Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Salad Tradisional khas Jawa yang Menyehatkan

List Artikel
10 Agustus 2022 | 0 Komentar

Salad tradisional khas Jawa yang menyehatkan ada banyak variasinya. Salad merupakan makanan yang dibuat dari bahan dasar sayur-sayuran dan  buahan yang disiram dengan saus khusus. Salad aslinya berasal dari Romawi Kuno dan banyak dijumpai di negara-negara Eropa dan Amerika. Tapi selain di negara-negara tersebut, salad juga bisa dijumpai di Indonesia, terutama di Jawa. Salad tradisional khas Jawa memiliki ciri khas yang berbeda dibanding dengan salad ala Romawi Kuno. Salad tradisional khas Jawa  dibuat dengan sayur-sayuran yang dicampur bumbu saus khusus. Bumbu khusus inilah yang menjadikan rasanya berbeda dan unik. Di bawah ini ada beberapa salad tradisional khas Jawa yang paling populer, yuk cek satu-satu!

 

1. Karedok



Sumber: Kompasiana.com


Salad tradisional khas Jawa yang pertama adalah karedok. Karedok berasal dari Jawa Barat. Bahan dasar pembuatannya adalah sayur-sayuran seperti kacang panjang, kemangi, kubis, tauge, terong, hingga mentimun. Semua bahan diiris kecil-kecil lalu disiram dengan saus kacang khusus. Berhubung disajikan dalam keadaan masih mentah, maka tekstur dari sayur-sayuran masih garing dan terasa renyah.


2. Urap



Sumber: Rasabunda.com


Urap menjadi salad tradisional khas Jawa yang bisa dengan mudah dijumpai di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Urap dibuat dari bahan campuran sayur-sayuran seperti kacang panjang, kubis, kubis, tauge, kangkung, dan bayam. Semua sayur-sayuran tersebut direbus atau dikukus lalu dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan kelapa parut yang dibumbui dan dikukus hingga matang.Untuk bumbu kelapa parutnya ada bawang putih, kencur, daun jeruk, garam, gula, dan cabai merah.


3. Trancam



Sumber: Detik.net.id


Trancam sekilas memang mirip dengan urap karena sama-sama dibuat dari bahan dasar sayur-sayuran dan kelapa parut. Hanya saja perbedaannya adalah karena trancam dibuat dari sayur-sayuran mentah. Jenis sayuran yang digunakan sama seperti sayuran yang digunakan pafa urap. Setelah sayuran dicuci bersih dan diiris tipis-tipis, sayuran akan diberi kelapa parut yang dibumbui lalu dikukus hingga matang selama beberapa menit. Meski bahan-bahannya mirip, trancam memiliki rasa yang berbeda dibanding urap.


4. Pecel Sayur


Sumber: Pergikuliner.com


Pecel sayur merupakan salah satu salad tradisional khas Jawa. Meski asalnya dari Jawa Timur, tapi pecel sayur juga banyak dijumpai di daerah Jawa Tengah. Pecel sayur ini dibuat dari sayur-sayuran seperti tauge, kubis, kacang panjang,kangkung, dan bayam.Beberapa daerah di Jawa Timur ada yang menambahkan kembang turi di dalamnya. Setelah semua sayuran direbus hingga matang akan disiram dengan saus kacang. Selain sayur-sayuran, pecel sayur juga seringkali diberi tambahan nasi dan rempeyek.


5. Rujak Cingur



Sumber: Promediateknologi.com


Rujak cingur adalah salad tradisional khas Jawa yang memiliki ciri khas aroma dan rasa unik. Rujak cingur merupakan kuliner khas Surabaya, Jawa Timur. Rujak cingur dibuat dari bahan dasar moncong sapi yang direbus lalu diiris dan dicampur dengan aneka sayur-sayuran dan buah-buahan sehingga memiliki rasa dan tekstur yang berbeda. Jenis buah-buahan yang dicampur di dalamnya ada mangga muda hingga bengkoang. Rujak cingur kemudian disiram dengan saus khusus yang terbuat dari kacang tanah, terasi, dan gula.


6. Lotek



Sumber: Dapurmasak.com


Salad tradisional khas Jawa yang terakhir ada lotek. Banyak orang yang salah mengenali lotek dengan gado-gado. Padahal keduanya ini berbeda. Lotek adalah kuliner asal Sunda. Lotek dibuat dengan bahan campuran sayur-sayuran yang disiram dengan saus kacang. Saus kacang ini seringkali ditambahkan tempe dalam saus kacangnya, lalu ada terasi dan gula merah sehingga rasanya jauh lebih manis.

 

Itulah beberapa salad tradisional Jawa yang menyehatkan. Jika kamu ingin mencicip aneka masakan Indonesia dengan rasa yang enak, datang langsung saja ke salah satu rumah makan di bawah ini!

Gado - Gado Cemara

Foto Gado - Gado Cemara
Foto Gado - Gado Cemara
Foto Gado - Gado Cemara

Gado Gado Ria

Foto Gado Gado Ria
Foto Gado Gado Ria
Foto Gado Gado Ria

Gado - Gado Boplo

Foto Gado - Gado Boplo
Foto Gado - Gado Boplo
Foto Gado - Gado Boplo

Gado - Gado Metropole

Foto Gado - Gado Metropole
Foto Gado - Gado Metropole
Foto Gado - Gado Metropole

Pecel Pincuk Ibu Ida

Foto Pecel Pincuk Ibu Ida
Foto Pecel Pincuk Ibu Ida
Foto Pecel Pincuk Ibu Ida

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?