Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Inilah 5 Sambal Asli Indonesia yang Terkenal Pedas

List Artikel
9 November 2018 | 0 Komentar

Salah satu hal yang sudah menjadi tradisi kuliner khas Orang Indonesia adalah tak bisa lepas dari yang namanya sambal. Orang Indonesia memang dikenal sangat menyukai makanan yang pedas-pedas. Sambal dianggap sudah menjadi pelengkap wajib bagi setiap hidangan utama. Bahkan adapula yang mengatakan kalau makan tanpa sambal itu ibarat bumbu tanpa garam rasanya seperti ada yang kurang saja dalam makanan tersebut. Maka tak heran jika setiap daerah memiliki sambal andalannya masing-masing. Dengan tingkat kepedasan yang beragam, sudahkah kamu mencicipi semuanya? Nah bagi kamu yang mengaku pecinta pedas harap jangan sampai terlewatkan ya dengan 5 jenis sambal terpedas dari masing-masing daerah ini!


1. Sambal Matah dari Bali



Sumber : Indoindians.com


Siapa yang menyangka jika dibalik keindahan panorama Pulau Bali ternyata tersimpan sebuah sambal tradisional yang sangat juara pedasnya. Sambal itu bernama sambal matah. Salah satu hal yang nggak boleh terlewatkan saat kamu berkunjung ke Bali adalah mencicipi sambal matah ini. sambal matah paling cocok disajikan bersama bebek atau ayam goreng, lengkap dengan nasi beserta lalapan khas Bali. Pedasnya sambal matah itu berasal dari potongan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, garam, dan gula. Dan uniknya, sambal matah ini disajikan tanpa diulek alias hanya diiris tipis. Rasa pedas yang dihasilkan dari secolek sambal matah ini sanggup membuat nafsu makanmu bertambah. Apalagi ditemani dengan cantiknya panorama Pantai Dewata Bali. Akan semakin menambah kenikmatan suasana makan siangmu.


2. Sambal Dabu-Dabu dari Manado


Sumber : Vemale.com


Hal yang sudah menjadi ciri khas Kota Manado adalah kelezatan masakan seafood-nya dan warganya yang begitu menyukai makanan pedas. Berikut ada sambal pedas khas Manado yang juga nggak boleh terlewatkan olehmu yakni sambal dabu-dabu. Sekilas penampilan sambal dabu-dabu ini mirip dengan sambal matah khas Bali. Karena dari segi penyajiannya yang sama-sama diiris tipis. Hanya saja sambal dabu-dabu memakai penambahan tomat pada irisan bahannya, sementara sambal matah nggak menggunakan itu. Dan kalau ditanya soal pedasnya? Nggak ada yang bisa mengalahkan pedasnya sambal ini. Untuk menambah kenikmatan, biasanya sambal dabu-dabu akan disajikan dengan ikan bakar atau aneka jenis seafood lainnya. Disantap secara bersamaan akan memberikan sebuah kenangan tersendiri saat kamu berwisata kuliner di sana.


3. Sambal Belacan dari Medan



Sumber : Souperdiaries.com


Setelah puas berwisata kuliner di Manado, sekarang waktunya berkunjung ke Sumatra Utara. Ternyata di Kota Medan juga terdapat salah satu kekayaan kuliner yang berupa sambal belacan. Dinamakan sambal belacan karena sebenarnya belacan sendiri berarti terasi. Dan pada dasarnya sambal ini memiliki kemiripan dengan sambal terasi khas Jawa. Yang sedikit membedakan keduanya adalah sambal belacan dikenal memiliki sensasi rasa yang lebih pedas sehingga berhasil membuat lidah bergoyang. Aroma khas yang dikeluarkan dari bau terasi sambal ini juga sanggup meningkatkan selera makanmu.


4. Sambal Taliwang dari Lombok


Sumber : Pergikuliner.com


Nah kalau yang ini namanya sambal taliwang khas dari daerah Lombok. Atau biasa dikenal juga dengan nama ayam taliwang. Masakan ayam taliwang merupakan makanan khas Nusa Tenggara Barat yang sudah begitu dikenal hingga ke luar daerah. Bahkan karena begitu terkenalnya kini telah banyak restoran-restoran di Jakarta yang juga menyajikan menu ayam taliwang ini. Sambal taliwang terbuat dari cabai merah dan terasi asli khas Lombok yang memang dikenal memiliki rasa yang ekstra pedas.


5. Sambal Cibiuk dari Garut


Sumber : Menurutresepmakanan.com


Kembali lagi ke Pulau Jawa. Kini ada sambal cibiuk yang menjadi sambal kebanggaan khas Kota Garut. Salah satu kebiasaan kuliner orang Sunda adalah mereka sangat suka lalapan dan sambal. Maka nggak heran jika menyantap sambal cibiuk ini merupakan kegemaran bagi warga sana. Sambal cibuk memiliki tampilan warna hijau yang khas dengan aroma kuat yang berasal dari daun kemangi. Karena sambal ini disajikan mentah tanpa digoreng terlebih dahulu maka teman makan yang paling pas menemani sambal ini adalah nasi, ikan asin dan lalapan. Sensasi pedas yang begitu kuat ketika menyantap sambal cibiuk ini dijamin akan membuat kamu ketagihan.

Warung Bu Kris

Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris

Rarampa

Foto Rarampa
Foto Rarampa
Foto Rarampa

Bebek Tepi Sawah

Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah

Waroeng SS

Foto Waroeng SS
Foto Waroeng SS
Foto Waroeng SS

Taliwang Bali

Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?