Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenalan Yuk dengan 5 Jenis Telur Ceplok dan Cirinya

List Artikel
20 Desember 2022 | 2 Komentar

Telur merupakan salah satu bahan kuliner yang menjadi sumber protein hewani. Telur bisa dimasak dengan cara digoreng, dikukus, hingga direbus. Meski sama-sama menggunakan bahan dasar telur, tapi kalau cara memasaknya berbeda, maka teksturnya pun menjadi berbeda. Dari ketiga cara mengolah telur, cara menggoreng menjadi yang paling sering digunakan karena telur akan lebih mudah matang. Telur goreng bisa dibuat dengan dua cara, yakni dengan menggoreng ceplok secara langsung atau diaduk terlebih untuk dijadikan sebagai omelet. Dari keduanya, kali ini kita akan membahas telur ceplok. Selama ini kita hanya mengenal satu jenis telur ceplok saja, tapi nyatanya ada banyak jenis telur ceplok. Yuk, coba lihat ada jenis telur ceplok apa saja dan kenali ciri-cirinya!

 

1. Sunny Side Up



Sumber: Seriouseats.com


Jenis telur ceplok yang pertama adalah sunny side up yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama telur mata sapi. Jenis telur ceplok goreng ini adalah yang paling umum disantap di negara-negara barat sebagai salah satu menu sarapan pagi. Ciri khas dari sunny side up adalah bagian kuning dan putih yang masih setengah matang sehingga teksturnya menjadi sangat lembut. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu menceplokkan telur di atas wajan yang sudah diolesi mentega lalu menunggunya hingga 2-3 menit baru kemudian diangkat. Ciri khas lainnya dari sunny side up ini adalah telur tidak perlu dibalik saat dimasak.

 

2. Over Easy Egg



Sumber: Budgetbytes.com


Jenis telur ceplok yang kedua adalah over easy egg yang memiliki waktu memasak lebih lama jika dibandingkan sunny side up. Ciri khas dari jenis telur ceplok ini adalah bagian kuning telurnya yang masih setengah matang, tapi bagian putihnya terlihat cukup matang. Perpaduan tekstur antara bagan putih dan kuning telur akan terasa sangat unik saat disantap. Jenis telur ceplok ini banyak digunakan sebagai menu sarapan bersama dengan roti tawar yang dipanggang.  

 

3. Over Medium Egg



Sumber: Theheirloompantry.com


Selanjutnya ada over medium egg yang terlihat agak mirip dengan jenis sebelumnya. Tapi ketika kamu membelahnya, maka akan terlihat bagian kuning yang berbeda dari over easy egg. Ciri khas dari over medium egg adalah bagian kuning telurnya yang sudah agak matang sehingga teksturnya menjadi agak padat. Meski demikian, bagian kuning telur masih terlihat ada sensasi lengket dan kentalnya. Ciri lainnya dari jenis telur ceplok ini adalah bagian atasnya yang dibalik sehingga menghasilkan lapisan yang terlihat agak matang.

 

4. Over Hard Egg



Sumber: Sonshinekitchen.com


Untuk jenis telup ceplok yang satu ini banyak dijumpai pada aneka kuliner Indonesia karena over hard egg memiliki tekstur yang padat, baik itu pada bagian putih hingga kuning telurnya. Hal ini membuat jenis telur ceplok ini cocok untuk diolah lagi menjadi aneka kuliner seperti dimasak dengan bumbu balado hingga dimasak dengan bumbu kecap.

 

5. Crispy Egg



Sumber: Keyingredient.com


Jenis telur ceplok yang terakhir adalah crispy egg yang dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau tekstur dari telur ceplok ini cukup garing. Crispy egg memiliki ciri khas bagian pinggiran putihnya yang sangat garing sehingga saat disantap akan terasa crispy. Crispy egg dimasak dalam waktu yang lebih lama dibanding jenis telur ceplok lainnya. Biasanya crispy egg disajikan bersama dengan kuliner nasi goreng hingga mie goreng.

 

Itulah beberapa varian telur ceplok dan cirinya yang bisa kamu kenali dengan mudah. Semoga informasi di atas bisa berguna untuk kamu yang suka menyantap telur. Jika ingin menyantap aneka olahan telur, di bawah ini ada beberapa rekomendasinya untukmu!

Eggtime

Foto Eggtime
Foto Eggtime
Foto Eggtime

Mister Sunday

Foto Mister Sunday
Foto Mister Sunday
Foto Mister Sunday

Toby's Estate

Foto Toby's Estate
Foto Toby's Estate
Foto Toby's Estate

Wakacao

Foto Wakacao
Foto Wakacao
Foto Wakacao

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Ribet
bimaardiantopramana@gmail.com | 11 Sep 2024 pk. 02:31 PM
Foto user umum
Ribet
bimaardiantopramana@gmail.com | 11 Sep 2024 pk. 02:31 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?