Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kisah Cinta Mengharukan di Balik Asal Usul Saus Alfredo

List Artikel
8 September 2017 | 0 Komentar

Bagi penggemar pasta, pastinya sudah tak asing lagi dengan saus alfredo. Pasta yang merupakan kuliner khas Italia ini memiliki beragam bentuk dan saus yang membuat citarasanya berbeda-beda. Selain saus bolognaise yang berwarna merah, ada saus alfredo dengan warna putih pucat yang banyak digemari. Saus alfredo yang biasanya digunakan untuk pasta fettucini ini terbuat dari campuran krim kental, butter, dan keju yang dibumbui dengan lada putih dan bawang putih. Di balik cita rasanya yang sangat creamy dan gurih. Ternyata ada fakta menarik yang harus kamu tahu!

 

Sumber: pergikuliner.com


Pada tahun 1908, seorang lelaki bernama Alfredo Di Lelio meneruskan restoran Italia milik Ibunya Angelina. Restoran yang bernama Piazza ini sudah buka sejak tahun 1892 dan terpaksa ditutup pada tahun 1910. Alfredo kemudian membuka restoran miliknya sendiri di tahun 1914. Restoran ini menyajikan menu aneka tradisional khas Italia, yakni pizza dan pasta. Pada saat itu, Alfredo ingin memberikan makanan terbaik untuk istrinya yang sedang mengandung anak pertama mereka. Sayangnya, istrinya tersebut tidak memiliki nafsu makan sama sekali sehingga mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis.


Sumber: pergikuliner.com 


Alfredo kemudian ingin memberinya makanan yang simple tapi enak, bergizi, dan bernutrisi dalam satu piring. Ia pun membuat pasta fettucini yang dipadukan dengan keju dan mentega. Untungnya istri Alfredo mau menyantap makanan tersebut. Berhubung istrinya sangat menyukai makanan yang dibuat, maka Alfredo menjadikan makanan tersebut sebagai menu restorannya. Pada tahun 1927, Mary Pickford dan Dounglas Fairbanks yang merupakan pasangan aktor Hollywood datang ke restoran Alfredo saat bulan madu mereka di Italia. Pasangan aktor tersebut sangat suka dengan pasta unik yang dibuat Alfredo sehingga menamakan makanan tersebut dengan nama fettucini saus alfredo.     


Sumber: pergikuliner.com 


Di tahun 1943, saat terjadi perang di Italia, restoran milik Alfredo terpaksa dijual kepada dua pelayannya. Tapi pada tahun 1950, Alfredo kembali membuka restoran lain bersama dengan anaknya yang bernama Armando. Hingga kini restoran yang dinamakan Alfredo ini masih tetap berdiri di Roma, Italia dan dijalankan secara turun temurun oleh keturunan Alfredo. Meski sudah banyak saus alfredo yang mengalami inovasi alias ditambahkan bahan-bahan lainnya, namun restoran alfredo tetap mempertahankan resep dari kakek moyang mereka. Nah, nggak kebayang bukan kalau ternyata saus alfredo yang selama ini kamu santap awalnya dibuat dengan penuh cinta. 


Wah! Ternyata ada kisah mengharukan ya di balik saus alfredo yang biasa kamu makan. Buat penggemar pasta, pasti jadi kepingin makan pasta kan? Langsung aja yuk sambangi restoran pasta di bawah ini!

Mamma Rosy

Foto Mamma Rosy

Pique Nique

Foto Pique Nique

Beatrice Quarters

Foto Beatrice Quarters

Gins. Co Cafe

Foto Gins. Co Cafe

Westport Coffee House

Foto Westport Coffee House

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?