Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Doyan Menggunakan Gadget? Konsumsi Makanan Berikut Untuk Menjaga Kesehatan Mata!

List Artikel
20 April 2019 | 0 Komentar

Saat ini hari-hari kita pasti selalu ditemani gadget. Entah itu smart phone, laptop, komputer atau televisi, yang kita butuhkan untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Dan seperti yang kita ketahui, perangkat elektronik tersebut, dengan cahaya pada layarnya mampu menghasilkan radiasi, yang jika terpapar secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Salah dua akibat radiasi perangkat elektronik tadi adalah mata menjadi kering dan akan mengakibatkan perih. Namun tenang, berikut beberapa makanan yang mampu mengatasi gejala dan bahaya dari radiasi perangkat elektronik tersebut:



Sumber : Solusisehatku.com

1. Paprika merah
Paprika, terutama yang merah, mampu memberi banyak vitamin C per-kalori. Vitamin C, seperti yang diketahui sangat bagus untuk pembuluh darah di mata, dan penelitian pun menunjukkan bahwa hal itu mampu menurunkan risiko terkena katarak. Sebenarnya vitamin ini dapat ditemukan di banyak sayuran dan buah-buahan, seperti, kembang kol, pepaya, dan stroberi. Namun yang perlu diingat, jangan dimasak telalu lama, karena akan memecah vitamin C. Jadi menikmatinya selagi mentah lebih baik.


2. Biji bunga matahari dan kacang

Sebanyak 1 ons biji-bijian seperti, biji bunga matahari atau kacang almond memiliki setengah dari jumlah vitamin E yang dianjurkan oleh United State Department of Agricultural (USDA) untuk konsumsi orang dewasa setiap hari. Sebuah studi besar juga menemukan bahwa vitamin E, bersama dengan nutrisi lainnya yang terkandung dalam biji bunga matahari dan kacang, dapat membantu memperlambat degenerasi makula terkait usia Age-related Macular Degeneration (AMD) agar tidak bertambah parah. Hazelnut, kacang polong, dan selai kacang juga merupakan sumber vitamin E, yang juga bisa membantu mencegah katarak.

3. Sayuran

Sayuran yang kaya akan vitamin C dan E, seperti kale, bayam, dan sayuran collard, juga baik untuk kesehatan mata. Selain itu, sayuran tersebut juga memiliki lutein karotenoid dan zeaxanthin. Bentuk dasar vitamin A ini menurunkan risiko penyakit mata jangka panjang, termasuk Age Macular Degeneration (AMD) dan katarak. Selain itu mengkonsumsi sayuran akan baik untuk kebutuhan serat pada tubuh.


4. Ikan salmon

Retina mata pada dasarnya membutuhkan dua jenis asam lemak omega 3 untuk bekerja dengan benar: Docosehaxaenoic Acid (DHA) dan Eicosapentaenoic acid (EPA). Hal itu bisa ditemukan dalam ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan trout, serta makanan laut lainnya. Omega 3 dipercayai juga mampu melindungi mata dari AMD dan glaukoma.


5. Ubi jalar

Kebanyakan dari makanan yang baik untuk mata adalah buah dan sayuran berwarna oranye, seperti ubi, wortel, melon, mangga, dan apricot. Sayur dan buah berwarna oranye diketahui mengandung beta karoten yang tinggi, suatu bentuk vitamin A yang mampu membantu penglihatan malam hari. Selain itu, satu buah ubi jalar juga memiliki lebih dari setengah vitamin C yang dibutuhkan tubuh dalam sehari dan sedikit vitamin E.


6. Daging dan unggas

Zat seng dipercaya mampu membawa vitamin A dari hati ke retina Anda, di mana zat itu digunakan untuk membuat pigmen pelindung melanin. Tiram juga menjadi makanan sehat untuk mata karena memiliki lebih banyak seng per-porsi daripada makanan lainnya, tapi jika untuk mendapatkan kerang mungkin sulit, daging sapi dan ayam adalah sumber yang bagus.


7. Kacang-kacangan
Makanan rendah lemak, dan tinggi serat mampu membantu menjaga penglihatan tetap tajam di malam hari dan memperlambat AMD. Buncis dan kacang-kacangan seperti kacang polong hitam, kacang merah, dan kacang lentil juga mengandung seng tinggi yang cocok menjadi pilihan makanan untuk kesehatan mata.

8. Telur

Telur adalah makanan sehat untuk mata dan bisa disebut paket komplit. Mengapa? Karena seng di dalam telur akan membantu tubuh untuk mencerna lutein dan zeaxanthin dari kuning telurnya. Warna kuning-oranye dari senyawa ini menghalangi sinar biru berbahaya untuk merusak retina Anda. Zat ini membantu meningkatkan jumlah pigmen pelindung di makula, bagian mata yang mengendalikan penglihatan sentral.


9. Brokoli dan kubis brussel

Brokoli dan kubis, diketahui memiliki kombinasi nutrisi-nutrisi unggulan lainnya: Vitamin A (seperti lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten), vitamin C, dan vitamin E. Zat tersebut adalah antioksidan yang melindungi sel-sel di mata Anda dari radikal bebas, sejenis dari molekul yang tidak stabil yang memecah jaringan sehat. Karena retina sangat rentan, kita butuh asupan zat baik untuk menjaganya.

Nah, jadi sekarang kamu sudah mengetahui makanan yang mampu menjaga kesehatan mata dari paparan radiasi perangkat elektronik penunjang kehidupan hari ini. Makanan tersebut bisa kamu olah sedemikian rupa agar nikmat dan sehat dikonsumsi. Tapi, walaupun begitu, jangan terlalu berlebihan ya, menggunakan perangkat elektroniknya. Dan untuk mendukung gaya hidup sehat kamu, mampir dan cobain aneka menu salad dan jus di bawah ini yuk!

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?