Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Hindari 5 Hal Ini Saat Berbuka Puasa Agar Pencernaan Terjaga

List Artikel
13 Mei 2020 | 0 Komentar

Puasa memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti menjaga gula darah, menurunkan berat badan, menjaga kadar kolesterol, mendetoks tubuh, dan masih banyak lagi. Sayangnya, semua manfaat berpuasa itu tidak akan kamu bisa kamu dapatkan jika kamu tidak melakukannya dengan benar. Banyak orang yang sulit mengendalikan nafsu makan setelah berbuka puasa. Rasa kalap karena seharian tidak menyantap makanan dan minuman ini sudah sering kita dengar. Oleh karena itu, untuk bisa mendapatkan manfaat berpuasa dan menjaga pencernaan, kamu harus mengindari lima hal di bawah ini!



Sumber : Pergikuliner.com


1. Terlalu Banyak Makan Manis

Berbukalah dengan yang manis, kamu pasti sering mendengar anjuran tersebut. Saat berbuka puasa memang diharuskan untuk menyantap makanan yang manis untuk bisa mengembalikan kadar gula dalam tubuh. Tapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, makanan manis justru bisa membahayakan bagi tubuh kamu seperti melonjaknya kadar gula darah secara mendadak yang bisa mengakibatkan lemasnya tubuh. Cukup makan makanan manis satu porsi saja ya saat berbuka. Jika ingin nambah lagi, kamu bisa menyantapnya setelah shalat tarawih.

 

2. Terlalu Banyak Minum Air Putih

Minum banyak air putih saat berbuka puasa dan sahur memang sangat diharuskan agar kamu tak terkena dehidrasi selama berpuasa selama satu hari penuh. Tapi jika kamu meminum air putih yang cukup banyak dalam waktu bersamaan alias sekaligus, maka perut kamu akan terlalu penuh sehingga bisa menyebabkan rasa mual dan eneg. Minumlah banyak air putih haruslah dengan jeda. Misalkan setiap satu jam kamu bisa minum satu gelas air putih. Beri jeda agar lambung tak kepenuhan dengan air putih.

 

3. Buru-buru Mengunyah Makanan

Kebiasaan yang sering dialami ketika berbuka puasa adalah terlalu terburu-buru saat mengunyah makanan saat berbuka. Selama berpuasa, perut yang kosong akan bekerja lebih lambat sehingga jika saat berbuka kamu terlalu cepat mengunyah makanan sehingga menelannya dalam bentuk yang masih kasar, maka pencernaan harus bekerja ekstra untuk dapat mencerna makanan. Kunyahlah secara perlahan hingga lembut agar lambung bisa mencerna dengan baik.

 

4. Langsung Menyantap Dessert

Saat berbuka, kamu pasti selalu ingin menyantap yang manis, segar, dan dingin seperti dessert. Tapi dengan langsung menyantap dessert saat berbuka akan membuat pencernaan kamu jadi lebih berat untuk mencerna. Beri jeda satu hingga dua jam setelah berbuka puasa untuk menikmati dessert seperti puding, cake, hingga olahan pastry. Lebih bagus lagi jika kamu menyantapnya setelah shalat tarawih agar makanan yang makan saat berbuka sudah dicerna terlebih dahulu.

 

5. Jangan Langsung Olahraga

Olahraga saat berpuasa memang sangat diperlukan untuk menjaga metabolisme tubuh kamu tetap terjaga. Tapi sebaiknya jangan langsung berolahraga setelah berbuka puasa karena lambungmu masih mencerna makanan dan tubuhmu masih sibuk menyerap nutrisi dari makanan tersebut. Jika ingin berolahraga, beri jeda paling tidak dua jam setelah berbuka puasa.


Sekarang sudah tahu kan tips agar pencernaan kamu tetap terjaga meskipun saat berpuasa, jangan lupa untuk dipraktekan ya!

Amausaan Uji Matcha

Foto Amausaan Uji Matcha
Foto Amausaan Uji Matcha
Foto Amausaan Uji Matcha

Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda
Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda
Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Tropicale Juice Bar

Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar

COCOBOWL

Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?