Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Jenis-Jenis Kopi Gayo yang Paling Populer

List Artikel
25 November 2020 | 0 Komentar

Kopi nusantara menyajikan taste original yang kenikmatannya tak bisa dielakkan, satu diantaranya adalah Kopi Gayo. Keberadaan kebun kopi di Datarang Tinggi Gayo sebenarnya sudah dimulai pada awal kolonial Belanda kala itu yang ingin menguasai tanah Gayo, Aceh. Varietas kopi Arabika yang berasal dari dataran tinggi Gayo tersebut kemudian tumbuh subur hingga sekarang, dan bahkan menjadi komoditas ekspor kebanggaan Indonesia. Keunikan dari Kopi Gayo ini ialah cita rasanya yang cenderung tidak konsisten, sebab ketinggian dimana biji kopi ini ditanam sangat mempengaruhi taste dari kopi asal Aceh ini. Maka dari itu, yuk kenali lebih jauh jenis-jenis Kopi Gayo yang paling populer dan sesuai dengan taste lidah kamu! 



sumber: pinterest.com


1. Bergendal

Kopi Bergendal adalah varietas kopi Arabika yang ditanam dari perkebunan Bener Meriah, Aceh. Varietas bergendal tumbuh di ketinggian 1.200 sampai 1.500 mdpl dan sangat rentan terhadap penyakit karat daun, namun varietas ini punya kualitas biji kopi yang sangat baik. Bahkan rasa dan aromanya juga sangat disukai oleh para penikmat kopi. Kata bergendal sendiri berasal dari Bahasa Belanda yakni Berg (gunung) dan Dal (lembah). Sehingga oleh masyarakat Gayo biasa menyebutnya "Bergendal". Taste yang dihasilkan oleh kopi Bergendal adalah fruity, herbal, spicy, low acidity, full body, dan long aroma after taste.


2. Rambung

Kopi Rambung adalah varietas kopi Arabika yang memiliki biji paling besar di antara jenis kopi Arabika lainnya yang ditanam di tanah Gayo. Buahnya pun besar dan panjang. Selain itu, kopi Rambung juga menjadi varietas tertua di dataran tinggi Gayo yang sudah mulai sulit dijumpai. Hal ini dikarenakan pertumbuhan kopi Rambung yang begitu pesat, sehingga memerlukan lahan yang cukup besar untuk membudidayakan tanaman ini.


3. Sidikalang

Varietas Sidikalang mempunyai kualitas biji kopi yang sangat bagus. Bahkan menurut info yang didapat, kopi Sidikalang juga amat disukai oleh konsumen di luar negeri sehingga tak heran kalau permintaan ekspornya begitu tinggi akan varietas kopi arabika ini. Kopi sidikalang tumbuh di ketinggian 1.500 mdpl. Sama seperti varietas Bergendal, kopi Sidikalang juga rentan terhadap penyakit karat daun walaupun ditanam di dataran tinggi yang sejuk dan dingin. Meski begitu, varietas Sidikalang punya masa hidup tanaman yang sangat Panjang jika dirawat dengan proses budidaya yang benar.


4. Lini Ethiopia

Lini Ethiopia merupakan varietas kopi Arabika yang pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1928. Daerah yang pertama kali mengembangkan budidaya tanaman ini adalah Aceh. Varietas Lini Ethiopia kemudian mulai dibudidayakan di kawasan lainnya di Sumatera dan Flores. Kopi Arabika Linie Ethiopia pada dasarnya punya cita rasa yang berbeda-beda dan beragam tergantung dimana ia ditanam. Namun kopi Lini Ethiopia punya karakter rasa yang begitu menawan jika diolah secara basah. Biasanya tanaman ini tumbuh di ketinggian 1.400 mdpl.


5. Tim Tim Arabusta

Varietas Tim Tim Arabusta biasa dikenal juga dengan nama varietan Hybrido De Timor. Varietas ini merupakan persilangan antara kopi Arabika dan kopi Robusta yang ditanam pertama kali di Timor Timur pada tahun 1978. Itulah mengapa varietas ini diberi nama "Tim Tim Robusta". Barulah pada tahun 1980-an varietas ini kemudian dibawa ke dataran tinggi Aceh dan dibudidayakan disana. Varietas kopi Arabika ini mempunyai mutu yang sangat baik, namun kurang diminati oleh konsumen luar negeri. Meski begitu, penikmat kopi tanah air masih tinggi peminatnya akan permintaan kopi Tim Tim Arabusta ini. 


Itu dia jenis-jenis Kopi Gayo yang paling populer dan wajib diketahui. Setelah membaca artikel ini, teman kuliner sudah tau mana kopi yang sesuai dengan selera kamu? Untuk lebih memastikannya lagi, ada baiknya teman kuliner jalan-jalan ke coffee shop rekomendasi dari PergiKuliner yang sudah dirangkum di bawah ini!

Kopi Nalar

Foto Kopi Nalar
Foto Kopi Nalar
Foto Kopi Nalar

Respati

Foto Respati
Foto Respati
Foto Respati

Emji Coffee Bar

Foto Emji Coffee Bar
Foto Emji Coffee Bar
Foto Emji Coffee Bar

Bukanagara Coffee

Foto Bukanagara Coffee
Foto Bukanagara Coffee
Foto Bukanagara Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?