Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Varian Pastry Terfavorit di Indonesia Ini Cocok Jadi Bingkisan Natal

List Artikel
10 Desember 2023 | 0 Komentar

Pastry, salah satu jenis kue yang memikat, dikenal dengan lapisan luar yang renyah, menjadikannya unik dibandingkan dengan kebanyakan kue lainnya. Adonan pastry biasanya terbuat dari campuran tepung, telur, dan mentega dalam proporsi yang cukup berlimpah. Penggunaan mentega yang melimpah memberikan sentuhan garing pada teksturnya. Nama "pastry" berasal dari kata "patisserie" dalam bahasa Perancis yang berarti kue. Perbedaannya dengan bakery terletak pada bahan, cara pembuatan, dan tekstur kue itu sendiri.


Meski demikian, keunikan pastry tidak hanya terletak pada faktor itu saja, melainkan juga pada estetika yang mengagumkan. Sebagai pilihan bingkisan Natal, pastry hadir dalam berbagai variasi yang cantik dan cocok untuk diberikan kepada orang tersayang. Berikut adalah beberapa varian pastry terfavorit di Indonesia yang sangat sesuai sebagai hadiah Natal, yuk simak siapa tahu bisa jadi rekomendasi buat kamu!


1. Croissant



Sumber: Pergikuliner.com


Buat yang sering mampir ke kedai kopi pastinya sudah tidak asing lagi dengan varian pastry yang satu ini. Pasalnya croissant lebih sering muncul di kedai kopi jika dibandingkan dengan toko kue. Croissant dinilai sangat cocok untuk disantap bersama dengan minuman kopi. Jika memesan minuman kopi dingin, maka Teman Kuliner bisa menyantapnya berdampingan, tapi jika memesan kopi hangat, maka croissant bisa disantap dengan cara dicelupkan terlebih dahulu ke dalam kopi hangat tersebut. Croissant memiliki ciri khas bentuknya yang mirip bulan sabit.


2. Choux


Sumber: Pergikuliner.com


Kalau varian pastry yang satu ini juga kerap kali dijumpai di toko kue dan isian snack box. Choux memiliki bentuk yang mirip dengan kue sus karena berbentuk bulat dan bagian atasnya yang berkerut dengan bagian tengah yang memiliki isian krim. Untuk cara pembuatan choux ini terbilang cukup rumit karena berbeda dari pembuatan pastry lainnya. Adonan choux harus dimasak terlebih dahulu baru kemudian dipanggang hingga matang. Baru setelah matang, choux akan dibelah tengahnya dan diberi isian krim sesuai dengan selera.


3. Short Pastry



Sumber: Pergikuliner.com


Tak jauh berbeda dari choux yang banyak dijumpai di toko kue, short pastry juga bisa dengan mudah Teman Kuliner jumpai di sana. Di antara kelima varian pastry terfavorit di Indonesia, short pastry memiliki tampilan yang paling cantik karena bagian atasnya biasanya diberi hiasan topping aneka buah-buahan segar sehingga warna-warnanya jadi lebih menarik. Short pastry sebenarnya adalah pai yang mengandung lebih banyak lemak dibanding air, jadi teksturnya lebih garing dan rasanya juga lebih gurih.


4. Danish Pastry



Sumber: Pergikuliner.com


Selain short pastry, danish pastry juga memiliki tampilan yang cantik karena ada beberapa danish pastry yang sengaja disengaja dengan aneka buah-buahan segar dan ditaburi lagi dengan gula bubuk sehingga tampilannya sangat cocok jika dijadikan sebagai bingkisan Natal. Selain dengan topping buah, danish pastry juga sering diisi dengan selai dan pasta cokelat. Danish pastry menggunakan ragi dalam pembuatanya sehingga teksturnya akan lebih berongga dan lebih lembut pada bagian dalamnya. Pastry ini memiliki bentuk yang beragam. Ada yang berbentuk seperti kincir angin, kotak, hingga bulat.

 

5. Strudel



Sumber: bhg.com


Varian pastry terfavorit di Indonesia yang terakhir adalah strudel. Strudel sebenarnya dibuat dari bahan dasar puff pastry yang dibentuk kotak panjang lalu di dalamnya diisi dengan berbagai macam isian. Ada yang mengisinya dengan daging cincang yang sudah dibumbui dan ada juga yang mengisinya dengan buah-buahan yang dicampur dengan gula pasir, kayu manis, dan vanili. Kue asal Austria konon sudah ada sejak tahun 1600-an. Di Indonesia, strudel lebih dikenal sebagai oleh-oleh karena banyak dijumpai di toko oleh-oleh ketimbang toko kue.

 

Itulah varian pastry terfavorit di Indonesia yang cocok untuk dijadikan sebagai bingkisan Natal. Semoga dengan adanya informasi di atas bisa menjadi inspirasi Teman Kuliner saat akan memilih bingkisan untuk Natal nanti. Buat yang bingung ingin membeli bingkisan Natal di mana, Teman Kuliner bisa mampir ke salah satu toko kue yang ada di bawah ini!

Becca's Bakehouse

Foto Becca's Bakehouse
Foto Becca's Bakehouse
Foto Becca's Bakehouse

Chouxlala

Foto Chouxlala
Foto Chouxlala
Foto Chouxlala

Boens Soes

Foto Boens Soes
Foto Boens Soes
Foto Boens Soes

Baker Man

Foto Baker Man
Foto Baker Man
Foto Baker Man

Oui! Croissant Bar

Foto Oui! Croissant Bar
Foto Oui! Croissant Bar
Foto Oui! Croissant Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?