Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Lezatnya Makanan Tradisional Khas Indonesia yang Berbalut Daun Pisang

List Artikel
19 Juni 2015 | 0 Komentar

Daun pisang selalu identik dengan kuliner tradisional khas Indonesia, mulai dari nasi, lauk pauk, hingga jajanan pasar. Sejak dulu, daun pisang sudah lumrah digunakan oleh masyarakat Indonesia dan menjadi suatu tradisi tersendiri. Ada yang menggunakan daun pisang hanya sebagai alas makan, ada juga yang menggunakannya untuk membungkus makanan yang akan dibakar atau dikukus.

 

Penggunaan daun pisang sebagai bungkus makanan memang lebih sehat dibandingkan dengan menggunakan plastik atau sejenisnya. Daun pisang mengandung polifenol yang merupakan antioksidan dimana memiliki khasiat untuk melawan radikal bebas serta dapat mencegah berbagai jenis penyakit. Dengan dibungkus menggunakan daun pisang, makanan akan menyerap polifenol yang ada pada daun pisang. Selain itu, daun pisang juga mengandung anti bakteri yang bisa mengurangi resiko akan terkena penyakit.



Sumber: www.nasibakarjakarta.com


Makanan yang dibungkus dengan daun pisang juga akan terasa lebih lezat dan nikmat. Saat makanan diletakkan pada daun pisang, makanan tersebut akan mengeluarkan aroma khas sehingga membuat selera makan kita bertambah. Hal tersebut dikarenakan daun pisang memiliki lapisan seperti lilin dan ketika makanan panas diletakkan di atasnya, lapisan tersebut akan meleleh dan mengeluarkan aroma yang wangi.

 

Jadi, jangan memandang rendah dulu makanan yang berbalut daun pisang! Tampilannya sih memang kurang cantik, tapi rasanya… Nggak kalah sama makanan-makanan modern jaman sekarang!


Bebek Kaleyo

Foto Bebek Kaleyo
Foto Bebek Kaleyo

Sajian Sunda Sambara

Foto Sajian Sunda Sambara
Foto Sajian Sunda Sambara

Suwe Ora Jamu

Foto Suwe Ora Jamu
Foto Suwe Ora Jamu

Nasi Bakar Roa

Foto Nasi Bakar Roa
Foto Nasi Bakar Roa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?