Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Camilan Khas India yang Bikin Penasaran Ingin Coba

List Artikel
15 November 2016 | 1 Komentar

Masakan India terkenal dengan bumbu-bumbunya yang berempah dan kaya akan rasa. Ada lebih dari lima rempah yang digunakan dalam satu masakan seperti bawang merah, kunyit, ketumbar, daun kari, ketumbar, dan masih banyak lagi. Penggunaan rempah-rempah tersebut membuat kuliner India memiliki aroma yang kuat dan khas. Aneka rempah tersebut tak hanya kamu jumpai pada makanan utama, tapi juga camilan-camilannya yang pastinya akan membuatmu penasaran ingin coba. Yuk, simak!



1. Samosa



Sumber: pergikuliner.com


Camilan ini menjadi salah satu camilan khas India yang terkenal di dunia. Samosa yang berbentuk segitiga ini dibuat dari kulit samosa yang diisi dengan cacahan kentang, bawang, kacang, daging ayam atau daging kambing yang dibumbui dengan bumbu kare. Bagian kulit samosa yang terbuat dari campuran tepung, telur, dan air ini membuatnya bertekstur garing saat digoreng. Di India, samosa disantap sebagai menu pembuka dengan chutney yang berkuah pedas.



2. Momo


Sumber: everestbasecamptrekguide.com


Sekilas camilan ini memang mirip dengan dimsum asal China. Momo merupakan camilan yang terbuat dari adonan tepung beras yang diisi dengan aneka sayuran lalu dibentuk seperti dimsum dan dikukus hingga matang. Sama seperti samosa, momo disantap dengan chutney agar rasanya menjadi pedas.



3. Jagung Masala



Sumber: indianvegetarianrecipes.org


Jagung masala merupakan camilan favorit anak-anak di India. Jagung masala ini terbuat dari jagung pipil yang direbus hingga matang lalu ditambahkan aneka bumbu seperti mentega, bubuk cabai, oregano kering, daun ketumbar, bubuk masala, serta air perasan jeruk lemon. Rasanya terdiri dari pedas, asam, dan manis yang bercampur menjadi satu.



4. Pakora



Sumber: harighotra.co.uk


Sama seperti Indonesia, India juga punya camilan gorengan yang disebut pakora. Pakora terbuat dari bawang, terung, cabai, dan kembang kol yang dicampur dengan adonan tepung lalu digoreng hingga garing dan matang. Pakora sering disantap sebagai camilan sore.



5. Dosa

Sumber: recipeshubs.com


Kue dadar tipis yang digulung menyerupai pipa ini merupakan kue dadar khas India. Dosa terbuat dari adonan tepung beras kental yang dituang di atas wajan datar lalu digulung atau dibentuk pipih saat masih panas. Rasanya tawar sehingga kamu harus menyantapnya dengan aneka saus khas India untuk menambah rasa.



6. Jalebi



Sumber: mapsofindia.com


Tak suka yang pedas-pedas? Kamu bisa mencoba camilan manis yang satu ini. Jalebi terbuat dari adonan tepung gandum yang digoreng berbentuk melingkar seperti obat nyamuk lalu disiram dengan sirup gula. Kalau tak suka sirup gula, kamu bisa menyantapnya dengan dicelup dalam susu hangat. Jalebi biasanya dihidangkan pada acara-acara khusus seperti ulang tahun, pernikahan, hingga acara festival.



7. Gulab Jamun



Sumber: ruchiskitchen.com

Satu lagi camilan manis khas India yang bentuknya mirip dengan biji salak dari Indonesia. Gulab Jamun terbuat dari susu yang diproses sedemikian rupa lalu dimasak dengan dengan sirup gula. Perpaduan susu dan gula membuat aromanya sangat menggoda.

Queen's Tandoor

Foto Queen's Tandoor
Foto Queen's Tandoor
Foto Queen's Tandoor

Abunawas

Foto Abunawas
Foto Abunawas
Foto Abunawas

Taj Mahal

Foto Taj Mahal
Foto Taj Mahal

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Tulis pendapat kamu di sini makasih...
A | 12 May 2017 pk. 02:42 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?