Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Bahan Makanan Tahan Lama yang Tak Mudah Kadaluarsa

List Artikel
4 Oktober 2017 | 0 Komentar

Setiap makanan memiliki kadar kadaluarsanya masing-masing, ada yang hanya bertahan satu hari, ada juga yang bertahan dalam hitungan bulanan bahkan tahun. Makanan biasanya disimpan dalam lemari es agar tidak cepat kadaluarsa. Tapi ada juga makanan yang tidak mudah kadaluarsa meski tak dimasukkan dalam lemari es. PergiKuliner sudah merangkum tujuh bahan makanan yang ternyata tak mudah kadaluarsa meski disimpan dalam waktu yang cukup lama dalam ruangan terbuka. Yuk, intip!

 

1. Cokelat



Sumber : pergikuliner.com


Cokelat termasuk dalam jajaran makanan favorit di dunia. Meski tergolong dalam makanan yang tak mudah kadaluarsa, tak semua cokelat bisa awet alias tahan lama. Hanya cokelat hitam atau dark chocolate yang tak mudah kadaluarsa, sedangkan jenis milk chocolate dan white chocolate lebih cepat kadaluarsa karena terdapat bahan campuran seperti susu di dalamnya.

 

2. Madu



Sumber : familinia.com


Percayakah kamu kalau madu murni bisa bertahan dalam hitungan tahun. Pada tahun 2015, para arkeolog menemukan madu berusia 3000 tahun saat menggali makan di Mesir. Madu tersebut tidak berbau dan masih bisa dimakan. Madu mengandung hydrogen peroksida yang bisa menghambat pertumbuhan mikroba. Madu bisa bertahan lama jika disimpan dalam toples kaca atau toples yang terbuat dari tanah liat untuk mencegah timbulnya bakteri.

 

3. Kecap


Sumber: fussfreecooking.com


Kecap menjadi bahan makanan yang banyak digunakan sebagai pemanis masakan. Jika disimpan dengan benar, kecap bisa bertahan sekitar tiga hingga lima tahun lamanya. Ketahanan kecap ini tergantung pada jenis kecap dan komposisi yang digunakan. Kombinasi kandungan garam di dalamnya bisa menjaga agar kacang kedelai yang difermentasikan bisa bertahan lama. Kecap lebih bagus disimpan dalam wadah tertutup untuk mengurangi timbulnya bakteri jamur.

 

4. Kacang dan Buah Kering


Sumber: livestrongcdn.com


Bukan tanpa alasan kalau kacang dan buah sengaja dikeringkan. Hal ini dikarenakan kacang dan buah yang dikeringkan bisa bertahan lebih lama. Kacang dan buah yang dikeringkan akan meningkatkan kadar gula dan menurunkan kadar airnya sehingga membuat bakteri dan jamur tidak bisa tumbuh. Jika disimpan dalam wadah kedap udara, kacang dan buah kering bisa bertahan hingga bertahun-tahun dan nilai gizinya masih tetap terjaga.

 

5. Beras


Sumber: sgimage.detik.com


Beras bisa bertahan lama hingga 30 tahun jika disimpan dengan temperatur yang tepat. Suhu yang baik untuk menjaga beras tetap awet adalah suhu rendah sekitar 3 derajat celcius. Simpan beras dalam wadah tertutup namun usahakan masih ada sedikit oksigen di dalamnya. Jenis beras putih akan bertahan lebih lama dibanding beras merah. Tingginya bekatul pada beras merah yang mengandung lemak tak jenuh bisa berubah beras jadi cepat tengik.

 

6. Garam dan Gula


Sumber: kinja.com


Makanan yang mengandung gula dan garam yang tinggi bisa bertahan lebih lama, jadi tak heran jika garam dan gula jika disimpan dengan benar bisa bertahan dalam waktu tahunan. Sederhananya, garam dan gula akan menarik air keluar sehingga bakteri yang mencoba tumbuh di atasnya jadi mengerut dan menghilang. Itulah sebabnya kenapa garam dan gula digunakan dalam beberapa proses fermentasi.

 

7. Wine


Sumber : standarmarket.com


Terakhir adalah wine minuman beralkohol yang terbuat dari hasil fermentasi buah. Minuman ini bisa bertahan hingga puluhan tahun lamanya jika disimpan dalam ruangan yang agak lembab. Oleh karena itu tak heran jika banyak orang Eropa dan Amerika yang menjadikan gudang bawah tanah mereka sebagai tempat menyimpan wine. Semakin lama wine disimpan, maka semakin nikmat rasanya.

 

Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja bahan makanan yang bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama. Nah, dari beberapa bahan makanan di atas, beberapa diantaranya sering dijadikan bahan makanan yang tentunya memiliki cita rasa yang enak. Jika kamu ingin mencicipinya, kamu bisa datang ke beberapa tempat di bawah ini!

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Honey Creme

Foto Honey Creme
Foto Honey Creme
Foto Honey Creme

Better Chocolate Than Never

Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never

Vita-Mine Smoothie Bar

Foto Vita-Mine Smoothie Bar
Foto Vita-Mine Smoothie Bar
Foto Vita-Mine Smoothie Bar

The Good Stuff

Foto The Good Stuff
Foto The Good Stuff
Foto The Good Stuff

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?