Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Makan Sushi Ternyata Banyak Manfaatnya Lho!

List Artikel
23 Juli 2015 | 0 Komentar
Kebanyakan orang selalu menjadikan sushi sebagai makanan favoritnya. Siapa coba yang suka makan sushi? Kuliner Jepang yang satu ini memang sangat populer di seluruh dunia. Hidangan yang sangat digemari di Indonesia ini merupakan hidangan yang mengkombinasikan ikan mentah dengan nasi dan beberapa bumbu pelengkap lainnya.

Nah, karena sushi menggunakan ikan mentah sebagai bahan utamanya, sudah barang tentu bahwa sushi memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. Sushi mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuhmu, begitu juga dengan makanan-makanan pendamping sushi lainnya. Nah, bahan-bahan dan makanan pendamping apa sih dalam sushi yang memiliki kandungan gizi yang tinggi? Check It out!


Ikan


Sumber: Wonderopolis

Bahan utama sushi yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Daging ikan segar sangat kaya akan asam lemak omega 3. Selain itu, daging ikan juga mengandung berbagai nutrisi lainnya yang dapat menyehatkan sistem saraf serta kardiovaskular. Tak hanya itu saja, ikan juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah darah tinggi.


Cuka Beras


Sumber: Food & Wine

Kamu tahu kan kalau nasi yang digunakan dalam sushi adalah nasi yang telah dibumbui dengan cuka beras? Cuka beras tersebut digunakan agar cita rasa sushi sedikit asam dan juga untuk meningkatkan cita rasa dari daging ikan yang digunakan dalam susi. Lalu apa manfaatnya? Nah, cuka beras ini memiliki efek antibakteri yang sangat tinggi serta bermanfaat untuk menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuhmu.


Nori



Beberapa jenis sushi menggunakan nori atau rumput laut untuk membungkus nasi, seperti sushi roll. Nori atau rumput laut kering yang digunakan dalam sushi tersebut kaya akan vitamin, mineral, dan iodine yang dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh kamu.


Gari


Sumber: 21 Food

Siapa yang nggak tahu gari? Gari atau yang biasa dikenal dengan nama acar jahe ini biasanya dihidangkan sebagai makanan pendamping sushi. Jangan lupa untuk selalu memakan gari ini ya karena acar yang istimewa ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh serta dapat mencegah penyakit flu dan batuk.


Shoyu



Makan sushi tentu nggak lengkap rasanya tanpa menggunakan shoyu alias kecap asin. Shoyu mengandung protein dan zat besi yang tinggi. Shoyu bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuhmu dan juga dapat membunuh bakteri yang bersarang dalam lambung.


Wasabi



Wasabi biasanya digunakan untuk menambah cita rasa pedas pada sushi. Kamu suka memakannya bersama sushi? Nah, wasabi yang sering kamu makan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung banyak vitamin C dan juga zat-zat antibakteri.


Ocha


Sumber: Viva

Ternyata orang Jepang memiliki alasan tersendiri mengapa mereka selalu meminum segelas ocha atau teh hijau setelah menyantap sushi. Minuman yang satu ini ternyata sangat baik bagi pencernaan. Ocha juga mengandung zat antioksidan catechin yang sangat efektif dalam membunuh bakteri vibrio, yakni bakteri yang sering menyebabkanmu keracunan setelah makan.

Gimana? Jadi makin suka kan makan sushi? Biar tubuhmu makin sehat, makan sushi yuk di restoran-restoran sushi berikut ini!

Sushi Joobu

Foto Sushi Joobu
Foto Sushi Joobu
Foto Sushi Joobu

Poke Sushi

Foto Poke Sushi
Foto Poke Sushi
Foto Poke Sushi

Sushi Masa

Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?