Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan Berbagai Negara yang Cocok untuk Musim Panas

List Artikel
10 Januari 2022 | 0 Komentar

Saat musim panas tiba, cuaca yang sangat terik kerap kali membuat kita mengalami beberapa risiko kesehatan seperti dehidrasi. Saat tubuh terkena dehidrasi, kita bisa mengalami sakit kepala yang muncul secara tiba-tiba, tubuh terasa lemas, hingga kejang. Untuk menghindarinya, Teman Kuliner bisa menggunakan pelindung kepala supaya tidak langsung terkena sinar matahari. 


Selain itu pastinya kita harus banyak mengonsumsi air putih dan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi sehingga bisa mencegah terjadinya dehidrasi dan meningkatkan imunitas tubuh supaya tidak mudah sakit. Ternyata ada loh makanan dari berbagai Negara yang cocok untuk musim panas. Kira-kira apa? Langsung baca selengkapnya di bawah ini!

 

1. Naengmyeon



Sumber: Kumparan.com


Makanan yang cocok untuk musim panas yang pertama adalah naengmyeon. Naengmyeon adalah mie dingin khas Korea. Mie ini sangat unik karena untuk menjaga kesegaran dan sensasi dinginnya akan diberikan batu es di dalamnya. Bahan utamanya dari mie gandum yang berukuran kecil lalu direbus dan ditiris lalu diberi tambahan irisan mentimun, telur rebus, biji wijen, bumbu merah, dan kuah kaldu bening.

 

2. Som Tum



Sumber: Pergikuliner.com


Som tum adalah salah satu makanan khas Thailand yang termasuk dalam jajaran makanan yang cocok untuk musim panas. Som tum seringkali dijuluki dengan nama saladnya Thailand karena memang sajian ini dibuat dari bahan dasar sayur dan buah. Bahan yang digunakan adalah pepaya muda yang diiris korek api lalu ditambahkan kedondong, labu siam, dan diberi siraman perasan jeruk limau, garam, cabai, dan lain sebagainya. Rasanya sudah pasti perpaduan antara asam dan pedas.

 

3. Ceviche



Sumber: Patashakitchen.com


Sajian salad asal Peru ini juga bisa menjadi makanan yang cocok untuk musim panas. Ceviche dibuat dari bahan dasar ikan mentah yang diiris tipis-tipis lalu diberi perasan jeruk nipis dan diberi campuran bahan-bahan tambahan lainnya seperti tomat, alpukat, daun koriander, bawang bombay merah, dan lain sebagainya. Pada saat disajikan, ceviche akan ditambahkan leche de tigre yang merupakan bumbu spesial khas Peru sehingga rasanya jadi berbeda.


4. Mizu Yokan



Sumber: Flickr.com


Mizu yokan adalah makanan khas Jepang yang termasuk dalam kategori camilan. Biasanya mizu yokan dinikmati pada saat musim panas. Kuliner ini mirip dengan agar-agar karena memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa yang manis dan sensasi yang menyegarkan. Bahan dasar yang digunakan bisa beragam. Mulai dari ubi manis, buah kesemek, dan lain sebagainya. Selain bisa menyegarkan, mizu yokan juga bisa menambah tenaga yang lemas akibat teriknya sinar matahari.

 

5. Dakos



Sumber: Miakouppa.com


Dakos adalah salad khas Yunani yang sangat cocok menjadi makanan yang cocok untuk musim panas. Dakos merupakan makanan tradisional yang keberadaannya sudah lama sekali sehingga termasuk kategori kuliner klasik dari Yunani. Meski namanya salad, tapi dakos ini menggunakan bahan dasar roti kering yang sudah direndam dengan minyak zaitun lalu disajikan dengan irisan tomat segar, keju feta, dan aneka bahan tambahan lainnya. Rasanya sangat menyegarkan dan bisa membuat perut kita kenyang karena ada kandungan karbohidratnya.


6. Summer Smorgasbord



Sumber: Culturallyours.com


Tidak banyak orang yang mengenal makanan yang cocok untuk musim panas ini. Summer smorgasbord adalah salah satu makanan yang banyak dijumpai di Swedia dan Skandinavia. Makanan ini mirip dengan buffet yang menyajikan aneka makanan yang cocok dikonsumsi saat musim panas. Mulai dari acar mentimun, acar herring, grav lax, rye crispbread, hingga makanan penutup yang menyegarkan seperti puding.


7. Froyo



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan yang cocok untuk musim panas terakhir adalah froyo. Froyo adalah singkatan dari frozen yoghurt. Makanan ini dibuat dari bahan dasar susu yang difermentasikan menjadi yoghurt lalu dibekukan. Dalam yoghurt mengandung banyak kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, lemak baik, antioksidan, serat, dan masih banyak lagi. Tak hanya bagus dikonsumsi untuk sistem pencernaan, tapi yoghurt juga bisa mencegah dehidrasi dan bisa mendinginkan tubuh. 


Itu dia 7 makanan berbagai Negara yang cocok dikonsumsi saat musim panas. Kalau orang Indonesia, musim panas paling suka menyantap minuman atau makanan manis dan dingin. Seperti beberapa rekomendasi minuman di bawah ini. Segar banget!

Yomie's Rice X Yogurt

Foto Yomie's Rice X Yogurt
Foto Yomie's Rice X Yogurt
Foto Yomie's Rice X Yogurt

Yogurtland

Foto Yogurtland
Foto Yogurtland
Foto Yogurtland

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Oranje Juicery

Foto Oranje Juicery
Foto Oranje Juicery
Foto Oranje Juicery

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?