Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta-Fakta Makanan Belanda yang Diadaptasi oleh Kuliner Indonesia

List Artikel
2 Februari 2022 | 0 Komentar

Fakta makanan Belanda tentunya sangat menarik untuk diketahui. Pasalnya, makanan Belanda terasa sangat dekat dengan makanan Indonesia dikarenakan ada banyak kuliner Indonesia yang kita kenal saat ini merupakan hasil adaptasi dari makanan Belanda. 

Keberadaan makanan Belanda di Indonesia memang memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kuliner Indonesia. Kita bisa melihat ada banyak sekali makanan khas Belanda yang diadaptasi oleh masyarakat Indonesia. Sebut saja ada kue lekker, lapis legit, kroket, perkedel, dadar gulung, selat solo, dan masih banyak lagi. 

Jika diperhatikan, rasanya ada lebih dari sepuluh jenis kuliner Indonesia yang tercipta dari hasil adaptasi kuliner Belanda. Hal ini dikarenakan dulunya Belanda pernah menjajah Indonesia hingga 350 tahun lamanya, jadi tak heran kalau masyarakat kita jadi familiar dengan makanan khas Belanda. Menjadi makanan yang banyak diadaptasi oleh kuliner Indonesia, berikut ada beberapa fakta makanan Belanda yang bisa Teman Kuliner ketahui, yaitu:

 

Rasa Makanan Belanda Ternyata Juga Dipengaruhi Rempah Indonesia



Sumber:resepkoki.id


Fakta makanan Belanda yang pertama adalah rasa dari kuliner Belanda ternyata juga ada pengaruhnya dari rempah-rempah yang ada di Indonesia. Awalnya, kuliner Belanda tidak memiliki aroma dan rasa yang kuat. Tapi sejak menjajah di Indonesia yang merupakan negeri seribu rempah, maka makanan Belanda mulai diberi campuran aneka rempah. 


Hal ini terlihat dari beberapa makanan Belanda yang banyak diberi tambahan pala, cengkeh, hingga kayu manis. Di masa penjajahan, harga rempah-rempah tersebut nilainya bisa menyamai harga emas. Di Indonesia sendiri, rempah sangat mudah didapat karena bisa tumbuh dengan subur. Oleh karena itu, penggunaan rempah pada makanan Belanda disinyalir mulai digunakan pada masa penjajahan tersebut.

 

Ada Banyak Varian Pancake ala Belanda



Sumber: pinimg.com


Belanda sangat terkenal dengan pancake-nya. Masyarakat Belanda sangat suka dengan pancake karena kuliner ini juga menjadi menu sarapan terfavorit masyarakat Belanda. Tapi tahukah Teman Kuliner kalau ada banyak varian pancake ala Belanda. Beberapa jenis pancake ala Belanda adalah poffertjes, lekker, dan masih banyak lagi. Varian pancake bisa dilihat dari segi ketebalannya, bahan campuran yang digunakan, hingga topping yang digunakan.

 

Ada Biskuit Belanda yang Disajikan Saat Bayi Baru Lahir



Sumber: tarasmulticulturaltable.com


Fakta makanan Belanda yang selanjutnya adalah pada saat bayi baru lahir, masyarakat Belanda akan membuat atau menyiapkan sebuah biskuit khusus yang diberi nama Dutch Rusk. Jadi, kue kering ini berbentuk bulat dengan bagian atas yang diberi dengan hiasan seperti meses berwarna. Jika bayi perempuan yang lahir, maka hiasan di atas biskuit haruslah berwarna merah muda. Tetapi jika bayi yang lahir laki-laki, maka warnanya biru atau warna lainnya.  

 

Kastangel adalah Kue Mahal



Sumber: indonesiaeats.com


Fakta makanan Belanda yang terakhir ini sepertinya sudah banyak yang tahu. Kastangel merupakan kue kering khas Belanda yang terbuat dari bahan dasar campuran keju dengan telur dan tepung terigu. Nama kastangel memiliki arti ‘kaas’ yang artinya keju dan stengels yang artinya batangan. Jadi dalam artiannya, kastangel adalah kue keju batangan. Pada awalnya, bentuk kastangel memang seperti batang besi yang panjang. Tapi seiring berjalannya waktu, bentuk kastangel berubah menjadi batang kotak yang agak kecil. Hal ini dilakukan untuk memudahkan orang saat akan mengonsumsinya.


Bagaimana menurut Teman Kuliner? Apakah kira-kira masih ada lagi fakta makanan Belanda lainnya yang terbilang unik? Temukan makanan-makanan Belanda di restoran-restoran pilihan ini!

Dijan's

Foto Dijan's
Foto Dijan's
Foto Dijan's

Keuken Van Elsje

Foto Keuken Van Elsje
Foto Keuken Van Elsje
Foto Keuken Van Elsje

H.E.M.A. Resto

Foto H.E.M.A. Resto
Foto H.E.M.A. Resto
Foto H.E.M.A. Resto

FaniFoods Snack & Cake Shop

Foto FaniFoods Snack & Cake Shop
Foto FaniFoods Snack & Cake Shop
Foto FaniFoods Snack & Cake Shop

Dutch Kitchen

Foto Dutch Kitchen
Foto Dutch Kitchen
Foto Dutch Kitchen

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?