Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Lauk Pauk Populer Pada Sajian Nasi Kapau

List Artikel
16 Februari 2021 | 0 Komentar

Nasi kapau menjadi salah satu kuliner khas Sumatera Barat yang seringkali salah dikenali dengan nasi padang. Nasi kapau dari tampilan sajiannya memang tak jauh berbeda dengan tampilan nasi padang. Padahal keduanya ini berbeda, baik dari asal, tampilan, citarasanya, dan pastinya lauk pauknya. Nasi kapau berasal dari Nagari Kapau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Berhubung asalnya saja sudah berbeda, maka pastinya lauk pauk dan cara penyajiannya juga berbeda. Nasi kapau ini punya beberapa lauk pauk yang menjadi ciri khas utamanya. Dari beberapa lauk pauk yang ada di nasi kapau, ada lima yang paling banyak dipesan, yaitu:

 

1. Gulai Tambusu



Sumber: Pergikuliner.com


Lauk pauk populer pada sajian nasi kapau yang pertama adalah gulai tambusu. Gulai tambusu paling banyak dipesan karena memang menjadi salah satu ciri khas dari nasi kapau. Gulai tambusu ini hanya bisa dijumpai di nasi kapau sehingga tak heran kalau banyak orang yang penasaran ingin mencobanya. Gulai tambusu sebenarnya adalah gulai biasa, tapi yang membuatnya unik asalah bahan utamanya yang menggunakan bahan tak biasa yakni usus sapi yang dibersihkan hingga bersih lalu diisi dengan adonan telur, tahu, dan rempah-rempah lainnya, baru kemudian dimasak dengan bumbu gulai.


2. Rendang Daka-daka



Sumber: Omiyago.com


Rendang menjadi ciri khas lauk pauk pada masakan Sumatera Padang, tak terkecuali pada nasi kapau. Rendang pada nasi kapau ini disebut dengan rendang daka-daka. Meski sama-sama rendang, tapi rendang yang ada di nasi kapau ini berbeda karena bahan utamanya yang tak seperti rendang kebanyakan. Jika biasanya rendang menggunakan daging sapi atau kerbau, rendang daka-daka ini dibuat dari bahan dasar singkong yang dipotong dadu dan digoreng hingga bagian luarnya berkulit dan kecoklatan, baru setelah itu dimasak bersama dengan bumbu rendang.


3. Dendeng Balado



Sumber: Pergikuliner.com


Kalau lauk yang satu ini kamu sudah pasti tahu karena sangat populer. Dendeng balado menjadi salah satu lauk yang paling banyak dipesan untuk pendamping nasi kapau. Dendeng balado ini dibuat dari bahan dasar daging sapi atau kerbau yang direbus dengan rempah-rempah untuk mengempukkan dagingnya lalu diiris tipis dan digoreng hingga kering, baru kemudian dimasak lagi dengan bumbu balado merah yang bercitarasa pedas. Dendeng balado ini menjadi lauk yang banyak dipesan untuk pendamping nasi kapau karena citarasanya yang pedas sehingga bisa menggugah selera makan.


4. Gulai Ikan Mas Bertelur



Sumber: Fimela.com


Selanjutnya ada gulai ikan mas bertelur yang juga menjadi lauk yang paling banyak dipesan untuk pendamping nasi kapau. Sesuai dengan namanya, gulai ikan mas bertelur ini merupakan gulai yang terbuat dari jenis ikan mas. Keunikan dari gulai ini adalah ikan mas yang digunakan ada telur di dalamnya. Tapi sebenarnya telur yang digunakan tak harus menggunakan telur ikan mas, tapi juga bisa menggunakan telur dari jenis ikan lainnya yang dimasukkan ke dalam ikan mas. Nantinya ikan mas tersebut akan dimasak dengan bumbu gulai sehingga cita rasanya menjadi gurih.


5. Gulai Nangka Kapau



Sumber: Resepkoki.id


Terakhir ada gulai nangka kapau yang menjadi lauk yang paling banyak dipesan untuk pendamping nasi kapau. Gulai nangka memang banyak dijumpai pada masakan khas Sumatera Barat, tak hanya pada nasi kapau saja, tapi juga nasi padang. Perbedaan dari gulai nangka kapaudengan gulai nangka pada nasi padang adalah isiannya. Bahan utama yang digunakan tak hanya nangka muda saja, tapi juga kacang panjang, rebung, dan lobak sehingga teksturnya jadi lebih kaya. Ditambah lagi cita rasa gulai nangka kapaucitarasanya jauh lebih pedas dan warnanya lebih kemerahan dibanding gulai nangka kebanyakan. 


Itulah dia lima lauk pauk populer pada sajian nasi kapau. Nah, kalau teman kuliner jadi ingin menikmati nasi kapau yang enak, PergiKuliner sudah merangkum rekomendasi restorannya di bawah ini. Cuma buat kamu loh!

Nasi Kapau Sodagar

Foto Nasi Kapau Sodagar
Foto Nasi Kapau Sodagar
Foto Nasi Kapau Sodagar

Nasi Kapau Langganan

Foto Nasi Kapau Langganan
Foto Nasi Kapau Langganan
Foto Nasi Kapau Langganan

Nasi Kapau Sutan Mudo

Foto Nasi Kapau Sutan Mudo
Foto Nasi Kapau Sutan Mudo
Foto Nasi Kapau Sutan Mudo

Kedai Pak Ciman

Foto Kedai Pak Ciman
Foto Kedai Pak Ciman
Foto Kedai Pak Ciman

Nasi Kapau Uni Nailah

Foto Nasi Kapau Uni Nailah
Foto Nasi Kapau Uni Nailah
Foto Nasi Kapau Uni Nailah

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?