Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Kuliner Spanyol yang Mirip Kuliner Indonesia

List Artikel
30 Januari 2023 | 0 Komentar

Spanyol merupakan negara yang sangat terkenal dengan dunia persepakbolanya. Tapi tak hanya itu saja, negara ini juga punya segudang kuliner lezat yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan asing. Berbicara tentang kuliner Spanyol, tahukah kamu kalau ternyata ada beberapa kuliner Spanyol yang mirip kuliner Indonesia. Kemiripan ini bisa kita lihat dari segi tampilan hingga bentuk serta bahan yang digunakan. Meskipun terlihat sama, tapi tentu saja kuliner Spanyol yang mirip kuliner Indonesia ini berbeda dari segi citarasanya karena pastinya ada beberapa perbedaan bumbu serta rempah yang digunakan. Supaya kamu tidak bingung lagi membedakan, di bawah ini sudah ada kuliner Spanyol yang paling mirip dari segi tampilannya dengan kuliner Indonesia, yaitu:

 

1. Neula



Sumber: Tasteatlas.com


Kuliner Spanyol yang mirip dengan kuliner Indonesia adalah neula. Neula ini sekilas mirip sekali tampilan bentuk dan warnanya dengan kue semprong. Tapi rasanya jauh berbeda karena bahan dasar yang digunakan berbeda. Kue semprong terdapat campuran santan kelapa sehingga cita rasanya lebih gurih sedangkan neula ini ada campuran air lemon di dalamnya. Neula ini bisa dengan mudah kamu jumpai menjelang Natal karena neula termasuk kue Natal khas Spanyol.

 

2. Croquetas



Sumber: Curiouscuisiniere.com


Mendengar namanya saja, kamu pasti sudah tahu kuliner Spanyol ini mirip dengan kuliner apa. Croquetas memang sangat mirip dengan kroket khas Indonesia karena sama-sama dibuat dari bahan dasar kentang. Tapi yang membuatnya berbeda, jika isi kroket khas Indonesia dibuat dari daging giling dan sayuran, isian croquetas ini terdapat suwiran ikan kod. Jadi aroma dan rasanya sudah pasti berbeda.

 

3. Pinchitos



Sumber: Spanishsabores.com


Kuliner Spanyol yang mirip dengan kuliner Indonesia berikutnya adalah pichitos yang mirip sekali dengan sate. Pinchitos adalah warisan kuliner bangsa Moor yang populer di Andalusia. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar daging ayam atau domba, lalu diberi bumbu rempah khas Spanyol. Cita rasanya asin gurih. Jika dibandingkan dengan sate khas Indonesia yang cocok disantap dengan nasi atau lontong, pinchitos ini rasanya lebih enak disantap begitu saja.

 

4. Panellets



Sumber: Thermomix-barcelona.es


Saat melihat sekilas tampilan panellets, kita pasti akan teringat akan jipang karena terdapat seperti butiran nasi pada bagian permukaannya. Hanya saja panellets ini berbentuk bulat, sedangkan jipang bentuknya kotak atau persegi. Panellets ini dibuat dari bahan dasar kacang-kacangan yang dicampur dengan gula, air lemon, dan telur yang dicampur menjadi satu lalu dipanggang. Panellets ini menjadi salah satu jajanan khas dari Barcelona. Cita rasanya sudah pasti manis dengan tekstur yang legit.

 

5. Empanadas



Sumber: Eatingwell.com


Kuliner Spanyol yang mirip dengan kuliner Indonesia terakhir adalah empanadas. Dari namanya saja kita bisa langsung teringat dengan kuliner khas Indonesia yang bernama panada dari Manado. Dari segi bentuknya, keduanya memang sama-sama mirip karena berbentuk mirip pastel. Selain itu keduanya juga termasuk dalam olahan roti yang digoreng. Tapi yang membedakannya adalah empanadas ini menggunakan isian daging giling di dalamnya sedangkan panada berisi ikan. Selain itu bumbu empanadas jauh lebih ringan. Untuk citarasanya sendiri, empanadas punya citarasa asin gurih.

 

Ternyata ada banyak juga ya kuliner khas Spanyol yang mirip dengan kuliner khas Indonesia. Dari kelimanya ini, menurutmu manakah yang paling mirip? Atau adakah yang lebih mirip lagi dengan kuliner khas Indonesia selain lima kuliner Spanyol di atas?

Nidcielo

Foto Nidcielo
Foto Nidcielo
Foto Nidcielo

Botanica

Foto Botanica
Foto Botanica
Foto Botanica

Caspar - The Orient Hotel

Foto Caspar - The Orient Hotel
Foto Caspar - The Orient Hotel
Foto Caspar - The Orient Hotel

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?