Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Alasan Kue Pastry Perancis Menjadi Kiblat Dunia Pastry

List Artikel
2 Mei 2016 | 0 Komentar

Pastry Perancis apa yang kalian kenal? Croissant, eclair, macaron, dan savarin merupakan beberapa jenis pastry Perancis yang terkenal di seluruh dunia. Perancis memang terkenal dengan kue pastrynya sehingga banyak patisserie yang menimba ilmu di sana. Sebenarnya apa sih yang membuat kue pastry Perancis lebih terkenal dibanding pastry dari negara lain?


Pengaruh sosok Marie - Antoine Careme

Sejak abad 19, pastry Perancis sudah mulai berkembang seusai munculnya Marie - Antoine Careme (1784-1833). Ialah yang menjadi pelopor 'La Cuisine Francaise'. Marie - Antoine Careme menghabiskan masa mudanya dengan menjadi patisserie muda pada zamannya. Ia menciptakan banyak jenis pastry seperti souffle. Jenis pastrynya terkenal dengan kerumitan bahan serta proses pembuatannya. Sejak saat itu, pastry Perancis mulai dilirik dunia.


Perpaduan kuliner dan seni

​Salah satu hal yang bisa membuat pastry Perancis menonjol dibanding pastry dari negara lain adalah karena perpaduan kuliner dan seni yang membuatnya tampil lebih indah dan cantik. Setiap melihat pastry Perancis, kalian pasti akan dibuat terpana karena penampilannya yang indah dan cantik.


Dengan sentuhan nilai seni, membuat patisserie di Perancis berinovasi dengan menciptakan aneka bentuk sehingga lahirlah perpaduan rasa pastry yang unik dan beda dari yang lainnya. Tidak sembarang orang bisa membuat pastry Perancis. Dikarenakan bentuknya yang apik, maka banyak peralatan serta bahan pembuatan yang harus disiapkan. Untuk membuatnya pun memerlukan teknik-teknik khusus yang harus dipelajari.


Selain Perancis, ada Italia yang juga memiliki pastry dengan sentuhan nilai seni. Lalu Jepang yang sekarang memiliki pastry yang patut diacungi jempol. Jepang menggunakan basic pastry Perancis yang dikembangkan dengan memadukan bahan asli asal Jepang. Meski begitu, tetap saja inovasi pastry Perancis selalu menjadi acuan para patisserie yang ada di dunia.


Sophie Authentique

Foto Sophie Authentique
Foto Sophie Authentique
Foto Sophie Authentique

Eric Kayser Artisan Boulanger

Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?