Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cek Jenis Telur Ikan yang Sering Muncul dalam Kuliner Jepang

List Artikel
9 Februari 2022 | 0 Komentar

Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang bagus dikonsumsi karena bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita. Selain telur ayam, bebek, dan puyuh, ada telur ikan yang juga sering kita jumpai, terutama pada kuliner Jepang. Telur ikan memiliki bentuk dan tampilan paling berbeda jika dibandingkan dengan jenis telur lainnya karena lebih mungil dan tidak memiliki cangkang yang keras layaknya telur pada umumnya. Telur ikan biasanya berukuran kecil mirip dengan sagu mutiara. Warnanya bisa beragam. Mulai dari orange, merah, hitam, dan lain sebagainya. Meski warnanya ada beragam, tapi telur ikan ini secara keseluruhan tampilannya bening, kadang transparan dengan warna yang berbeda. Telur ikan lebih banyak kita jumpai pada kuliner Jepang seperti sushi. Dari sekian banyak jenis telur ikan, ada beberapa yang cukup populer, yaitu:

 

Tobiko



Sumber: freepik.com


Jenis telur ikan pertama yang banyak muncul dalam kuliner Jepang adalah tobiko. Tobiko adalah telur ikan terbang. Telur ikan terbang ini punya tampilan warna yang cerah bening dengan ukuran yang sangatlah kecil. Meski warnanya cerah bening, tapi tobiko ini kerap kali dijumpai dalam warna yang sangat beragam. Mulai dari warna merah, orange, hingga hijau. Perbedaan warna ini dikarenakan adanya bahan pewarna alami untuk membuat tampilanya jadi lebih berbeda. Tobiko sangat sering dijumpai dalam sajian sushi sebagai topping pada bagian atasnya. Tak hanya sushi, tobiko juga digunakan dalam sajian omelet, tobiko,

 

Ikura



Sumber: tokopedia.net


Selain tobiko, ada ikura yang juga sering muncul pada kuliner Jepang. Ikura adalah telur ikan yang asalnya dari ikan salmon. Ikura memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan tobiko. Ciri khasnya adalah warnanya yang orange cerah dan terlihat bening. Teksturnya ini juga terbilang unik karena ikura sedikit berair jika dibandingkan dengan jenis telur ikan lainnya. Meski berair, tapi ikura punya tekstur yang kenyal dan sedikit lembut sehingga bisa memberikan sensasi yang berbeda pada saat digigit dan dikunyah. Tak jauh berbeda dengan tobiko, ikura ini juga sering dijumpai pada kuliner sushi hingga topping pada sajian nasi mangkuk.

 

Masago



Sumber: alicdn.com


Masago menjadi jenis telur ikan ketiga yang juga sering digunakan dalam kuliner Jepang. Masago adalah telur ikan yang berasal dari ikan Capelin. Masago ini sekilas sangat mirip dengan tobiko karena ukurannya yang sama-sama kecil. Perbedaannya adalah masago ini punya bentuk yang lebih kecil dengan tekstur yang agak lengket sehingga satu sama lainnya menyatu dengan baik. Warnanya ini bisa bermacam-macam. Mulai dari orange kemerahan, hitam, dan juga putih. Teksturnya terbilang cukup kenyal dengan harga yang jauh lebih murah dari tobiko sehingga lebih banyak digunakan pada sajian kuliner Jepang.

 

Kaviar



Sumber: alodokter.com


Jenis telur ikan terakhir yang juga sering digunakan dalam kuliner adalah kaviar. Pastinya Teman Kuliner tidak asing lagi dengan telur ikan yang satu ini. Kaviar ini adalah telur ikan Sturgeon yang banyak dijumpai di perairan Laut Kaspia dan Laut Hitam. Kaviar menjadi jenis telur ikan termahal jika dibandingkan dengan telur ikan lainnya. Kaviar ini sering digunakan dalam berbagai macam kuliner khas Jepang, juga kuliner barat.

 

Itulah beberapa jenis telur ikan yang sering muncul dalam kuliner Jepang. Dari semua jenis telur ikan di atas, Teman Kuliner sering mengonsumsi yang mana?

 

Sushi Masa

Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Genki Sushi

Foto Genki Sushi
Foto Genki Sushi
Foto Genki Sushi

Sushi Tei

Foto Sushi Tei
Foto Sushi Tei
Foto Sushi Tei

Nama Sushi by Sushi Masa

Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?