Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini 7 Jajanan Tradisional yang Selalu Muncul Pada Kue Tampah

List Artikel
6 September 2019 | 0 Komentar

Indonesia memang terkenal akan kekayaan ragam kulinernya, baik itu kuliner besar atau masakannya, minuman, hingga jajanan tradisionalnya. Berbicara tentang jajanan tradisional Indonesia memang tidak akan ada habisnya karena masing-masing daerah yang ada di Indonesia punya jajanan tradisionalnya masing-masing. Jajanan tradisional memang lebih banyak disajikan pada saat hari-hari besar atau acara tertentu, bisa berupa dalam box kue atau juga dalam kue tampah. Buat kamu yang belum tahu, kue tampah adalah aneka sajian jajanan tradisional Indonesia yang disajikan dalam sebuah wadah tampah yang terbuat dari anyaman kayu. Biasanya kue tampah ini hadir bersama dengan nasi kuning tumpeng karena disajikan untuk makanan pencuci mulut. Dari sekian banyak jajanan tradisional yang ada di Indonesia, ada tujuh yang sering dijadikan kue tampah karena tampilan dan warnanya sangat apik. Langsung lihat saja yuk apa saja jajanan tradisionalnya!

 

1. Kue Talam



Sumber : Tokopedia.com


Kue talam merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras, tepung singkong, dan tepung sagu lalu diberi pewarna, santan, gula, serta garam, lalu dimasak dengan cara dikukus dengan menggunakan cetakan mangkuk. Jajanan ini memiliki beragam warna seperti kuning, hijau, hingga cokelat. Cita rasanya manis gurih dan teksturnya legit kenyal tapi ketika masuk dalam mulut akan langsung lumer.

 

2. Kue Ku



Sumber : Resepkoki.id


Kue ku adalah kue yang diadaptasi dari jajanan Tiongkok. Kue ini bentuknya bulat pipih mungil mirip cangkang kura-kura dengan bagian bawahnya yang dialasi dengan selembar daun pisang. Bahan dasar dari kue ku adalah tepung beras ketan dan ubi jalar dengan isian di dalamnya yang terbuat dari kacang hijau atau kacang tanah dan gula. Cita rasanya manis dan teksturnya kenyal lembut. Biasanya kue ku memiliki warna merah, tapi ada juga yang memberikan warna lainnya seperti hijau atau kuning dengan bentuk menyerupai buah-buahan.

 

3. Kue Lumpur



Sumber : Herworld.co.id


Beralih ke kue lumpur yang pasti dijumpai pada  kue tampah. Kue lumpur berbahan dasar kentang yang dikukus dan dihaluskan, tepung, santan, telur dan vanila. Kue ini dimasak dengan cara dipanggang dengan cetakan khusus lalu bagian atasnya biasanya diberi hiasan irisan kelapa muda atau kismis. Berhubung ada campuran santannya, kue ini tidak tahan lama meskipun sudah kamu simpan dalam kulkas. Selain menggunakan kentang, kamu juga bisa menggunakan ubi atau pisang.

 

4. Apem Kukus



Sumber : Resephariini.com


Apem sebenarnya jajanan yang diadaptasi dari India. Di Indonesia ada dua jenis apem yakni apem panggang dan apem kukus. Untuk apem panggang bentuknya bulat mirip dengan surabi, sedangkan untuk apem kukus bentuknya mirip bolu kukus sehingga lebih menarik kelihatannya saat dijadikan kue tampah. Apem kukus biasanya memiliki beragam warna, mulai dari putih, pink, kuning, hijau dan lain sebagainya. Teksturnya empuk dan berongga dengan cita rasa yang tidak terlalu manis.

 

5. Semar Mendem



Sumber : grid.id


Semar mendem adalah jajanan tradisional yang bercita rasa gurih karena di bagian dalamnya terdapat lemper. Semar mendem memang termasuk salah satu kuliner turunan dari lemper. Bedanya adalah pada semar mendem, bagian luarnya tidak dibungkus dengan daun pisang, melainkan dadar telur tipis yang sudah dicampur dengan sedikit tepung. Berhubung warnanya sangat cantik, maka semar mendem sering muncul pada kue tampah.

 

6. Dadar Gulung



Sumber : Resepkoki.id


Selanjutnya ada dadar gulung yang sering dijuluki sebagai crepesnya orang Indonesia. Dadar gulung ini dibuat dari bahan dasar tepung terigu, telur, gula, garam, air, serta bahan pewarna. Biasanya orang menggunakan pewarna alami dari daun suji sehingga warnanya hijau. Setelah adonannya dibuat dadar dan didinginkan, kemudian dadar ini diisi dengan campuran kelapa parut dengan gula merah sehingga nanti cita rasanya jadi lebih manis.

 

7. Nagasari



Sumber : Akamaized.net


Terakhir ada nagasari yang dibuat dari tepung beras, tepung sagu, santan dan gula yang dicampur menjadi satu lalu diisi dengan irisan pisang raja dan dibalut dengan daun pisang muda dan dikukus hingga matang. Biasanya jenis daun pisang yang digunakan memang masih muda sehingga warnanya lebih cerah. Cita rasa dari nagasari ini gurih dan ada rasa manisnya. Selain nagasari, biasanya orang akan memilih kue bugis yang juga dibungkus daun pisang.

 

Itulah beberapa jajanan tradisional yang banyak dijumpai pada kue tampah. Sebenarnya pemilihan jajanan tradisional untuk kue tampah ini tergantung dari selera. Jadi kamu bebas bisa memasukkan jajanan tradisional apa saja yang kamu suka dalam kue tampah. Nah, untuk dapat menikmati aneka hidangan snack ringan lainnya, kamu bisa mencicipinya di bawah ini ya!

Pukis Bangka

Foto Pukis Bangka

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Pastel Istimewa Ma'Cik

Foto Pastel Istimewa Ma'Cik
Foto Pastel Istimewa Ma'Cik
Foto Pastel Istimewa Ma'Cik

Fins Recipe

Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?