Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kisah di Balik Penamaan Pizza Margherita yang Asalnya dari Nama Ratu

List Artikel
1 November 2019 | 0 Komentar

Pizza selalu mendapatkan tempat tersendiri di lidah para penggemarnya. Pizza yang merupakan kuliner khas dari Italia ini memang memiliki banyak sekali penggemar. Salah satu alasan orang sangat ketagihan makan pizza adalah sudah pasti karena cita rasanya. Sedangkan alasan lainnya adalah karena bisa disantap beramai-ramai hingga banyaknya varian pizza yang bisa kamu coba. Berbicara tentang varian pizza, pastinya kamu pernah mendengar nama pizza margherita yang pasti muncul dalam menu wajib di restoran pizza. Pizza margherita merupakan pizza yang hanya menggunakan lima bahan topping utama, yakni keju mozarella, basil segar, garam dan minyak zaitun. Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya sebenarnya dari mana asal nama pizza margherita ini?



 Sumber : Loveandlemons.com


Ada banyak sumber yang mengatakan kalau pizza margherita ini diambil dari nama seorang ratu. Jadi pada tahun 1800-an, ada seorang ratu bernama Margherita yang berasal dari Savoy, salah satu daerah yang berada di bagian Eropa Barat. Ratu dari kerajaan Italia tersebut pada suatu waktu merasa sangat bosan dengan aneka makanan yang disajikan para koki istana. Pada saat itu pizza sudah menjadi kuliner yang paling banyak ditemukan di Italia karena memang pada dasarnya pizza muncul pada tahun 1600-an. Ratu Margherita yang pada saat itu ingin menyantap sesuatu yang berbeda pun memanggil Raffaele Esposito yang merupakan seorang pembuat pizza dari restoran Pizzeria Brandi. Raffaele membuatkan Ratu Margherita tiga loyang pizza yang masing-masing berbeda toppingnya. Ada pizza marinara yang hanya memiliki topping tomat dan oregano saja, pizza napoli yang isinya keju, tomat dan ikan, lalu ada pizza yang memiliki tiga varian warna.



 Sumber : Cuisinart.com


Ketika disajikan, ternyata sang ratu tidak terlalu suka dengan pizza napoli dan pizza marinara. Ia justru lebih menyukai pizza tiga warna yang pada saat itu belum ada namanya. Pizza tiga warna tersebut dibuat dengan topping keju mozarella, tomat, dan basil. Entah karena warnanya yang mewakili bendera Italia atau memang karena cita rasanya yang sangat lezat, Ratu Margherita pun sangat menyukai pizza tersebut. Berhubung pada saat itu varian pizza tersebut baru tercipta, maka dinamakanlah pizza tiga warna itu dengan nama pizza margherita sebagai lambang pizza kesukaan sang ratu. Meski demikian sejarah mengenai penamaan pizza margherita yang asalnya dari nama ratu ini masih diragukan karena ada beberapa keanehan di dalamnya. Seperti hak cipta atau hak paten dari nama pizza margherita yang konon katanya dipalsukan karena pada surat yang diberikan oleh kerajaan, kertas dan stempelnya diragukan. Ditambah lagi tulisan tangan hak paten sangat berbeda sekali dengan tulisan bendahara kerajaan, Camillo Galli yang pada saat itu menjabat. Jadi hingga sekarang, hak patennya pun masih dipertanyakan.

 

Terlepas kontroversi hak paten dari nama pizza margherita tersebut, tetap saja tidak akan mengubah kenyataan kalau cita rasa pizza margherita memang sangat lezat. Nah, buat kamu yang jadi ingin menyantap pizza, mampir saja ke salah satu restoran yang ada di bawah ini ya!

Pizza E Birra

Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra

Osteria Gia

Foto Osteria Gia

Pizza Marzano

Foto Pizza Marzano
Foto Pizza Marzano
Foto Pizza Marzano

Papa Ron's Pizza

Foto Papa Ron's Pizza
Foto Papa Ron's Pizza
Foto Papa Ron's Pizza

Pizza Maru

Foto Pizza Maru
Foto Pizza Maru
Foto Pizza Maru

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?