Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Jajanan Es Tradisional yang Mulai Hilang Ditelan Zaman!

List Artikel
4 April 2016 | 0 Komentar

Kamu yang berasal dari generasi 90'an, masih ingat dengan es tradisional semasa kecil dulu? Beberapa es tradisional yang dulu bisa dengan mudah ditemui di sekolah atau di jalan, sekarang sudah cukup sulit untuk ditemukan. Es tradisional apa saja ya yang sudah mulai hilang ditelan zaman? Yuk, kita cari tahu sama-sama.



1. Es Potong



Sumber: jalan2.com


Es krim dengan bentuk memanjang ini memang sudah jarang ditemui walaupun masih ada yang menjual di daerah-daerah tertentu. Penamaan es potong disebabkan es krim yang berbentuk memanjang dipotong menjadi beberapa bagian sebelum dimakan. Es yang memiliki banyak varian rasa ini sangat digemari anak-anak maupun orang dewasa di era 90-an.



2. Es Gabus



Sumber: www.nccmarket.com


Es gabus paling enak diisap sambil jalan pulang sekolah, teksturnya yang lembut dan manis membuat es ini digemari anak-anak. Warnanya juga sangat menarik mata, pink, kuning, hijau, ungu, warna-warna yang bisa menarik perhatian seorang anak kecil. Tapi saat ini es gabus sudah sangat jarang ditemui.



3. Es Tong-Tong atau Es Tung-Tung



Sumber: www.online-instagram.com


Tung..tung..tung bunyi tukang es yang berasal dari sebuah kentongan yang khas dari es tong-tong. Es yang di disimpan didalam sebuah gentong ini memang sangat enak, es tong-tong ini banyak sekali penggemarnya lho. Es tong tong bisa dimakan bersama dengan roti atau cone.



4. Es Serut



Sumber: ngalam.co


Nah, es yang satu ini dibuat dengan es yang diserut dan dicetak dengan cetakan berbentuk bulat. Setelah dicetak dan diberi bambu sebagai pegangan untuk memakannya, kemudian es serut diberi sirup warna warni sebagai perasa dan penghias, warna-warni itulah yang menjadi daya tarik dari es serut. Saat ini sudah sangat sulit menemui penjual es serut.



5. Es Lilin



Sumber: www.resepmasakanindonesia.me


Masih ada yang ingat dengan es lilin? Nah, es yang satu ini bentuknya panjang dan warnanya pun menarik, biasanya es lilin mempunyai rasa strawberry, duren, susu, coklat dan sangat disukai anak-anak pada umumnya.



6. Es Goyang



Sumber: www.bintang.com


Es krim ini rasanya enak dan ada beberapa rasa yaitu, vanilla, coklat, kacang hijau, coklat, dan masih banyak lagi. Biasanya coklat cair dan kacang ditambahkan sebagai topping pada es goyang. Penamaan es goyang disebabkan dalam pembuatannya, si penjual selalu mengoyang-goyangkan gerobaknya sebelum es diambil di dalam cetakan.


Raymond Lim

Foto Raymond Lim
Foto Raymond Lim
Foto Raymond Lim

Es Krim Om Karawaci

Foto Es Krim Om Karawaci
Foto Es Krim Om Karawaci
Foto Es Krim Om Karawaci

LIN Artisan Ice Cream

Foto LIN Artisan Ice Cream
Foto LIN Artisan Ice Cream
Foto LIN Artisan Ice Cream

Soft Ice Cream

Foto Soft Ice Cream

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?