Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Lezatnya 7 Makanan Tradisional Khas Betawi yang Bikin Nagih

List Artikel
10 Juli 2021 | 0 Komentar

Indonesia terdiri dari banyak suku dan salah satunya adalah suku Betawi. Masyarakat Betawi ini tinggal di area Jakarta. Menjadi salah satu suku dengan populasi yang cukup besar di Indonesia, masyarakat Betawi ini terkenal akan budaya dan juga makanan tradisionalnya. Makanan tradisional khas Betawi ini punya ciri khas yang pastinya tidak dimiliki oleh kuliner dari daerah lainnya. Hal ini dikarenakan makanan tradisional khas Betawi mendapat pengaruh dari kuliner Arab dan Melayu sehingga citarasanya menjadi sangat khas sekali. Kali ini PergiKuliner telah merangkum setidaknya tujuh makanan tradisional khas Betawi yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia, apa aja ya?


1. Nasi Uduk



Sumber: Pergikuliner.com


Pertama ada nasi uduk. Rasanya makanan tradisional khas Betawi tak akan lengkap tanpa menyebut nama nasi uduk. Nasi uduk merupakan makanan tradisional khas Betawi yang sangat identik dengan menu sarapan karena kuliner ini lebih banyak dijumpai di pagi hari. Pedagang nasi uduk kebanyakan menjual dagangan mereka di pagi hari, tapi selain itu juga ada yang buka di sore menjelang malam hari. Nasi uduk sendiri terbuat dari beras yang dimasak dengan santan dan aneka rempah seperti sereh, daun salam, lengkuas, jahe, dan lain sebagainya. Nasi uduk selalu disajikan bersama lauk pendamping seperti semur, balado, gorengan, sambal, dan kerupuk.


2. Gado-gado



Sumber: Pergikuliner.com


Gado-gado yang merupakan salah satu makanan tradisional khas Betawi ini mendapat julukan sebagai saladnya orang Betawi di luar negeri. Hal ini karena gado-gado adalah kuliner yang dibuat dari campuran aneka sayur-sayuran. Mulai dari kacang panjang, kubis, tauge, bayam, kangkung, jagung, kentang, tahu, tempe, dan masih banyak lagi. Semua sayuran-sayuran yang digunakan dalam gado-gado ini matang, berbeda dengan karedok yang bahan sayurannya mentah. Gado-gado biasa disajikan dengan potongan lontong daun, bawang goreng, dan kerupuk.


3. Nasi Ulam



Sumber: Pergikuliner.com


Ada nasi uduk, ada nasi ulam. Meski keduanya sama-sama hidangan yang terbuat dari bahan dasar nasi, tapi citarasanya berbeda. Nasi ulam dibuat dari nasi yang dimasak dengan aneka rempah sehingga aromanya sangat wangi. Untuk penyajiannya, ciri khas dari nasi ulam adalah taburan serundeng bercitarasa manis dan pedas yang ditabur di atasnya. Sementara untuk lauk pauknya ada ayam goreng, semur, gorengan, telur dadar, daun kemangi, dan pastinya sambal serta kerupuk.


4. Soto Betawi



Sumber: Pergikuliner.com


Buat yang suka kuliner berkuah wajib coba soto Betawi yang keberadaannya ini sering diburu sebagai menu makan siang. Soto Betawi adalah jenis soto berkuah santan yang punya rasa gurih dan segar. Untuk membuatnya dibutuhkan daging sapi yang direbus bersama dengan kuah  santan dan rempah. Makanan tradisional khas Betawi ini disajikan dengan aneka bahan tambahan seperti kentang goreng yang dipotong dadu, tomat, daun bawang seledri, bawang goreng, dan perasan jeruk limau.


5. Soto Tangkar



Sumber: Resepkekinian.com


Selain soto Betawi, ada juga nih soto khas Betawi lainnya, yakni soto tangkar. Soto tangkar adalah makanan tradisional khas Betawi yang harganya lebih murah dari soto Betawi karena bahan utamanya adalah jerohan. Di dalamnya ada usus, ampela, paru, babat, dan lain sebagainya. Tapi selain jerohan juga ada iga sapi. Untuk bumbu yang digunakan juga tak jauh berbeda dengan soto Betawi. Hanya saja soto tangkar menggunakan kunyit dan cabai merah di dalamnya sehingga warnanya terlihat lebih cerah yakni kuning kemerahan.


6. Asinan Betawi



Sumber: Pergikuliner.com


Asinan Betawi menjadi makanan tradisional khas Betawi selanjutnya yang juga wajib diicip. Asinan Betawi terbagi dalam dua jenis, yakni yang disiramkuah cabe dan yang disiram kuah kacang. Keduanya sama-sama punya rasa pedas, tapi asinan Betawi dengan kuah cabe terasa lebih segar, sementara untuk kuah kacang lebih legit. Asinan Betawi ini dibuat dari campuran aneka sayuran mentah seperti kubis, tauge, wortel, mentimun, dan lain sebagainya. Sebagai pelengkap, asinan Betawi biasanya disajikan dengan kerupuk mie atau kerupuk merah muda.


7. Kerak Telor



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan tradisional khas Betawi yang terakhir adalah kerak telor. Kerak telor sebenarnya sangat populer di kalangan masyarakat, tapi sayangnya keberadaannya sudah mulai sulit dijumpai. Kerak telor bisa dikatakan merupakan makanan tradisional khas Betawi yang unik cara pembuatannya karena dibuat dengan cara membalikkan wajan. Jadi adonan akan dituang ke dalam wajan lalu ditunggu hingga setengah matang dan wajan akan dibalik menghadap bara api. Untuk membuatnya ini lebih baik menggunakan arang dibanding kompor. Sedangkan bahan utamanya adalah beras ketan, telur bebek, kelapa parut, ebi, serta aneka bumbu rempah.

 

Terlihat lezat-lezat bukan, aneka makanan tradisional khas Betawi yang enaknya bikin nagih. Teman Kuliner suka yang mana nih?. Kalau Teman Kuliner ingin memakan aneka makanan tradisional khas Betawi, bisa langsung samperin tempat makan di bawah ini ya!

Asinan Kamboja H. Mansyur

Foto Asinan Kamboja H. Mansyur
Foto Asinan Kamboja H. Mansyur
Foto Asinan Kamboja H. Mansyur

Nasi Uduk & Ketupat Sayur Encim Sukaria

Foto Nasi Uduk & Ketupat Sayur Encim Sukaria
Foto Nasi Uduk & Ketupat Sayur Encim Sukaria
Foto Nasi Uduk & Ketupat Sayur Encim Sukaria

Nasi Ulam Garuda Ibu Juju

Foto Nasi Ulam Garuda Ibu Juju
Foto Nasi Ulam Garuda Ibu Juju
Foto Nasi Ulam Garuda Ibu Juju

Soto Betawi Nyonya Afung

Foto Soto Betawi Nyonya Afung
Foto Soto Betawi Nyonya Afung
Foto Soto Betawi Nyonya Afung

Gado Gado Taman Sari

Foto Gado Gado Taman Sari
Foto Gado Gado Taman Sari
Foto Gado Gado Taman Sari

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?