Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat Setelah Pesta Daging

List Artikel
22 Agustus 2022 | 0 Komentar

Merasa pusing setiap habis makan daging? Kamu perlu waspada, bisa jadi itu pertanda kadar kolesterolmu naik. Untuk mengatasinya, cobalah rutin mengonsumsi jus buah dan sayur untuk menurunkan kadar kolesterol. Terutama selesai menyantap pesta daging qurban. Jus buah dan sayuran yang sehat dapat dibuat sendiri di rumah. Bahan-bahannya sangat gampang dan banyak dijual di pasar swalayan. Selain itu, jus buah dan sayur yang dibuat sendiri lebih terjamin kehigienisannya. Kamu pun bisa menyesuaikan menu jus dan sayuran dengan selera. Berikut adalah 7 rekomendasi jus penurun kolesterol paling cepat setelah pesta daging qurban. Simak ualasannya ya!



sumber: udaipurblog.com


1. Jus Apel

Buah apel mengandung zat polifenol di dalamnya. kandungan polifenol sangat efektif dalam mengelola kadar kolesterol. Sebagai tambahan info, bahaya kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu penyakit jantung dan stroke. Namun, menurut penelitian mengonsumsi satu gelas jus apel selama dua bulan dapat menurunkan kolesterol hingga 20 persen. Maka dari itu, jus apel sangat baik dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi, khususnya orang-orang yang menyantap daging cukup banyak.


2. Jus Wortel

Penderita kolesterol tinggi patut berhati-hati terhadap pola makan, sebab beberapa jenis makanan dapat memicu kolesterol. Namun, jika kamu termasuk orang-orang yang suka menyantap daging disarankan agar rutin mengonsumsi sayuran yang yang memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol. Salah satunya adalah wortel. Selain dikenal mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata, wortel ternyata memiliki zat flavonoid yang berperan dalam menurunkan kolesterol jahat.


3. Jus Pir

Alih-alih mengonsumsi obat-obatan kimia, penderita kolesterol tinggi dapat mengonsumsi buah-buahan alami sebagai langkah antisipasi setelah banyak mengonsumsi makanan lezat dari olahan daging. Salah satunya adalah mengimbangi dengan meminum jus pir. Buah pir termasuk buah yang kaya serat. Diketahui satu buah pir ukuran sedang mampu mencukupi 16 persen kebutuhan serat harian orang dewasa. Jenis serat yang terkandung dalam buah pir adalah pektin. Zat inilah yang diketahui yang mampu mengikat kadar kolesterol jahat dalam darah dan mengangkutnya keluar tubuh.


4. Jus Jambu Biji

Sama seperti buah pir, jambu biji juga memiliki serat alami yang tinggi. Jenis serat yang dimiliki adalah pektin. Dengan demikian, buah jambu biji tentu punya khasiat yang sama untuk membantu menurunkan kolesterol. Konsumsi jus jambu biji secara rutin, terutama setelah kamu menyantap banyak makanan dari olahan daging. Selain berguna untuk menurunkan kadar kolesterol, jambu biji diketahui memiliki manfaat lain seperti melancarkan saluran pencernaan, mencegah demam berdarah, melawan radikal bebas, menjaga kesehatan mata dan memperkuat daya imun tubuh.


5. Jus Delima

Jus delima diketahui memiliki kandungan antioksidan yang tinggi terutama polifenol. Bahkan antioksidan buah delima lebih tinggi dibanding buah lainnya. Hal tersebut tentu bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Namun sebagai catatan, konsumsilah jus delima tanpa tambahan gula sedikit pun. Sebab gula dapat menambah kalori sehingga manfaatnya menjadi berkurang untuk kolesterol. Konsumsi jus delima secara rutin setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik.


6. Jus Sayuran Hijau

Sayuran hijau termasuk bayam, kangkung dan kale dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan cepat. Hal ini berkat kandungan antioksidan dalam sayuran hijau yang mampu mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol, sehingga mencegah peningkatan kolesterol dalam darah. Kolesterol yang terlampau tinggi bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. Untuk itu, minimalisir resiko tersebut dengan rutin mengonsumsi sayuran hijau yang mengandung antioksidan alami. Terutama jika kamu suka mengonsumsi daging-dagingan dalam jumlah banyak.


7. Jus Pisang

Konsumsi buah pisang ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Hal ini dikarenakan buah pisang mengandung zat insulin yang bisa membantu menurunkan kolesterol yang didapat dari mengonsumsi makanan tertentu seperti daging. Selain bisa dimakan langsung buahnya, pisang juga nikmat dibuat menjadi jus. Terutama jika kamu kurang menyukai aromanya. Kamu bisa mengolah buah pisang menjadi jus segar yang dipadukan dengan apel, perasan lemon atau buah-buahan lainnya agar lebih kaya manfaatnya.


Itulah dia beberapa jus buah dan sayur penurun kolesterol yang bisa kamu konsumsi sehabis menyantap daging. Buat yang malas membuat jus buah sendiri, bisa langsung mampir ke tempat-tempat di bawah ini ya!

Sprouts Farms

Foto Sprouts Farms
Foto Sprouts Farms
Foto Sprouts Farms

Summer Minibar

Foto Summer Minibar
Foto Summer Minibar
Foto Summer Minibar

Hero Tang Tea

Foto Hero Tang Tea
Foto Hero Tang Tea
Foto Hero Tang Tea

Summer House

Foto Summer House
Foto Summer House
Foto Summer House

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?