Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Kelezatan Keju Gorgonzola, Keju Biru Khas Italia

List Artikel
16 Juli 2022 | 0 Komentar

Keju menjadi salah satu bahan makanan yang memiliki banyak sekali penggemar di dunia. Bahan utama dari keju adalah susu yang difermentasikan dalam jangka waktu cukup lama sehingga rasa dan aromanya menjadi sangat khas. Keju banyak diproduksi di negara-negara Eropa. Salah satu negara yang menghasilkan keju terbaik di dunia adalah Italia. Negara ini tak hanya terkenal akan pasta dan pizzanya, tapi juga populer dengan keju tradisionalnya. Keju tradisional khas Italia memiliki ciri khas dari segi warna, rasa, dan bentuk. Dari sekian banyak keju asal Italia, ada keju gorgonzola yang keberadaannya terbilang cukup populer, tidak hanya di Italia saja tapi juga di dunia kuliner. Hal ini dikarenakan keju ini punya warna yang kebiruan sehingga berbeda dari kebanyakan keju.

 

Keju Gorgonzola Diciptakan Secara Tak Sengaja



Sumber: Blogchef.net


Keju gorgonzola merupakan keju yang sudah ada tahun 1950-an. Keju ini tercipta dengan cara yang unik karena dibuat secara tak sengaja. Keju gorgonzola awalnya adalah keju stracchino tercipta menjadi keju gorgonzola. Sejarah keju gorgonzola dimulai pada saat seorang pegawai penginapan yang salah menyimpan keju stracchino di gudang bawah tanah yang memiliki udara sangat lembab. Hal ini membuat keju tersebut mudah berjamur sehingga berwarna kebiruan. Tampilan keju gorgonzola yang tak biasa ini membuat pegawai penginapan tersebut merasa kalau keju tidak bisa disajikan karena basi. Tapi pihak pengelola tetap menyajikannya. Uniknya, tamu penginapan justru menyukainya karena punya rasa yang berbeda dan enak saat dikonsumsi. Dari sinilah masyarakat Italia kemudian membuat lagi keju gorgonzola.

 

Pembuatan Keju Gorgonzola



Sumber: Thespruceeats.com


Untuk pembuatan dari keju gorgonzola sendiri sebenarnya tak jauh berbeda dengan pembuatan keju kebanyakan. Keju gorgonzola dibuat dari bahan dasar susu sapi murni yang dipasteurisasi pada suhu sekitar 28-32 derajat celcius lalu diberi rennet atau ragi dan disuntikkan jamur, barulah disimpan hingga terfermentasi menjadi keju. Jenis jamur yang digunakan adalah jamur penicilliumglaucum. Tapi ada juga yang menggunakan jamur penicilliumroqueforti. Susu yang digunakan haruslah susu murni dan organik karena tidak boleh terkontaminasi oleh pestisida, antibiotik, hingha pestisida sehingga rasanya akan terasa enak. Suhu yang digunakan untuk penyimpanan keju gorgonzola juga tak bisa sembarangan karena suhunya harus berada antara 18-20 derajat celcius. Proses penyimpanan harus berlangsung selama 2-3 bulan lamanya.

 

Tampilan Unik dari Keju Gorgonzola



Sumber: Fullofplants.com


Keju gorgonzola memiliki keunikan tersendiri. Jika dilihat dari tampilan bentuknya, keju gorgonzola memiliki bentuk kotak hingga bulat. Jika dilihat sekilas, tampilannya ini mirip dengan bluecheese karena sama-sama ada bercak biru pada bagian dalamnya. Warna biru pada keju gorgonzola dihasilkan dari jamur yang berkembang di dalam keju. Selain warna biru, di dalam keju gorgonzola juga ada warna lainnya seperti warna hijau hingga kekuningan.

 

Jenis Keju Gorgonzola



Sumber: Istockphoto.com


Keju gorgonzola secara umum terbagi menjadi dua bagian, yakni dolce dan piccante. Keju gorgonzola dolce lebih lama difermentasikan sehingga ada sedikit rasa manisnya dengan aroma yang kurang tajam, sedangkan untuk rasanya cukup ringan. Lalu untuk keju gorgonzola piccante memiliki rasa yang agak pedas dan tajam. Sementara untuk teksturnya sangat mudah rapuh dan hancur. Keju gorgonzola dolce lebih sering digunakan sebagai olesan roti atau biskuit. Sedangkan untuk keju gorgonzola piccante lebih banyak digunakan untuk campuran salad.

 

Itulah sekilas informasi mengenai keju gorgonzola yang perlu kamu ketahui. Jadi, apakah kamu ingin mencoba icip keju asal Italia ini?

Oma Elly

Foto Oma Elly
Foto Oma Elly
Foto Oma Elly

Hokkaido Baked Cheese Tart

Foto Hokkaido Baked Cheese Tart
Foto Hokkaido Baked Cheese Tart
Foto Hokkaido Baked Cheese Tart

Vallee Neuf Patisserie

Foto Vallee Neuf Patisserie
Foto Vallee Neuf Patisserie
Foto Vallee Neuf Patisserie

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?