Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Inilah Kepanjangan dari 5 Jajanan Khas Indonesia

List Artikel
7 April 2018 | 0 Komentar

Kamu mungkin sudah sering menjumpai jajanan-jajanan kaki lima, seperti es doger, cuanki, atau ketoprak. Tetapi tahukah kamu kalau jajanan-jajanan ini sebenarnya memiliki kepanjangan yang tidak banyak orang tahu? Meski nama jajanan ini terdengar biasa saja, namun siapa yang menyangka jika kepanjangannya begitu unik dan kreatif. Nah! Berikut adalah kepanjangan dari 5 jajanan khas Indonesia tersebut. Yuk simak!


1. Es Doger



sumber: idntimes.com


Kamu mungkin sudah beberapa kali menikmati es doger. Meski sudah terkenal, tetapi tahukah mengenai kepanjangan dari minuman ini? Bicara tentang es doger, sebagian orang hanya tahu bahwa minuman ini berisi tapai, susu, santan, ketan hitam, dan pacar cina. Berawal dari sebatas es serut, kini es doger semakin dikenal. Es doger berbahan dasar dari susu dan parutan kelapa, ditambah dengan tape, ketan hitam, buah alpukat, dan sebagainya. Minuman segar yang satu ini memang paling pas diminum saat siang hari ketika matahari terik. Namun siapa sangka kalau kepanjangan dari minuman es doger ini adalah ‘es dorong gerobak’. Unik ya!


2. Comro


sumber: katalogkuliner.com


Comro atau sering disebut juga dengan combro merupakan makanan khas dari Jawa Barat. Terbuat dari parutan singkong yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom kemudian digoreng, karena itulah dinamai combro yang merupakan kependekan dari ‘oncom di jero’ dalam bahasa Sunda yang artinya ‘oncom di dalam’. Bentuknya bulat dan lonjong. Makanan ini sangat enak disantap saat hangat sebagai camilan minum kopi.


3. Ketoprak



sumber: pergikuliner.com


Ketoprak yang dimaksud disini bukanlah pentas seni lawak asal Jawa, melainkan sebuah makanan khas Betawi yang paling nge-hits sepanjang masa. Di jalanan ibukota, gerobak pedagangnya pun dapat kamu jumpai hampir di semua tempat. Ketoprak kerap dijadikan makanan alternatif untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam. Meski asal-usul dari nama ketoprak tidak diketahui dengan pasti, tetapi ternyata nama ketoprak tersebut merupakan sebuah singkatan, dimana kepanjangan dari ketoprak adalah ‘ketupat dan toge digeprak’.


4. Batagor


sumber: oknusantara.com


Bagi masyarakat di luar Bandung mungkin ada yang belum tahu bahwa batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Jajanan ini memang merupakan modifikasi dari bakso tahu yang diisi dengan adonan siomay, dimasak dengan cara dikukus, dan disajikan dengan saus kacang dan kecap ditambah perasan jeruk limo. Berkat kekreatifan orang Bandung, bakso tahu goreng ini ternyata enak rasanya dan teksturnya menjadi kering, cocok bagi lidah masyarakat kita yang pada umumnya menyukai gorengan. Maka jadilah namanya ‘bakso tahu goreng’ atau disingkat menjadi batagor.


5. Cuanki



sumber: modern.id


Jika tadi ada es doger yang memiliki kepanjangan unik, maka cuanki ini juga tak kalah uniknya. Makanan sejenis bakso lengkap dengan tahu dan mi ini biasanya dijual pedagang keliling dengan panggulannya yang khas. Cuanki memang lebih banyak dijual dengan cara tersebut karena menurut asal-usulnya cuanki merupakan kependekan dari ‘cari uang jalan kaki’. Maka tidak heran jika ternyata pedagang cuanki berdagang keliling dengan berjalan kaki.


Jadi, sudah tahu bukan kepanjangan dari jajanan-jajanan khas Indonesia di atas? Yuk langsung saja berburu jajanan tersebut untuk mencicipi rasanya. Rekomendasi tempatnya ada di bawah ini ya!

Pa Oyen

Foto Pa Oyen

Gerobak Betawi

Foto Gerobak Betawi
Foto Gerobak Betawi

Ketoprak Ciragil & Baso Siomay Jhony

Foto Ketoprak Ciragil & Baso Siomay Jhony
Foto Ketoprak Ciragil & Baso Siomay Jhony
Foto Ketoprak Ciragil & Baso Siomay Jhony

Batagorilla

Foto Batagorilla
Foto Batagorilla

Baso Aci Ganteng

Foto Baso Aci Ganteng
Foto Baso Aci Ganteng
Foto Baso Aci Ganteng

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?