Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 5 Jeroan yang Enak Saat Dimasak

List Artikel
15 Maret 2019 | 0 Komentar
Jerohan merupakan bagian dalam organ hewan yang sangat jarang dikonsumsi oleh sebagian orang. Tapi bagi masyarakat Indonesia, jerohan menjadi salah satu bahan makanan yang paling banyak disukai. Kenapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan jerohan bisa diolah menjadi beragam kuliner lezat yang sangat menggiurkan. Penggunaan rempah-rempah khas Indonesia mampu menghilangkan bau tidak sedap yang biasa melekat pada jerohan. Coba saja kamu perhatikan lima jerohan di bawah ini yang terdengar menjijikkan tapi akan terasa enak saat dimasak, yaitu:

1. Usus

Sumber : Style.tribunnews.com

Jenis jerohan yang pertama adalah usus yang merupakan bagian pencernaan dalam organ hewan. Usus yang paling sering digunakan dalam makanan adalah usus ayam, tapi ada juga yang menggunakan usus sapi. Usus ayam biasa dimasak menjadi sate, keripik, hingga oseng-oseng. Sedangkan untuk usus sapi sering dimasak menjadi gulai khas Minang. Usus memiliki tekstur yang kenyal dan citarasanya sangat legit ketika disantap.

2. Otak

Sumber : Foodierate.com

Selanjutnya ada otak yang memiliki bentuk tidak terlalu bagus. Tapi jika sudah diolah menjadi makanan khas Indonesia, siap-siap kamu merasa tergoda untuk menyantapnya. Otak biasanya diolah menjadi gulai atau kuliner yang berkuah santan. Untuk menghilangkan aroma tidak sedapnya, maka otak harus direbus dalam jangka waktu yang cukup lama. Biasanya olahan otak bisa kamu temukan di rumah makan Padang.

3. Babat

Sumber : Unileverfoodsolution.co.id

Babat jika masih belum dimasak memiliki tampilan yang cukup menjijikkan. Ditambah lagi warnanya yang agak kehitaman. Pasti kamu tidak akan selera untuk menyantapnya. Tapi bagaimana jika sudah dimasak? Babat bisa dimasak menjadi beragam olahan seperti dijadikan soto, opor, hingga gulai. Di daerah Jawa Timur, ada olahan babat yang sangat terkenal yakni sego babat. Sego babat ini merupakan nasi putih hangat yang disajikan bersama dengan babat gurih dan sambal serta lalapan.

4. Ati Ampela

Sumber : Resepkoki.id

Kalau ati ampela pastinya kamu sudah tidak asing lagi. Ati ampela merupakan salah satu jenis jerohan yang banyak diolah menjadi beragam menu kuliner lezat. Harganya tergolong relatif murah dan mudah dimasak.  Kamu bisa menemukan ati ampela dalam bentuk balado, sate, hingga tumisan. Biasanya ati ampela yang paling banyak digunakan adalah ati ampela ayam. Tapi untuk ati, ada juga yang menggunakan ati sapi.

5. Paru

Sumber : Primarasa.co.id

Terakhir ada paru yang juga tak kalah lezatnya dari ke empat jerohan yang ada di atas. Untuk memasak paru ini diperlukan waktu yang cukup lama karena kamu pertama-tama harus merebusnya terlebih dahulu bersama dengan aneka rempah-rempah khas Indonesia, baru kemudian diolah lagi menjadi beragam masakan seperti keripik paru, dendeng paru, tumis paru cabai hijau, dan lain sebagainya.

Selain kelima jerohan di atas, menurut kamu masih ada lagi tidak jerohan yang sering dijadikan masakan lezat? Nah, buat kamu yang penasaran akan kelezatan dari aneka jerohan tersebut bisa langsung datangi beberapa tempat makan di bawah ini ya!

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Bubur Ayam Samping BCA Khas Mayong

Foto Bubur Ayam Samping BCA Khas Mayong
Foto Bubur Ayam Samping BCA Khas Mayong

Bubur Ayam Alfa

Foto Bubur Ayam Alfa
Foto Bubur Ayam Alfa
Foto Bubur Ayam Alfa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?