Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan khas Timur Tengah yang Populer di Dunia

List Artikel
2 November 2021 | 0 Komentar

Makanan khas Timur Tengah selalu menjadi primadona yang bagi beberapa orang karena memiliki ciri khas rasa dan aroma makanan yang tak biasa. Makanan khas Timur Tengah biasanya dibuat dengan campuran banyak rempah-rempah yang aromanya cukup tajam. Beberapa rempah yang sering digunakan adalah jinten, kapulaga, pala, lada, ketumbar, kayu manis, dan masih banyak lagi. Penggunaan rempah inilah yang membuatnya punya ciri khas.


Banyak masakan khas Timur Tengah yang mendunia. Saking mendunianya, kamu pasti mudah menemukan makanan-makan khas Timur Tengah dimanapun. Dari banyaknya masakan khas Timur Tengah, ada 7 makanan khas Timur Tengah yang populer nih. Kita bahasa satu persatu yuk!

 

1. Nasi Kebuli



Sumber: PergiKuliner.com


Makanan khas Timur Tengah yang pertama adalah nasi kebuli. Nasi kebuli ini dibuat dari bahan dasar nasi yang dimasak dengan menggunakan kaldu kambing, susu kambing, minyak samin, dan aneka bumbu rempah. Biasanya pada saat disajikan, nasi kebuli diberi tambahan aneka lauk pauk seperti daging kambing yang sebelumnya sudah dipanggang atau dibakar. Selain daging kambing, nasi kebuli juga bisa disajikan bersama lauk pauk lainnya.


2. Nasi Biryani



Sumber: Detik.com


Ada nasi kebuli, ada juga nasi biryani yang menjadi makanan khas Timur Tengah. Nasi biryanimemiliki ciri khas bentuk nasinya yang lebih panjang dan kurus, berbeda dari nasi biasanya. Selain unik dari bentuknya, warna dari nasi biryani agak kekuningan. Nasi biryani dimasak dengan yoghurt sehingga rasa dan aromanya jadi berbeda. Selain itu, nasi biryani disajikan dengan beragam lauk pauk khas Timur Tengah, kismis, kurma, hingga kacang-kacangan.

 

3. Nasi Mandhi



Sumber: Pergikuliner.com


Selanjutnya ada nasi mandhi. Nasi mandhi ini merupakan makanan khas Timur Tengah yang berbahan dasar nasi. Nasi mandhi jika dilihat memangmirip dengan nasi biryani. Tapi sebenarnya keduanya ini tak sama. Bumbu rempah yang digunakan pada nasi biryani lebih sedikit sehingga rasanya jauh lebih ringan. Nasi mandhi ini punya aroma smokey yang kuat. Hal ini dikarenakan nasi mandhi dimasak dengan teknik tanur yakni memasak di sebuah oven logam.

 

4. Roti Maryam



Sumber: Pergikuliner.com


Roti maryam adalah salah satu makanan khas Timur Tengah yang juga bisa kita jumpai dengan mudah di Indonesia. Roti maryam dibuat dari tiga bahan utama, yakni tepung, telur, dan mentega. Roti maryam memiliki ciri khas tekstur yang unik karena roti ini teksturnya berlapis dan berserat padat. Roti maryam biasanya disantap bersama dengan kari daging. Selain itu, roti maryam juga cocok disantap dengan siraman susu kental manis, meises, dan keju.

 

5. Samosa



Sumber: Pergikuliner.com


Buat yang suka ngemil pasti tahu camilan asal Timur Tengah yang bernama samosa. Samosa ini terbilang cukup populer di Indonesia dan sering kita jumpai di toko kue atau snack box. Samosa memiliki bentuk segitiga sehingga terlihat unik. Tekstur bagian luarnya ini sangat garing karena menggunakan kulit lumpia atau spring roll. Sedangkan untuk isiannya ada daging cincang, sayuran, dan pastinya aneka bumbu rempah yang membuat rasanya sangat khas.


6. Hummus



Sumber: Thespruceeats.com


Hummus adalah makanan khas Timur Tengah yang juga cukup populer. Makanan ini terbuat dari bahan dasar kacang arab yang dihaluskan lalu diberi bahan tambahan lainnya seperti minyak zaitun, bawang putih, garam, perasan jeruk nipis, hingga biji wijen. Hummus bisa disantap begitu saja atau dimakan sebagai bahan cocolan roti. Berhubung bahan pembuatannya dari kacang-kacangan, hummus ini kerap kali menjadi makanan para vegetarian atau untuk orang yang berdiet.

 

7. Kebab


Sumber: Nurulsufitri.com


Makanan khas Timur Tengah yang terakhir adalah kebab. Pastinya Teman Kuliner tahu kuliner yang sempat populer beberapa tahun yang lalu. Kebab yang dikenal oleh masyarakat saat ini ternyata berbeda dengan kebab aslinya alias kebab asal Timur Tengah. Kebab di Timur Tengah adalah sebuah kuliner yang dibuat dari bahan dasar daging yang dipanggang atau dibakar lalu disajikan bersama yoghurt dan aneka sayuran. Sedangkan kebab yang ada di Indonesia sudah dimodifikasi.

 

Itulah beberapa makanan khas Timur Tengah yang populer di dunia. Dari deretan masakan khas Timur Tengah di atas, Teman Kuliner pernah coba yang mana nih?
Kalau kamu belum pernah mencoba aneka masakan khas Timur Tengah, yuk langsung dateng ke beberapa restoran khas Timur Tengah rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Aljazeerah Restaurant & Function Hall - Polonia

Foto Aljazeerah Restaurant & Function Hall - Polonia
Foto Aljazeerah Restaurant & Function Hall - Polonia
Foto Aljazeerah Restaurant & Function Hall - Polonia

Kebuli Ijab Qabul

Foto Kebuli Ijab Qabul
Foto Kebuli Ijab Qabul
Foto Kebuli Ijab Qabul

Larazeta Restaurant & Gallery

Foto Larazeta Restaurant & Gallery
Foto Larazeta Restaurant & Gallery
Foto Larazeta Restaurant & Gallery

Warung Turki

Foto Warung Turki
Foto Warung Turki
Foto Warung Turki

Abunawas

Foto Abunawas
Foto Abunawas
Foto Abunawas

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?