Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Jenis Pepaya yang Paling Populer di Indonesia

List Artikel
7 September 2020 | 0 Komentar

Pepaya menjadi salah satu buah yang sangat terkenal di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Di negara kita sendiri, pepaya bahkan bisa tumbuh dengan subur di pekarangan rumah, tak heran jika harga buah ini tidak terlalu mahal sehingga bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. Pepaya memiliki bagian kulit yang kekuningan ketika sudah matang dengan bagian dalam buah yang berwarna merah maupun oranye. Cita rasanya sangat manis dengan tekstur yang lembut ketika matang. Indonesia memiliki banyak sekali jenis pepaya, baik itu yang tumbuh dari bibit lokal maupun impor. Nah, dari sekian banyaknya jenis pepaya, ada lima yang paling populer di Indonesia, yaitu:


Pepaya California



Sumber : Blanja.com


Pertama ada pepaya california yang jadi jenis pepaya terlaris di Indonesia. Dinamakan pepaya california karena memang pepaya ini berasal dari Amerika. Pepaya california ini punya bentuk memanjang dengan ukuran yang sedang alias tidak besar dan kecil. Rata-rata ukuran per buahnya ini 600 gram hingga 2 kg. Dagingnya ini terbilang tebal dengan tekstur yang kenyal empuk. Bagian kulitnya tebal sehingga tidak mudah busuk atau terserang hama tanaman.


Pepaya Bangkok



Sumber : Kampustani.com


Jenis pepaya selanjutnya yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia adalah pepaya bangkok. Pepaya ini memang berasal dari Bangkok, Thailand sehingga namanya pepaya bangkok. Pepaya bangkok punya ukuran yang sangat besar karena per buahnya bisa mencapai 3 kg. Teksturnya terbilang kuat dan keras sehingga tidak mudah bonyok. Meski ukurannya besar, tetapi pepaya bangkok ini harganya tidak mahal kok. Untuk cita rasanya pepaya bangkok punya rasa yang manis dengan daging buah yang empuk.


Pepaya Red Lady



Sumber : Beritabali.com


Mendengar namanya pasti kamu merasa asing karena pepaya red lady ini memang lebih banyak dijumpai di supermarket atau swalayan besar dibandingkan dengan pasar tradisional. Pepaya red lady punya tampilan yang lonjong memanjang mirip dengan pepaya california dengan warna kulit luar yang orange kekuningan. Kulit buahnya sangat halus dengan daging yang lembut dan cita rasa yang sangat manis jika dibandingkan dengan jenis pepaya yang lainnya.


Pepaya Hawai



Sumber : Cekmanfaat.com


Berikutnya ada pepaya hawai yang sudah pasti asalnya dari Hawai. Pepaya hawai punya ciri khas unik yakni ukurannya yang sangat mungil dengan bentuk membulat sehingga cocok disantap untuk per orangan. Jika beratnya ditimbang, rata-rata per buahnya hanya sekitar 0,5 kg-1 kg saja.  Untuk citarasanya terbilang cukup manis dengan tekstur daging yang agak kenyal tapi tetap lembut saat kamu makan.

 

Pepaya Gading



Sumber : Infobuahpepaya.blogspot.com


Terakhir ada pepaya gading yang merupakan salah satu jenis pepaya yang juga sangat unik karena bentuknya yang lebih kecil dibanding pepaya hawai. Pada bagian luarnya, pepaya gading ini punya warna kulit yang kuning pucat saat sudah matang. Meski kulitnya terlihat pucat, tapi pepaya gading ini punya tekstur kulit yang keras dan agak tebal sehingga tahan goncangan. Sementara untuk cita rasanya sendiri, pepaya gading juga punya rasa yang manis.  

 

Itulah beberapa jenis pepaya yang paling populer di Indonesia. Dari kelimanya ini, kira-kira mana saja jenis pepaya yang jadi favoritmu?

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Tropicale Juice Bar

Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar

PUSH Juice

Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice

Mama Roz

Foto Mama Roz
Foto Mama Roz

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?