Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

9 Biji Buah-Buahan yang Bisa Dimakan dan Bermanfaat Untuk Kesehatan

List Artikel
26 Agustus 2021 | 0 Komentar

Ketika mengonsumsi buah, biasanya orang-orang hanya memakan daging buahnya saja. Sementara, kulit dan bijinya dibuang karena mayoritas memang tidak bisa dimakan dan memiliki rasa yang terbilang pahit. Padahal tidak semua biji buah itu tak bisa dimakan loh, ada sebagian juga yang ternyata aman dikonsumsi dan bahkan bermanfaat untuk kesehatan asalkan dengan cara pengolahan yang benar. Selain itu, biji buah-buahan diketahui memiliki sejumlah vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan. Berikut ini adalah 9 biji buah-buahan yang bisa dimakan dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh!


1. Biji Manggis



Sumber: Conffettisimo.com


Buah manggis dikenal sebagai buah yang kaya nutrisi. Kulit dari buah manggis kerap dijadikan sebagai suplemen kesehatan. Tetapi, tidak banyak orang yang tahu kalau sebenarnya biji manggis juga memiliki nutrisi yang tak kalah hebatnya dari buah dan kulitnya. Biji manggis diketahui tinggi akan kandungan antioksidan dibandingkan buah atau kulitnya. Kandungan antioksidan dalam biji manggis menghasilkan efek anti kanker, anti inflamasi dan anti penuaan. Jika biji buahnya tidak terlalu besar, maka biji buah manggis bisa langsung dikonsumsi bersama buahnya.


2. Biji Pepaya



Sumber: Pinterest.com


Pepaya adalah buah yang bisa dikonsumsi seluruh bagiannya. Mulai dari kulit, daging hingga biji buahnya. Rajin mengonsumsi jus pepaya dengan cara menghaluskan kulit, daging dan bijinya dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Biji buah papaya mampu melawan infeksi jamur dan parasit dalam tubuh, melindungi fungsi ginjal, serta menjaga kesehatan pencernaan. Namun, sebaiknya perhatikan juga jumlah asupan jika ingin mengonsumsinya. Sebab mengonsumsi biji papaya dalam jumlah besar dapat menimbulkan masalah kesehatan, terutama kesehatan pria dan kerusakan jaringan DNA.


3. Biji Alpukat



Sumber: Genpi.co


Biji alpukat adalah salah satu sumber serat larut terbaik. Biji alpukat mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut diketahui dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi, mencegah penyakit jantung dan stroke. Selain itu, mengonsumsi biji alpukat dapat mengatasi masalah pencernaan seperti mengobati peradangan masalah usus kronis. Keringkan biji alpukat dalam oven, kemudian blender biji alpukat yang sudah dikeringkan hingga menjadi bubuk. Bubuk biji alpukat bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk seperti teh herbal, dicampurkan ke dalam oatmeal ataupun smoothies.


4. Biji Semangka



Sumber: Antaranews.com


Buah semangka tergolong buah-buahan tropis yang memiliki kandungan air sangat tinggi. Namun, beberapa orang tidak terlalu menyukai buah semangka karena memiliki banyak biji yang tersebar di dalam buahnya. Padahal biji semangka dapat dimakan langsung dengan buahnya. Biji semangka memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti kandungan magnesium yang bermanfaat dalam menjaga tekanan darah dan kadar gula dalam tubuh.


5. Biji Nangka



Sumber: Conffettisimo.com


Biji nangka ternyata memiliki manfaat yang baik jika dikonsumsi secara rutin. Untuk bisa mengonsumsinya, biji nangka harus diolah terlebih dahulu, bisa dengan cara direbus atau digiling menjadi tepung sehat. Biji nangka sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes karena kandungannya yang berguna untuk mengontrol kadar gula darah. Selain itu, biji nangka juga dapat mengatasi anemia, mengurangi resiko kanker, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan mata, mencegah sembelit, serta menurunkan resiko penyakit usus besar.


6. Biji Anggur



Sumber: Kabartani.com


Buah anggur termasuk jenis buah yang bijinya aman untuk dikonsumsi langsung. Sayangnya, bagi sebagian besar orang enggan mengonsumsi biji anggur karena rasanya yang agak sepat dan pahit. Padahal biji anggur memiliki manfaat yang sangat banyak jika dikonsumsi. Diantaranya, biji anggur dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, penyakit gagal jantung dan gangguan stress oksidatif. Kandungan vitamin seperti vitamin C dan vitamin E pada biji anggur juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.


7. Biji Markisa



Sumber: Wallpaperbetter.com


Markisa adalah salah satu jenis buah-buahan tropis yang memiliki citarasa asam dan segar. Biji markisa dapat ditelan atau dikunyah bersama dengan buahnya. Biji markisa banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh seperti vitamin A untuk kesehatan mata, vitamin C untuk kekebalan tubuh, serta magnesium untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga sistem perncernaan. Selain itu, kandungan antioksidan dalam biji markisa dapat membantu melawan radikal bebas.


8. Biji Delima



Sumber: Wallpaperbetter.com


Ketika memakan buah delima, maka secara otomatis kita turut memakan bijinya. Karena biji delima sangat kecil dan melekat pada buahnya. Namun tak perlu khawatir, memakan biji delima tidaklah berbahaya, justru bisa mendatangkan manfaat positif bagi tubuh. Biji delima dipercaya dapat membantu meningkatkan kesuburan dan gairah seks seseorang. Selain itu, manfaat biji delima mampu meningkatkan kekebalan tubuh, melawan infeksi virus dan bakteri, serta mengobati masalah persendian.


9. Biji Durian



Sumber: Wallpaperaccess.com


Meski berbau menyengat, namun buah durian memiliki daging yang legit dan nikmat untuk dimakan. bahkan tak sedikit yang menggemari buah berwarna kuning ini. Disamping buahnya, ternyata biji durian juga dapat dikonsumsi. Untuk mengonsumsinya, biji durian dapat diolah menjadi tempoyak hingga keripik. Manfaat mengonsumsi biji durian diantaranya adalah dapat memelihara kesehatan gigi dan tulang, mendukung massa otot, menjaga kesehatan pencernaan hingga meningkatkan daya tahan tubuh.


Itu dia beberapa biji buah-buahan yang bermanfaat jika dikonsumsi. Teman Kuliner pernah mencobanya?

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

PUSH Juice

Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice

Just Coco

Foto Just Coco
Foto Just Coco
Foto Just Coco

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?