Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Manfaat Daun Basil Untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
8 November 2021 | 0 Komentar

Daun basil kerap digunakan sebagai bahan pelengkap pada masakan, karena aromanya yang harum. Namun dibalik itu, manfaat daun basil bagi kesehatan ternyata tidaklah sedikit. Tanaman ini dipercaya dapat mencegah bahkan mengobati penyakit tertentu. Tanaman herba ini masih satu keluarga dengan tanaman daun mint dan daun kemangi, namun basil memiliki rasa mint yang lebih ringan dan manis. Daun basil sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman obat tradisional. Ini berkat sifat antibakteri, antioksidan dan anti-radang yang dimiliki daun basil ini. Selain itu, daun basil kaya akan vitamin dan mineral yang berperan penting bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat daun basil yang dipercaya dapat mencegah dan mengobati penyakit tertentu!



Sumber: Kitchengardensherbs.com


1. Mengurangi Stres

Manfaat daun basil yang pertama adalah daun basil dapat membantu mengurangi stres. Ekstrak daun basil dapat digunakan sebagai minyak aroma terapi yang bermanfaat untuk mengatasi kelelahan, mengembalikan mood, bahkan mengurangi tingkat stres. Menghirup aroma minyak daun basil dapat memberikan efek menenangkan, sehingga membuat kamu lebih rileks. Ketika menghirup aroma terapi, hormon stres atau kortisol di dalam tubuh akan berkurang, sedang hormon relaksasi atau endorfin akan meningkat. Kamu juga bisa mengkombinasikan minyak daun basil dengan minyak aroma terapi lainnya, seperti minyak lavender dan minyak pepermin. 


2. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat daun basil selanjutnya adalah daun basil dapat membantu menurunkan risiko penyakit kanker. Daun basil mengandung senyawa antosianin dan beta karoten yaitu senyawa antioksidan yang berperan penting dalam melawan radikal bebas. Terlalu banyak terpapar radikal bebas berlebihan tentu dapat merusak sel-sel dalam tubuh dan memicu berbagai penyakit berbahaya seperti kanker. Maka dari itu, dengan mengonsumsi daun basil secara langsung atau digunakan sebagai bahan pelengkap masakan dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker.


3. Menurunkan Gula Darah

Gula darah tinggi adalah kondisi dimana ada terlalu banyak gula dalam darah. Gula darah tinggi selama ini diklaim sebagai gejala utama yang menyebabkan penyakit diabetes. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak daun basil dapat membantu mengendalikan gula darah tinggi. Bahkan tanaman herba ini dapat membantu mengobati efek jangka panjang dari gula darah tinggi. Dengan demikian, temuan ini tentu dapat bermanfaat bagi penderita diabetes ke depannya, namun terkait hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.


4. Menjaga Kesehatan Jantung

Ekstrak daun basil memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan eugenol dalam daun basil yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Senyawa eugenol dapat mengikat kalsium dan menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa mengonsumsi daun basil kering selama 4 minggu memberikan efek penurunan pada kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Hal ini tentu dapat berdampak juga untuk menurunkan resiko penyakit kardiovaskular.


5. Mencegah Penuaan Dini

Daun basil kaya akan antioksidan di dalamnya, sehingga manfaatnya berpotensi untuk mencegah penuaan dini. Seperti kerutan dan tanda-tanda penuaan di wajah dapat dicegah dengan menggunakan minyak esensial dari daun basil ini secara rutin. Ekstrak daun basil juga dalam bentuk krim juga mampu meningkatkan kelembapan kulit serta mengurangi kulit kasar. Akan tetapi, manfaat daun basil untuk kecantikan ini hanya bisa didapatkan dalam bentuk krim atau minyak esensial saja. Sementara mengonsumsi daun basil secara langsung belum tentu bermanfaat bagi kecantikan kulit.


6. Mengurangi Peradangan

Stres oksidatif dapat menyebabkan peradangan dan menjadi faktor dalam berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker. Stres oksidatif sendiri merupakan kondisi dimana tubuh mengalami ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas dengan sistem pertahanan antioksidan dalam tubuh. Sebuah penelitian menyebukan bahwa sifat antiinflamasi dari daun basil dapat membantu mengobati berbagai penyakit yang berkaitan dengan peradangan akibat stres oksidatif.


7. Melawan Infeksi Virus

Daun basil memiliki sifat antibakteri, anti-jamur dan anti-mikroba yang dapat bermanfaat sebagai pengobatan tradisional untuk melawan infeksi virus dan bakteri, seperti escherichia coli. Infeksi bakteri escherichia coli dapat terjadi akibat dari air atau makanan yang terkontaminasi bakteri tersebut. Kemudian bakteri escherichia coli akan menyerang sistem pencernaan. Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan diare, sakit perut hingga demam. Ekstrak minyak daun basil dapat membantu mencegah dan mengobati beberapa jenis infeksi, termasuk infeksi bakteri escherichia coli.


8. Meningkatkan Kesehatan Otak

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa efek daun basil dapat berdampak positif pada kesehatan otak secara keseluruhan. Dalam hal ini, daun basil memiliki senyawa yang dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi, meningkatkan kemampuan berpikir, menurunkan resiko kehilangan memori terkait usia, serta membantu membuat tidur lebih nyenyak yang berkaitan dengan stres. Manfaatnya ini dapat diperoleh dengan menghirup minyak aromaterapi daun basil setiap hari sebelum tidur.


Itulah beberapa manfaat daun basil yang ternyata tidak hanya berhubungan dengan kesehatan atau mengobati beberapa penyakit tertentu saja, namun juga bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan. Sebagai informasi tambahan, manfaat daun basil ini bisa diperoleh dalam bentuk krim, gel ataupun minyak aroma terapi. Daun basil juga baik dikonsumsi sebagai asupan nutrisi harian, yang bisa dicampur pada masakan maupun dimakan secara langsung. 


Dan biasanya, daun basil menjadi rempah yang wajib ada pada masakan Italia seperti pizza dan pasta. Nah, kalau Teman Kuliner ingin merasakan aroma rempah yang lezat dari daun basil, kamu bisa mampir ke restoran Italia rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Osteria Gia

Foto Osteria Gia
Foto Osteria Gia
Foto Osteria Gia

Pizza Marzano

Foto Pizza Marzano
Foto Pizza Marzano
Foto Pizza Marzano

Oma Elly

Foto Oma Elly
Foto Oma Elly
Foto Oma Elly

Pizza E Birra

Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra

Animale Restaurant

Foto Animale Restaurant
Foto Animale Restaurant
Foto Animale Restaurant

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?