Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Perbedaan Telur Ayam, Telur Puyuh, dan Telur Bebek

List Artikel
10 Juli 2021 | 0 Komentar

Siapa di antara Teman Kuliner yang suka menyantap telur? Telur merupakan salah satu bahan makanan yang banyak digunakan dalam dunia kuliner. Dalam telur terdapat beragam macam jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga telur bisa disantap oleh berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Beberapa kandungan yang terdapat dalam telur adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, fosfor, dan masih banyak lagi. Telur di Indonesia memiliki beragam jenisnya, tapi ada tiga yang paling terkenal dan sering digunakan sehari-harinya, yakni telur ayam, telur puyuh, telur bebek. Meski sama-sama dihasikan dari unggas, tapi ketiganya ini berbeda satu sama lain. Lantas di mana saja letak perbedaannya? Coba kita lihat bersama-sama yuk Teman Pergi Kuliner!

 


Sumber: Wildgreensandsardines.com


Dari Segi Bentuk, Ukuran, dan Tampilan

Perbedaan yang pertama dari telur ayam, telur puyuh, telur bebek bisa dilihat dari segi bentuk, ukuran, dan tampilannya. Ketiganya ini sangat berbeda bentuk visualnya sehingga kita bisa membedakannya dengan mudah. Untuk segi bentuk, telur ayam dan telur bebek memiliki bentuk yang hampir sama sehingga kerap kali agak susah untuk dibedakan. Hanya saja tampilan warnanya agak lebih putih kebiruan untuk telur bebek, sementara untuk telur ayam warnanya kecoklatan. Lain halnya dengan telur puyuh yang punya tampilan putih dengan bercak-bercak hitam, cokelat, dan keabuan. Lalu untuk ukurannya, telur bebek terlihat lebih besar sedikit dari telur ayam, sementara telur puyuh lebih mini.

 

Dari Segi Tekstur dan Rasa

Perbedaan telur ayam, telur puyuh, telur bebek juga bisa dilihat dari segi tekstur dan rasanya. Jika kita menyantap ketiganya secara bergantian, maka akan terasa perbedaan tekstur dan rasa dari ketiganya. Untuk telur ayam memiliki tekstur yang lebih lembut jika dibandingkan dengan telur bebek yang lebih padat. Sementara untuk telur puyuh teksturnya jauh lebih lembut. Sedangkan untuk rasanya, telur bebek jauh terasa lebih gurih jika dibandingkan dengan telur puyuh dan telur ayam. Perbedaan tekstur dan rasa inilah yang membuat ketiganya ini digunakan dalam olahan masakan yang berbeda-beda.

 


Sumber: Foodheavenmag.com


Dari Segi Kandungan Nutrisinya

Jika dilihat dari segi kandungan nutrisinya, telur ayam, telur puyuh, telur bebek pastinya memiliki perbedaan masing-masing. Kandungan nutrisi dari telur ayam berbeda tergantung dari jenisnya. Untuk telur ayam negeri memiliki kandungan protein sebanyak 12,7 persen, lemak 11,3 persen, dan karbohidrat hingga 0,9 persen. Untuk telur ayam kampung, kandungan nilai giizinya bisa bertambah hingga dua kali lipat.


Dari Segi Penggunaan

Perbedaan yang terakhir dari telur ayam, telur puyuh, dan telur bebek adalah dari segi penggunaannya. Untuk telur ayam banyak memang lebih banyak digunakan pada beragam jenis masakan dan juga kue. Tapi untuk telur bebek dan telur puyuh hanya digunakan sebagai olahan makanan saja, bukan untuk kue. Hal ini dikarenakan tekstur dan rasa yang dimiliki oleh telur bebek dan telur puyuh ini tidak sama dengan telur ayam. Meski masih bisa digunakan untuk kue, tapi pasti akan berbeda rasanya. Khusus untuk telur bebek, banyak yang menjadikannya sebagai olahan telur asin. Sedangkan telur puyuh banyak dijual dalam keadaan sudah matang.

 

Sekarang Teman Kuliner sudah paham kan apa saja perbedaan dari telur ayam, telur puyuh, telur bebek. Buat yang ingin menyantap telur setelah melihat perbedaan ketiga telur di atas, mampir dulu yuk ke salah satu tempat makan yang ada di bawah ini!

La Moda

Foto La Moda
Foto La Moda
Foto La Moda

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Mister Sunday

Foto Mister Sunday
Foto Mister Sunday
Foto Mister Sunday

Convivium

Foto Convivium
Foto Convivium
Foto Convivium

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?