Fakta Menarik Pempek yang Bikin Kamu Terkejut

20 Agustus 2018 | 0 Komentar

Pempek terkenal sebagai kuliner khas Palembang yang memiliki cita rasa unik dan autentik sehingga membuat siapa saja ketagihan untuk menyantapnya lagi. Kuliner ini terbuat dari daging ikan tenggiri atau ikan belida yang digiling lembut lalu diberi tepung kanji dan bumbu tambahan bawang putih dan garam. Pempek memiliki banyak sekali jenis, beberapa yang terkenal di antaranya adalah pempek kapal selam yang berisi telur ayam, pempek lenjer yang berbentuk panjang, pempek adaan yang berbentuk bulat, dan pempek pistel yang berisi pepaya muda rebus. Setelah digoreng, pempek kemudian disajikan bersama dengan kuah cuko, irisan mentimun dan mie kuning. Kuah cuko terbuat dari gula merah, ebi, cabai rawit, bawang putih, dan garam yang dididihkan. Nah, buat yang sering menyantap pempek, kamu pasti tak akan menyangka beberapa fakta yang ada di bawah ini!

 

1. Nama Pempek Berasal dari Julukan Panggilan


Sumber : Pergikuliner.com


Kamu tahu tidak asal muasal dari kata pempek? Konon katanya pempek ini awalnya bernama kelesan. Nama kelesan mengandung makna panganan ada yang mengandung sifat dan manfaat tertentu pada masa Kesultanan Palembang. Nama kelesan ini kemudian berganti nama menjadi pempek sejak banyak masyarakat Tionghoa yang menjualnya pada masa kolonial Belanda. Penamaan pempek ini sendiri ternyata tidak disengaja karena kebanyakan orang Tionghoa yang menjual kelesan ini adalah lelaki tua. Orang-orang Palembang memanggil mereka dengan nama "empek" atau "apek". Ketika pedagang kelesan lewat, pembeli akan berteriak memanggil, "Pek, Empek!”. Kebiasaan nama panggilan tersebut kemudian menggantikan nama kelesan dengan nama pempek.


2. Industri Makanan Terbesar


Sumber : Pergikuliner.com


Pempek dikenal sebagai kuliner khas Palembang bukanlah tanpa alasan. Ada sebuah fakta mengejutkan kalau ternyata pempek menjadi industri terbesar di Palembang yang memberikan lapangan pekerjaan hingga ratusan orang. Ada lebih dari 280 industri UKM makanan yang menjalankan bisnis pempek. Jadi jangan heran kalau ada banyak ibu rumah tangga di sana yang sebagian besar pekerjaannya adalah pembuat pempek. Inilah yang membuat pempek sangat mudah dijumpai di Palembang. Sama seperti kita bisa dengan mudah menemukan pedagang bakso di Jabodetabek.


3. Penyokong Perekonomian Utama


Sumber : Pergikuliner.com


Banyaknya industri pempek yang ada di Palembang, membuat kuliner ini menjadi penyokong perekonomian utama di Sumatera Selatan, khususnya di Palembang. Bisnis pempek setiap harinya telah menghasilkan 6-8 ton, baik itu untuk dijual di dalam kota hingga luar kota. Jumlah ini akan mengalami lonjakan lagi berkat adanya Asian Games pada Agustus 2018 di Palembang. Tak hanya diperdagangkan di Indonesia, pempek juga diekspor hingga ke luar negeri seperti ke Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand.


Itu dia tiga fakta pempek yang telah PergiKuliner sampaikan buat kamu. Nah, kalau sekarang kamu jadi kepingin makan pempek, jangan khawatir! Di Jakarta banyak kok pedagang pempek, beberapa diantaranya sudah PergiKuliner rangkum di bawah ini!

Pempek Sriwijaya

Pempek Palembang Awan

Pempek Bunga Mas 18

Pempek Palembang 29

Pempek Apy


Topik artikel ini: