dasar pembuatan dari okonomiyaki adalah tepung terigu yang di dalamnya dicampurkan dengan aneka sayur-sayuran seperti kubis, daun bawang, hingga makanan laut seperti gurita, cumi, dan udang.


Nantinya setelah semua adonan dicampur rata, okonomiyaki dimasak dalam sebuah wajan datar. Setelah matang, okonomiyaki akan disajkan dengan mayones, saus cabai, rumput laut bubuk, dan katsuoboshi. Rasa dari okonomiyaki sangat gurih dan lezat dengan perpaduan tekstur kenyal dan lembut saat disantap. Okonomiyaki menjadi kuliner favorit yang tak hanya disukai di negara asalnya, tapi juga di Indonesia. Namun, masih banyak yang belum tahu bahwa ternyata okonomiyaki memiliki banyak varian. Ini dia 5 varian okonomiyaki yang perlu kamu ketahui!

 

1. Okonomiyaki Osaka



Sumber: grabfood.com


Varian okonomiyaki yang pertama adalah okonomiyaki Osaka. Osaka menjadi salah satu kota di Jepang yang dikenal akan okonomiyaki enaknya. Varian okonomiyaki Osaka ini yang paling sering dijual di luar negeri, termasuk di Indonesia. Okonomiyaki Osaka memilki ciri khas tambahan parutan ubi Jepang di dalamnya sehingga menimbulkan tekstur yang unik. Ciri khas lainnya adalah adanya tambahan seafood yang sangat lengkap. Okonomiyaki Osaka rasanya tidak akan lengkap tanpa adanya isian daging gurita yang sudah direbus dan dicincang terlebih dahulu. Dalam proses pembuatannya, okonomiyaki Osaka mencampur tepung dan telur dengan sayuran terlebih dahulu baru diberi air kaldu. Inilah yang membuat teksturnya menjadi lebih garing.

 

2. Okonomiyaki Hiroshima



Sumber: japan.recipetineats.com


Selain okonomiyaki Osaka, ada okonomiyaki Hiroshima yang juga tak kalah populernya. Ciri khas dari okonomiyaki Hiroshima ini adalah adanya tambahan mie soba yang menjadi salah satu lapisan di dalamnya. Sedangkan untuk bahan-bahan pembuatan lainnya, tak jauh berbeda dengan okonomiyaki Hiroshima. Keunikan dari okonomiyaki Hiroshima adalah cara membuatnya yang sengaja dibuat berlapis. Satu adonan didadar terlebih dahulu dan setelah agak matang, adonan dibalik dan ditimpa dengan adonan lainnya. Nantinya, lapisan terakhir akan diberi telur ayam yang sudah dikocok. Penyajiannya tak jauh berbeda dari okonomiyaki Osaka, karena sama-sama diberi siraman saus khusus dan rumput laut bubuk serta beni shoga atau acar jahe merah.

 

3. Modanyaki



Sumber: zenbu.co.id


Selanjutnya, ada modanyaki yang merupakan turunan dari okonomiyaki Osaka dan Hiroshima. Modanyaki yang berasal dari Tokyo ini memadukan banyak kuliner ke dalamnya, karena ada perpaduan dari okomiyaki dengan yakisoba atau udon ke dalamnya. Jadi, adonan akan dibuat layaknya membuat okonomiyaki Osaka seperti biasa tetapi bahan-bahan yang digunakan mirip dengan okonomiyaki Hiroshima karena adanya tambahan yakisoba di dalam adonannya. Bentuk dan ukurannya terbilang cukup besar jika dibandingkan dengan okonomiyaki kebanyakan.

 

4. Monjayaki



Sumber:okonomiyakitchen.com


Varian okonomiyaki yang satu ini bernama monjayaki. Sebenarnya untuk varian ini, bahan-bahan dasar yang digunakan tidaklah jauh berbeda dari okonomiyaki kebanyakan karena sama-sama menggunakan adonan tepung, irisan sayuran, daging, hingga seafood. Tapi yang membedakannya adalah teksturnya. Monjayaki memiliki adonan yang sengaja dibuat agak encer sehingga saat dimasak hingga matang, teksturnya ini tidak padat, melainkan mirip dengan keju yang meleleh. Karena teksturnya yang mirip keju leleh, tak jarang monjayaki ini juga ditambahkan keju lagi di dalam adonannya.

 

5. Negiyaki



Sumber: ytimg.com


Varian okonomiyaki yang terakhir adalah negiyaki. Varian okonomiyaki ini berbeda karena sebagian bahan-bahan yang digunakan tak sama dengan kebanyakan okonomiyaki. Jika biasanya okonomiyaki dibuat dengan campuran sayur-sayuran kubis dan daun bawang, negiyaki hanya menggunakan irisan daun bawang dalam jumlah cukup banyak. Selain itu, adonan negiyaki tidak menggunakan seafood di dalamnya, melainkan cincangan daging sapi, daging ayam, atau daging babi. Meski bahan-bahannya jauh lebih sederhana, aromanya sangat khas karena menggunakan banyak daun bawang.

 

Bagaimana menurut kamu mengenai beragam varian okonomiyaki yang ada di atas? Manakah yang paling kamu suka? Buat yang ingin mencicip aneka jajanan kaki lima Jepang, kamu bisa mendatangi salah satu rekomendasi gerai makanan yang ada di bawah ini!

Momokino

Foto Momokino
Foto Momokino
Foto Momokino

Tako Buranko

Foto Tako Buranko
Foto Tako Buranko
Foto Tako Buranko

Takoyaki Corner

Foto Takoyaki Corner
Foto Takoyaki Corner
Foto Takoyaki Corner

Naruto Takoyaki

Foto Naruto Takoyaki
Foto Naruto Takoyaki
Foto Naruto Takoyaki

Japanese Grilled Food

Foto Japanese Grilled Food
Foto Japanese Grilled Food
Foto Japanese Grilled Food

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?