Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Jajanan Indonesia Berwarna Hijau yang Cocok Disantap dengan Teh

List Artikel
27 Maret 2022 | 2 Komentar

Jajanan Indonesia sangatlah bervariasi. Kamu bisa menjumpai lebih dari 100 jenis kue tradisional yang ada di negara kita ini. Pasalnya, masing-masing daerah selalu punya jajanan khasnya tersendiri yang berbeda dari daerah lainnya. Jadi tak heran kalau ada banyak varian kue tradisional dengan bentuk, aroma, dan rasa yang berbeda. Tapi jika diperhatikan dengan seksama, rata-rata jajanan khas Indonesia ini memiliki tampilan warna yang sama yakni berwarna hijau. Warna hijau yang ada pada jajanan Indonesia dihasilkan dari pewarna alami yakni dari campuran daun pandan atau daun suji. Selain membuat warnanya jadi lebih cantik, daun pandan dan suji ini juga bisa membuat aroma jajanan Indonesia menjadi lebih wangi. Di bawah ini ada tujuh jajanan Indonesia berwarna hijau yang cocok untuk disantap dengan minuman teh, yaitu:

 

1. Kue Putu



Sumber: popmama.com


Jajanan Indonesia yang pertama adalah kue putu. Kue ini dikenal sebagai jajanan malam karena memang lebih banyak dijumpai di malam hari. Pedagang kue putu biasanya baru mulai buka di sore hari hingga malam. Pasalnya kue putu disajikan dalam keadaan masih panas sehingga cocok disantap di malam hari yang dingin. Kue putu dibuat dari bahan dasar tepung beras yang diberi pewarna pandan lalu dikukus dengan batang bambu. Pada bagian tengahnya diberi gula merah sehingga nanti rasanya menjadi manis. Saat disajikan, kue putu akan diberi kelapa parut.  

 

2. Putu Ayu



Sumber: langsungenak.com


Ada kue putu, ada putu ayu. Keduanya ini memang kerap kali salah dikenali. Padahal dari segi bentuknya jauh berbeda. Jika kue putu berbentuk seperti tabung, putu ayu berbentuk seperti bunga karena dicetak degan cetakan berbentuk bunga. Pada bagian atasnya berwarna putih dari kelapa parut. Putu ayu dibuat dari tepung terigu, telur, gula, santan, dan air suji atau pandan yang nantinya akan dikukus bersama dengan parutan kelapa.

 

3. Dadar Gulung



Sumber: cookmeindonesia.com


Dadar gulung menjadi jajanan Indonesia selanjutnya yang juga cocok disantap dengan teh hangat. Dadar gulung sebenarnya bisa berwarna apa saja, tapi yang paling sering dijumpai atau warna originalnya adalah warna hijau. Dadar gulung dibuat dari tepung terigu, santan, dan air pandan atau suji. Nantinya adonan akan dibuat seperti crepes lalu di dalamnya akan diisi dengan parutan kelapa parut yang sebelumnya sudah dimasak dengan gula merah dan daun pandan sehingga aromanya wangi dan rasanya menjadi legit.

 

4. Klepon



Sumber: resepkekinian.com


Klepon menjadi jajanan Indonesia berwarna hijau selanjutnya yang juga banyak dijumpai. Jajanan ini memiliki ciri khas bentuknya yang bulat dan teksturnya yang legit. Pada bagian dalamnya akan ada cairan gula merah yang meleleh saat digigit. Sementara bagian luarnya diberi kelapa parut sehingga ada campuran rasa gurihnya. Klepon dibuat dengan bahan dasar tepung ketan yang dicampur dengan air pandan atau suji sehingga warnanya kehijauan.

 

5. Kue Talam



Sumber: resepkoki.id


Selanjutnya ada kue talam yang sering muncul di snack box. Jajanan Indonesia ini memiliki perpaduan warna hijau yang dominan serta ada campuran warna putih pada bagian atasnya sehingga tampilannya menjadi lebih cantik. Kue talam dibuat dari bahan dasar tepung beras yang dicampur dengan santan, gula pasir, dan air pandan untuk memberikan warna hijau yang alami. Sedangkan untuk bagian atasnya yang berwarna putih dibuat dari campuran tepung beras, santan, garam, dan gula.

 

6. Kue Lupis



Sumber: bukalapak.com


Meski bisa dengan mudah dijumpai di pasar tradisional, tapi keberadaan jajanan Indonesia ini lebih banyak dijumpai pada saat bulan Ramadhan karena sangat cocok untuk takjil atau makanan buka puasa. Kue lupis dibuat dari beras ketan yang dimasukkan ke dalam daun pisang dan dibentuk segitiga. Berbeda dari kue lainnya yang warna hijaunya dari daun pandan, warna hijau pada kue lupis dihasilkan dari daun pisang. Inilah yang membuat warna hijaunya tidak seterang jajanan Indonesia lainnya. Kue lupis biasanya disajikan bersama dengan parutan kelapa parut dan siraman saus gula merah.

 

7. Kue Mendut



Sumber: resepkoki.id


Terakhir ada kue mendut yang juga dijuluki dengan nama kue bugis. Jajanan Indonesia ini dibuat dari bahan dasar tepung ketan yang diberi pewarna daun suji lalu dicampur dengan santan dan dibentuk bulat. Pada bagian dalamnya diberi isian unti kelapa yang dibuat dari kelapa parut dan gula merah. Setelah itu, adonan akan dibungkus dengan daun pisang baru dikukus hingga matang.

 

Itulah beberapa jajanan Indonesia yang berwarna hijau dan cocok disantap dengan teh hangat. Dari semuanya, manakah yang paling inginkamu konsumsi saat ini? 

Putu Pisang Cibadak

Foto Putu Pisang Cibadak
Foto Putu Pisang Cibadak
Foto Putu Pisang Cibadak

Pukis & Bikang Karso

Foto Pukis & Bikang Karso
Foto Pukis & Bikang Karso
Foto Pukis & Bikang Karso

Fins Recipe

Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe

Rica Rico Cakery

Foto Rica Rico Cakery
Foto Rica Rico Cakery
Foto Rica Rico Cakery

Roti Srikaya Ajung

Foto Roti Srikaya Ajung
Foto Roti Srikaya Ajung
Foto Roti Srikaya Ajung

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
OFRKgVxLb
jlilliavitia@gmail.com | 27 Mar 2022 pk. 11:57 PM
Foto user umum
wcZCtHpFG
jlilliavitia@gmail.com | 27 Mar 2022 pk. 11:57 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?