Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Manfaat Ikan Gurame untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

List Artikel
31 Maret 2016 | 0 Komentar

Ikan gurame adalah ikan asli perairan Indonesia yang hidup di air tawar. Rasanya nikmat saat diolah menjadi masakan. Namun, tahukah kamu kalau ternyata di balik rasanya yang nikmat, ikan gurame menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Bahkan, ikan gurame mengandung gizi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan air tawar lainnya. Nah berikut ini ada beberapa manfaat ikan gurame untuk kesehatan tubuh, antara lain:


1. Mempercepat penyembuhan luka

Protein pada ikan gurame mempunyai fungsi membantu pembekuan darah jika terjadi luka, karena kandungan unsur fibrinogen dan tromboplastin. Ketika kamu jatuh dan terluka, maka darah akan keluar dari kulit. Nah untuk itu tubuh memerlukan sistem pembekuan darah untuk menghentikan luka tersebut. Di sini fungsi tromboplastin bekerja. Setelah itu fibrinogen membantu dengan membentuk jaringan baru sebagai pengganti jaringan rusak akibat proses jatuh tadi. Dengan adanya stimulus fibrinogen yang banyak, maka kesembuhan luka juga semakin cepat.


2. Mengurangi kemungkinan penyakit degeneratif

Penyakit degeneratif adalah penyakit yang biasa dialami saat usia tua, atau biasa disebut penyakit menua. Beberapa penyakit yang termasuk degeneratif adalah tekanan darah tinggi, jantung koroner, dan kanker. Ikan gurame dipercaya memiliki nutrisi yang cukup untuk meminimalisir risiko penyakit degeneratif.


3. Membantu perkembangan otak

Salah satu manfaat ikan gurame adalah membantu perkembangan otak. Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan gurame dipercaya dapat membantu perkembangan sel otak, terutama untuk usia anak-anak.


4. Membantu pertumbuhan otot

Tidak hanya membantu pertumbuhan otak, mengonsumsi ikan gurame dipercaya juga dapat membantu pertumbuhan otot. Ikan gurame mengandung kadar protein yang tinggi yang sangat baik untuk pertumbuhan otot.


5. Sumber energi

Manfaat lain ikan gurame adalah kandungan asam amino di dalamnya yang dapat menjadi sumber energi atau energi pengganti dari bagian tubuh yang mengalami kerusakan.


6. Menghaluskan kulit

Sudah banyak krim atau alat kosmetik yang di dalamnya terkandung protein. Mengapa? Karena salah satu fungsi protein adalah untuk membantu meregenerasi kulit. Protein akan lebih baik penyerapanya jika diolah di dalam tubuh. Sehingga untuk perempuan yang mendambakan kulit halus dan cantik, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan gurame.


Talaga Sampireun

Foto Talaga Sampireun

Radja Gurame

Foto Radja Gurame
Foto Radja Gurame
Foto Radja Gurame

Gubug Makan Mang Engking

Foto Gubug Makan Mang Engking

Waroeng Sunda

Foto Waroeng Sunda

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?