Asal Usul: Sejarah Es Krim yang Perlu Kamu Ketahui!

15 Desember 2015 | 0 Komentar

Siapa sih di dunia ini orang yang nggak suka es krim? Es krim adalah salah satu jenis makanan yang memang sudah mendunia dan banyak disukai. Kamu juga pasti akrab banget dong sama yang namanya es krim, tapi pernah nggak sih kepikiran sejarah terciptanya es krim?


Asal muasal es krim sendiri diperkirakan kurang lebih dari 200 tahun sebelum Masehi, walaupun tidak diketahui pasti tanggal atau penciptanya. Saat itu Nero Cladius Caesar, penguasa zaman kekuasaan Romawi kerap kali mengirimkan orang ke gunung untuk mengambil salju dan mencampurkannya dengan buah-buahan untuk kemudian dikonsumsi.


Pada Awalnya Makanan Kerajaan

Pada abad ke-16 Masehi di Benua Eropa, baru ditemukan teknik membuat es krim yang sampai saat ini seringkali kita nikmati. Es krim ini menjadi hidangan yang rutin disajikan di meja makan raja Inggris Charles I. Sementara itu, pada tahun 1553, tepatnya di Prancis, es krim menjadi hidangan yang dapat dinikmati semua orang di Café Procope dengan resep yang terdiri dari cream, susu, telur, dan tepung. Café Procope ini adalah café pertama yang dibangun di kota Paris.


Berlanjut ke masa modern, es krim sering disajikan sebagai makanan untuk para prajurit yang sedang bertugas di perang dunia ke II. Menurut ahli psikologi kala itu, es krim memberikan rasa nyaman dan suntikan kebahagiaan yang sangat berguna bagi prajurit yang tengah berjuang. Diklaim bahwa dengan memakan es krim dapat menaikkan semangat juang dari para prajurit.


Oleh karena itulah, para produsen es krim kala itu kerap berlomba-lomba memproduksi es krim yang akan dikirimkan kepada para prajurit di medan perang. Kini, es krim masih tetap dikenal sebagai salah satu makanan yang bisa memperbaiki mood. So, buat kamu yang lagi badmood makan es krim dijamin akan membuat mood kamu kembali baik. Cobain yuk!



Es Krim Om Karawaci

LIN Artisan Ice Cream

BC's Cone


Topik artikel ini: